Hari ini Sabtu tanggal 1
Juli 2020 telah dilaksanakan serah terima jabatan dan Pelantikan kepala
madrasah baru. Karena Kepala madrasah yang lama telah purna tugas. Beliau Ibu
Anawiyah, S.Ag, M.Pd telah berusia 60 tahun. Sehingga hari ini diadakan
pelantikan kepala madrasah Bapak Ibnu Mubarok Almarzuki, S.Pd.I. Beliau telah
lama mengabdi di madrasah dan tergolong pemimpin milenial.
Dalam serah terima jabatan
tadi pagi Ibu Anawiyah, S.Ag, M.Pd menyerahkan estafet kepemimpinan madrasah
kepada pemimpin baru. Selain purna tugas, di jaman yang sekarang ini, madrasah
membutuhkan pemimpin milenial. Pemimpin
yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menerapkan budaya kerja
yang efisien dan efektif. Sekaligus mampu menjadi observer yang bijak bagi
kinerja para guru. Dan pendengar aktif bagi para guru yang menyampaikan ide maupun
gagasan.
Semoga mendatang Beliau menjadi pemimpin yang cerdas melihat
peluang dalam memajukan madrasah, cepat dalam beradaptasi dan lincah dalam
memfasilitasi perubahan dibidang pendidikan. Karena informasi, entri data dan
tugas dari atasan sangat cepat regulasinya sehingga membutuhkan memimpin yang
menguasai teknologi. Beliau berharap pemimpin baru mampu melanjutkan nilai,
budaya dan visi madrasah sehingga para warga madrasah dapat menerapkan visi madrasah.
Sedangkan menurut
permendiknas RI nomor 13 tahun 2007 tentang kepala madrasah, menegaskan bahwa
kepala madrasah memiliki beberapa kompetensi yang harus dikuasai:
1. Kompetensi kepribadian
2. Kompetensi manajerial
3. Kompetensi kewirausahaan
4. Kompetensi supervisi
5. Kompetensi sosial
Kompetensi kepribadian
yang harus dimiliki kepala madrasah adalah pemimpin harus mempunyai integritas kepribadian yang
kuat, memiliki hasrat untuk mengembangkan diri, sangat terbuka dalam
melaksanakan tupoksinya, mampu mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dan
pekerjaan di madrasah.
Kompetensi manajerial
kepala madrasah merupakan bentuk kecakapan untuk menyusun perencanaan madrasah
bekerja sama dengan tim pengembang madrasah. Mengembangkan madrasah dengan
optimal, mampu memberdayakan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan madrasah.
Selain itu juga mampu memotivasi guru untuk menciptakan budaya dan iklim
madrasah yang kondusif dan inovatif terutama pada Proses Belajar Mengajar. Bahkan
seorang kamad harus mampu mengembangkan kurikulum madrasah dengan tepat,
terutama dimasa pandemic ini.
Untuk kompetensi
kewirausahaan ini kepala madrasah diharapkan mampu menciptakan inovasi bagi kemajuan madrasah, siap bekerja keras
untuk mewujudkan keberhasilan madrasah. Dan yang terpenting mampu menciptakan
dan mengelola kegiatan produksi maupun jasa untuk menyangga kehidupan madrasah.
Sehingga tidak sekedar tergantung dari bantuan operasional sekolah. Kepala
madrasah yang memiliki kemampuan berwirausaha yang tinggi akan mudah
mengembangkan madrasah menjadi lebih unggul dan maju. Karena sumber pendanaan madrasah
tercukupi.
Pada kompetensi supervisi
ini, kepala madrasah harus mampu merencanakan program supervisi akademik dalam
rangka peningkatan kinerja guru. Baik supervise perangkat pembelajaran maupun
proses pembelajaran. Dan mampu melaksanakan dan
menindak lanjuti program supervisi akademik dengan baik. Dalam
pelaksanaannya terkadang kepala madrasah sangat ‘ewuh pakewuh’ melakukan supervisi. Padahal supervisi
sangat penting untuk mengetahui etos kerja para guru.
Dan kompetensi lain, yang
harus dikuasai kepala madrasah adalah
kecakapan berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan komunitas pendidikan.
Kepala madrasah harus berusaha untuk
mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun kepada siapa saja. Terutama
kepada warga madrasah maupun wali murid. Selain itu juga tidak boleh bersikap
diskriminatif kepada seluruh warga madrasah yang dipimpinnya. Terlebih kepada
lingkungan madrasah. Warga di lingkungan madrasah memiliki peran yang sangat
penting. Merekalah sering membantu madrasah ketika ada kegiatan
yang penting. Maka komunikasi efektif dan rasa empati kepala madrasah sangat
diperlukan.
Kepala madrasah muda, yang memiliki semangat
yang tinggi. Besar harapan seluruh stakeholder madrasah agar pemimpin baru ini
kelak mampu memotivasi dan mengobarkan semangat baru bagi guru maupun
anak-anak. Untuk belajar dan mengajar dengan baik, menciptakan nuansa madrasah
yang penuh kekeluargaan dan islami.
Keren...
BalasHapusSukses buat pemimpin barunya mbak
BalasHapusTerimakasih Bu In doanya.
BalasHapus