Pada
pembelajaran daring Hari Rabu tanggal 30 September 2020 siswa kelas 6 mempelajari
tema 2 Persatuan dalam Perbedaan. Tepatnya subtema 3 Bersatu Kita Teguh, pembelajaran
keempat. Muatan pembelajarannya Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia. Tujuan pembelajaran setelah membaca teks siswa mampu menulis
cerita tentang contoh manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan
kehidupan masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam bentuk
buku mini. Tetap memandu siswa belajar daring meskipun ada visitasi dari Satgas Covid Durenan, Tim Kesehatan Puskesmas Baruharjo, Babinsa dan Babinkamtibmas.
Setelah
siswa membaca teks yang berjudul ”Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting untuk
Kesejahteraan Umum?’ Siswa melanjutkan melengkapi peta pikiran dengan menggunakan kalimat efektif dan kosa kata baku. Di
WAG guru memandu siswa membuat kalimat tanya. Kalimat yang dibuat siswa dari
kata tanya yang tersedia pada peta pikiran. (1) Kata
tanya apa sebaiknya digunakan untuk mengetahui informasi tentang pentingnya persatuan dan kesatuan. (2) Kata tanya di mana digunakan untuk mengetahui informasi tempat. (3) Kata Tanya kapan digunakan untuk mengetahui informasi waktu, (4) Kata tanya siapa digunakan untuk mengetahui informasi pelaku atau tokoh,
(5) Kata tanya mengapa digunakan untuk mengetahui informasi alasan terjadinya
sesuatu, (6) Kata tanya bagaimana
digunakan untuk mengetahui informasi tentang proses atau penjelasan sesuatu.
Selanjutnya tugas siswa menjawab pertanyaan pada peta pikiran tersebut dengan tepat.
Karena
dalam pertemuan sebelumnya siswa sudah membuat buku mini dengan cara: (1) Melipat
selembar kertas, (2) Lipatan kertas dibuka, (3) Lipat sisi pendek kertas ke
sisi pendek lainnya, (4) Memotong kertas, (5) Lipatan dibuka, (6) Lipat kertas
menjadi buku. (7) Ratakan buku dan klip dengan stapler. Setelah buku mini
dibuat dengan rapi, langkah berikut
siswa memberi sampul pada buku mini. Proses penyampulan dilakukan jika buku
mini dibuat dari kertas berwarna putih. Jika menyukai warna putih bisa juga
bagian sampul di beri gambar atau identitas agar terlihat menarik dan membedakan
dengan bagian isi.
Dalam
pembuatan buku ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan siswa: (a) Memastikan judul cerita sesuai dengan tema,
(b)
Menuliskan dan menggambar 4
contoh kegiatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan, (c) Menuliskan dan
menggambar 4 manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat, (d) Memastikan
bahwa seluruh gambar sesuai dengan tema. Jika sudah selesai siswa bisa mengumpulkan
pada waktu pembelajaran luring.
Keren dan sangat kreatif bu...
BalasHapusTerimaksih Mbak Inama
HapusMantab Ibu Mus..
BalasHapusTerimakasih Mbak Anis
HapusJadi teringat ketika saya mengajar anak-anak dulu bu
BalasHapusOk, Terimakasih. Sekarang sudah jadi dosen
Hapus