Kamis, 22 Oktober 2020

MENELADANI KEHIDUPAN PARA SANTRI

 

Hari Kamis  tanggal 22 Oktober 2020, bertepatan  peringatan Hari Santri Nasional.  Santri selain sebagai generasi penerus bangsa yang intelek juga sangat agamis. Dalam berbagai mejelis ilmu, sering dibahas akhak mulia para santri. Perilaku ketika berpapasan dengan Para Kyai maupun dengan Ustadz Ustadzahnya. Seringkali dibandingkan dengan siswa-siswi madrasah ibtidaiyah yang mulai luntur kesantunannya. Para santri yang taat dan beradab, kerap dijadikan teladan bagi siswa siswi sekolah umum. Terlebih tentang kecakapan hidup, kemandirian, dan ketrampilan terkait kehidupan sehari-hari. Santri lebih unggul dan terlatih. Kemampuan mengakses Teknologi informasi dan komunikasi juga tidak kalah dengan mereka yang mengenyam pendidikan umum. Pernah diceritakan oleh seorang Kyai, bahwa santrinya yang hendak diajak membahas sebuah hadits. Ia sudah menguasainya, sebelum didiskusikan. Ternyata santri tersebut mempelajarinya lewat internet.

Sedangkan untuk giat hari ini, santriku kelas VI melaksanakan latihan soal terkait Kompetisi Sains Madrasah Online. Kegiatan KSMO Jatim akan dilaksanakan pada hari Sabtu, namun besok (Jum'at) akan dilaksanakan uji coba KSMO. Namun untuk uji coba boleh dilaksanakan di satuan pendidikan masing –masing. Maka siswa berlatih soal mulai dari jam 07.00 sampai 11.30. Berdasarkan hasil rapat tugasku membimbing siswa pada mata pelajaran sains. Dua siswa yang siap dibimbing adalah Adelin dan Farhan. Keduanya siswa yang nilai tertinggi pada seleksi tingkat madrasah pada minggu yang lalu.

Semoga keduanya berhasil mengikuti KSMO meskipun waktu untuk berlatih soal sangat terbatas. Kisi-kisi yang berhasil diunduh terkait dengan metode ilmiah, kesehatan umum, gizi, pencernaan makanan, dan lain-lain. Semangat belajar mereka sangat tinggi, semoga berhasil meraih prestasi. Meskipun  dalam kisi-kisi tersebut tidak dipelajari dalam materi tematik.

 

2 komentar: