Minggu, 18 Oktober 2020

TANTANGAN PARA PENEMU CILIK

 


Hari Rabu tanggal 14 Oktober 2020, siswa kelas VI MIM Kamulan mempelajari Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3. Mereka mendiskusikan tokoh penemu dunia yang bernama James Naismith. Naismith adalah guru olah raga yang terkenal sebagai penemu olah raga bola basket. Penemuannya tersebut bermula dari tantangan untuk mencari cara mengatasi kebosanan yang dialami murid-muridnya dalam pelajaran olahraga saat musim dingin. Penemuan ini terinspirasi dari permainan Naismith ketika ia masih kecil di Ontario. Akhirnya penemuan ini dikenal sebagai bola basket pada tanggal 15 Desember 1891.

Setelah anak-anak mengagumi penemuan Naismith, diskusi virtual dilanjutkan dengan membahas teks eksplanasi ilmiah. Teks jenis ini merupakan hal baru bagi mereka. Teks yang mereka kuasai adalah teks narasi, deskripsi, persuasi dan argumentasi. Untuk teks eksplanasi ilmiah ini masih awam bagi mereka. Sejatinya teks eksplanasi ilmiah merupakan teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik dan sebagainya. Teks eksplanasi ilmiah ini berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada para pembaca tentang proses terjadinya sesuatu yang dirangkai menurut prinsip sebab akibat.

Teks ini terdiri dari : Pertama, Pernyataan umum atau pembukaan. Pada bagian ini membahas tentang apa yang akan dibicarakan/diinformasikan. Kedua, Deret penjelas. Deret penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi secara bertahap. Ketiga, Bagian Penutup. Bagian ini berisi pendapat singkat penulis tentang topic yang dijelaskan.

Setelah diskusi santai tentang penemu olah raga bola basket dan teks eksplanasi ilmiah. Selanjutnya siswa mendapat tantangan menjadi penemu cilik. Langkah-langkah menjadi penemu cilik adalah:

1.      Membuat gambar rancangan lampu seri sederhana

2.      Mengirim gambar rancangan pada guru untuk diperiksa

3.      Membuat rangkaian seri lampu sederhana

4.      Mengirim foto atau membuat video proses membuat rangkaian seri

5.      Menyusun laporan percobaan

Siswa membuat gambar rancangan lampu seri sederhana. Rancangan bervariasi sesuai dengan kemampuan siswa. Yang terpenting rancangan terdiri dari baterai, penghantar/kabel, lampu dan saklar. Dengan model sesuai dengan kreasi dan inovasi anak-anak. Setelah selesai gambar langsung distor pada wali kelas VI.

Setelah gambar disetujui oleh guru, siswa langsung dapat membeli peralatan pada toko listrik terdekat. Siswa mulai ramai chating dengan wali kelas terkait jumlah baterai, ukuran baterai, panjang kabel, jenis lampu, banyaknya lampu. Setelah diskusi tentang alat dan bahan usai segera anak-anak praktik membuat rangkaian seri sesuai dengan rancangan yang dibuat. Proses membuatnya bisa difoto atau divideo. Setelah selesai membuat siswa menyusun laporan hasil percobaan yang terdiri dari:

1.          Nama Percobaan

2.          Tujuan Percobaan

3.          Alat dan bahan

4.          Langkah kerja

5.          Kesimpulan

8 komentar:

  1. Semoga semakin menjadikan anak-anak yg kreatif, yang mampu menjawab tantangan zaman....semangat berkarya bu.....💪💪💪

    BalasHapus
  2. Semoga semakin menjadikan anak-anak yg kreatif, yang mampu menjawab tantangan zaman....semangat berkarya bu.....💪💪💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungan dan motivasi nya. Aamiin

      Hapus
  3. Keren Bu Muslikah. Generasi luar biasa lahir berkat tangan dingin guru yang keren seperti Ibu😍

    BalasHapus