Jumat, 02 Oktober 2020

MEMBUAT BUKU MINI

 


Pada pembelajaran daring Hari Rabu tanggal 30 September 2020 siswa kelas 6 mempelajari tema 2 Persatuan dalam Perbedaan. Tepatnya subtema 3 Bersatu Kita Teguh, pembelajaran keempat. Muatan pembelajarannya Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia. Tujuan pembelajaran setelah membaca teks siswa mampu menulis cerita tentang contoh manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan kehidupan masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam bentuk buku mini. Tetap memandu siswa belajar daring meskipun ada visitasi dari Satgas Covid Durenan, Tim Kesehatan Puskesmas Baruharjo, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Setelah siswa membaca teks yang berjudul ”Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting untuk Kesejahteraan Umum?’ Siswa melanjutkan melengkapi peta pikiran  dengan menggunakan  kalimat efektif dan kosa kata baku. Di WAG guru memandu siswa membuat kalimat tanya. Kalimat yang dibuat siswa dari kata tanya yang tersedia pada peta pikiran.  (1) Kata tanya apa sebaiknya digunakan untuk mengetahui informasi tentang  pentingnya persatuan dan kesatuan. (2) Kata tanya di mana digunakan untuk mengetahui informasi tempat. (3) Kata Tanya kapan digunakan untuk mengetahui informasi waktu, (4) Kata tanya siapa digunakan untuk mengetahui informasi pelaku atau tokoh, (5) Kata tanya mengapa  digunakan untuk mengetahui informasi alasan terjadinya sesuatu, (6) Kata tanya bagaimana digunakan untuk mengetahui informasi tentang proses atau penjelasan sesuatu. Selanjutnya tugas siswa menjawab pertanyaan pada peta pikiran tersebut dengan tepat.

Karena dalam pertemuan sebelumnya siswa sudah membuat buku mini dengan cara: (1) Melipat selembar kertas, (2) Lipatan kertas dibuka, (3) Lipat sisi pendek kertas ke sisi pendek lainnya, (4) Memotong kertas, (5) Lipatan dibuka, (6) Lipat kertas menjadi buku. (7) Ratakan buku dan klip dengan stapler. Setelah buku mini dibuat dengan rapi,  langkah berikut siswa memberi sampul pada buku mini. Proses penyampulan dilakukan jika buku mini dibuat dari kertas berwarna putih. Jika menyukai warna putih bisa juga bagian sampul di beri gambar atau identitas agar terlihat menarik dan membedakan dengan bagian isi.

Dalam pembuatan buku ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan siswa: (a) Memastikan judul cerita sesuai dengan tema, (b) Menuliskan dan menggambar 4 contoh kegiatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan, (c) Menuliskan dan menggambar 4 manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat, (d) Memastikan bahwa seluruh gambar sesuai dengan tema. Jika sudah selesai siswa bisa mengumpulkan pada waktu pembelajaran luring.

6 komentar: