Senin, 10 Agustus 2020

PERTEMUAN RUTIN TIM PENGGERAK PKK DESA NGADIREJO

 

Setiap Tim Penggerak PKK Desa terdiri dari 4 Kelompok Kerja (Pokja). Yakni  Pokja I, Pokja II, Pokja III dan Pokja IV.  Setiap Kelompok Kerja (Pokja) terdiri ketua, bendahara, sekretaris dan anggota. Rincian Program kerja yang harus dilaksanakan tiap Pokja sebagai berikut:

POKJA I

:

Penghayatan dan Pengamalan Pancasila serta Gotong royong

POKJA II

:

Pendidikan dan Ketrampilan serta Pengembangan Kehidupan Berkoperasi

POKJA III

:

Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga

POKJA IV

:

Kesehatan, Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat.

Tanggal 10 merupakan waktu yang ditentukan oleh ketua TP-PKK Desa Ngadirejo untuk melaksanakan kegiatan rutin PKK. Yang menjadi petugas ketika rapat rutin adalah masing-masing anggota Pokja. Bulan lalu yang bertugas adalah Pokja I. Sedangkan bulan ini Pokja II. Pokja II bertugas tepat hari Senin, 10 Agustus 2020. Pelaksanaannya dimulai pukul 14.00 sampai dengan selesai. Namun yang diharapkan dari pertemuan rutin tersebut adalah adanya pembiasaan dari anggota Pokja untuk menjadi petugas dalam pertemuan rutin. Seperti pembawa acara, dirigen, pembaca doa dan menyampaikan ketrampilan. Sedangkan susunan acara pada sore hari ini adalah:

1.      Pembukaan

2.      Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars PKK

3.      Sambutan Ketua TP-PKK

4.      Menyampaikan Ketrampilan

5.      Doa

Pembawa acara dilakukan oleh Ibu Muasomah, Ibu Kasun Dusun Gambang desa Ngadirejo. Setelah acara dibuka dengan bacaan basmalah, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKK yang dipimpin oleh Ibu Ratini. Ibu Ratini adalah Bendahara I TP-PKK Desa Ngadirejo.  Kemudian dilanjutkan sambutan Ibu Ketua TP-PKK. Dalam sambutan Ibu Lurah menyampaikan bahwa di kerenakan adanya pandemi, Kecamatan belum mengadakan kegiatan rutin. Jadi tidak ada informasi penting yang dapat disampaikan dari PKK Kecamatan.

Beliaupun menyampaikan kepada anggota TP-PKK agar tetap menerapkan perilaku baru di masa Pandemi Covid-19 seperti  menggunakan masker, cuci tangan  dan melakukan social distanching. Sebagai anggota PKK juga berperan sebagai ibu. Peran ibu sangat strategis dalam melakukan sosialisasi  untuk keluarga, tetangga dan lingkungan.  Menurut Ibu kades keterlibatan kader PKK akan membuahkan hasil yang  signifikan dalam penanganan Covid-19. Bu Lurah juga memberi reward kepada petugas, berupa kata sanjungan bahwa petugas hari ini lumayan bagus. Mohon untuk ditingkatkan. Beliau meminta kesediaan  selutuh anggota TP-PKK agar berkenan membaca ummul kitab agar warga Ngadirejo terbebas dari paparan covid-19.

Acara selanjutnya adalah penyampaian ketrampilan oleh Pokja II Desa Ngadirejo berupa Resep Olahan Wingko Singkong. Dengan bahan sebagai berikut:

1.      3 kg singkong

2.      1 kg gula

3.      2 bungkus nutrijel besar (untuk mengurangi rasa singkong)

4.      500 gram tepung kanji

5.      3 kelapa besar

6.      4 telur

7.      2 bungkus simas margarin dicairkan

8.      3 vanili

9.      1 sendok teh garam

10.  air secukupnya

Cara membuatnya: semua bahan dijadikan satu kecuali simas margarin. Bahan yang dijadikan satu tadi diaduk sampai rata. Dan setelah rata masukkan simas margarin yang sudah dicairkan kemudian diaduk lagi. Setelah semua tercampur adonan dipanggang menggunakan happy call. Setelah matang dipotong-potong dan siap disajikan. Semoga bermanfaat.

4 komentar:

  1. Wah keren Bu Muslimah, tetap semangat untuk melakukan kegiatan positif meski dalam masa pandemi geh Bu. Saya bacanya jadi sambil membayangkan maem wingko loh Bu.. hehehe

    BalasHapus
  2. Terimakasih. Bu Jadilah. Eco wingko singkong, tapi rasa ketelanya pudar Monggo dicoba

    BalasHapus