Minggu, 23 Agustus 2020

PENANAMAN BUNGA DI SPORT CENTER DESA NGADIREJO


Hari Sabtu tanggal 22 Agustus 2020 seluruh anggota PKK Desa Ngadirejo dimohon berpartisipasi dalam penanaman bunga di Sport Center, Taman Wisata Desa Ngadierjo. Ibu Kepala Desa mengharapkan Pokja III berperan aktif dalam acara tersebut. Maka tepat pukul 07.00 WIB semua anggota PKK baik dari Pokja I, Pokja II, Pokja III dan Pokja IV  sudah berada di lokasi. Begitu pula seluruh perangkat desa bersama Bapak kepala Desa sudah di sport center sambil membawa peralatan yang diperlukan. Begitu pula ibu-ibu juga membawa peralatan kerja bakti dan menanam bunga seperti cangkul, wangkil, sabit dan sapu lidi. Tanaman bungapun sudah ditempatkan pada posisinya, tinggal menggali tanah dan menimbunnya.

Di lokasi Sport Center beberapa pekerja masih aktif membuat tempat jogging track, lapangan futsal, tempat terapi kaki, lapangan volley dan lapangan basket. Kelihatannya taman wisata tersebut belum 100% jadi. Sedangkan tempat untuk masyarakat berjualan sudah sempurna. Mungkin kepala desa memiliki asumsi penanaman bunga dilakukan lebih awal agar ketika pembuatan tempat tersebut sempurna, tanaman bunga sudah mulai tumbuh subur  dan indah.


Kemudian ibu-ibu menanam bunga di sekeliling lapangan futsal, lapangan voli dan lapangan basket serta tepi tempat untuk jogging track. Bunga yang di tanam sebagian dari dana desa, dana pokja III dan bantuan bunga dari Poka I dan Pokja II. Bunga yang ditanam beraneka ragam antara lain bunga pukul 8, bunga puring, ketepeng kencana, bunga asoka, geranium dan lain-lain. Kegiatan pagi itu memang tugas utama  kerja Pokja III pemanfaatan lahan melalui gerakan HATINYA PKK. HATINYA (Halaman. Asri, Teatur, Indah dan Nyaman. Diharapkan tempat tersebut nantinya menjadi tempat yang indah, asri dan nyaman untuk wisata desa. Dengan adanya tempat jualan diharapkan Pokja III mampu menggerakkan ekonomi kuliner rakyat  dengan menjajakan dagangannya di sport center. Karena di Desa Ngadirejo banyak sekali home industri makanan yang digeluti anggota PKK. Home industri tersebut antara lain: jenang andika, tempe kripik, lodho puyuh, tempe sayur, jamu tradisional dan lain-lain.

Sejatinya HATINYA PKK ini lebih mengarah pada pemanfaatan pekarangan rumah dari anggota PKK sendiri. Halaman yang dimanfaatkan dengan membudidayakan tanaman bumbu dalam pot (tambulampot), tanaman bumbu dalam pekarangan (tambulamkar), menanam tanaman buah dan sayur. Serta memanfaatkan lahan pekarangan dengan prioritas pembuatan kolam dan pemeliharaan ikan tawar. Hal itu untuk mendukung pemenuhan gizi keluarga serta untuk menambah pendapatan keluarga. Jika geliat Pokja III ini oleh Ibu Kepala Desa diluaskan sampai pada partisipasi di Sport Center, harapan ke depannya anggota Pokja ini mampu mendukung kemandirian ekonomi ibu-ibu anggota PKK Ngadirejo dengan berjualan di sport center. Pukul 09.00 penanaman bunga selesai tempat disapu dan dibersihkan agar lebih rapi.  Kemudian taman disirami secara menyeluruh.  Taman wisata desa nantinya seperti rencana di bawah ini.

  

8 komentar:

  1. Agenda seperti ini yang perlu digencarkan ya Ibu. Keren sekali. 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Injih Mbak Eka. Untuk meningkatkan pendapatan keluarga nantinya jika wisata desa sudah jadi.

      Hapus
  2. Makin mantab Bu Muslikah catatannya🤩

    BalasHapus
  3. Sae buu... warna warni bunga... saya juga budidaya hidroponik media barang bekas lho bu di halaman hehehe

    BalasHapus
  4. Wah...ilmunya bisa dibagi Mas Herdi

    BalasHapus