Rabu, 08 September 2021

Refleksi Guru Setelah Melakukan Pembelajaran

 

Setelah melakukan pembelajaran tatap muka dengan siswa kelas 6. Dengan melaksanakan pembiasaan literasi membuat cerpen tentang pengalaman pribadi siswa. Dilanjutkan dengan membaca pemahaman tentang manfaat hewan dan tumbuhan. Siswa membaca dalam hati lalu satu persatu dari mereka mengungkapkan kembali pemahamannya secara lisan. Setelah pembelajaran selesai saya mencoba untuk mengerjakan standar 2 materi akreditasi. Seorang bapak guru yang sedang mengikuti kegiatan akhir PLPG virtual mengajak diskusi tentang refleksi guru setelah pembelajaran. Mengapa refleksi penting dilakukan setelah melakukan pembelajaran?  Karena guru merupakan pendidik yang memiliki kompetensi profesional dengan tugas utama adalah mendidik, mengajar, membimbing, melatih, dan mengevaluasi peserta didiknya. Pernyataan di atas menegaskan bahwa guru harus memiliki sikap profesionalisme. Profesional sendiri adalah suatu pekerjaan yang dilakukan seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.

Kemampuan mendidik, mengajar, membimbing, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik adalah kompetensi dasar yang harus dimiliki guru. Oleh karena itu, guru dituntut harus menguasai: (1)penguasaan materi, baik yang berkenaan dengan keilmuan maupun metodologi keilmuan bidang studi yang diajarkan, (2) memiliki pemahaman tentang karakteristik peserta didik, (3) menguasai berbagai macam strategi dan pendekatan pembelajaran yang mendidik, (4) mampu mengembangkan kepribadian yang profesional sebagai guru, sebagai teman sejawat, dan warga masyarakat. Refleksi dibuat sebagai gambaran introspeksi diri guru sebagai seorang guru yang profesional yang telah memiliki sertifikat pendidik. Di samping itu, pembuatan refleksi ini dibuat untuk bisa melatih diri menjadi guru yang lebih profesional dan bijak.

Adapun tujuan utamanya adalah untuk membiasaan guru agar kemampuan menyelenggarakan program pembelajaran mulai dari mempersiapkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan memperbaiki pembelajaran di madrasah berdasarkan keilmuan bidang studi dan kependidikan keguruan yang dapat dipertanggungjawabkan. Terutama untuk melihat kekuatan dan kelemahan guru dalam mengajar, apa saja yang sudah baik dan yang belum baik. Serta faktor apa yang menyebabkan perilaku mengajar guru disebut baik dan kurang baik. Selain itu refleksi juga bertujuan agar dapat memahami, menguasai, dan mencapai kemampuan yang secara psikologis lebih baik, sebagai dasar bagi kekuatan guru dalam menghadapi kegiatan berikutnya atau tantangan yang sama.

     TEMUAN-TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN

1.  Pembelajaran Tematik Muatan Pendidikan Kewarganegaraan)

a.              Kelemahan yang dapat ditemukan selama proses pembelajaran adalah:

     Ketersedian media terbatas

b.             Kelemahan tersebut terjadi karena:

   Siswa kurang memahami beberapa ilustrasi mengenai perbedaan pengamalan disetiap sila                Pancasila

c.             Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:

     Untuk menjembatani siswa dalam mempelajari keseluruhan materi, saya membuat peta konsep.

d.             Kekuatan tersebut terjadi karena:

     Mencoba kegiatan pembelajaran agar bervariasi.

e.              Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:

      Melalui diskusi, presentasi, siswa menjadi tahu nilai-nilai pengamalan sila pancasila

f.            Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan tersebut, rencana saya berikutnya              adalah:

   Saya akan terus mencoba beberapa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode dan            media yang variatif.

2. Pembelajaran  tematik muatan IPA

a.            Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:

    Praktikum tidak bisa dilakukan untuk mengamati bagian bunga dan melakukan pratik menanam perkembangbiakan generatif dan vegetatif

b.           Kelemahan tersebut terjadi karena:

    Kondisi pandemi covid-19  dan pelaksanaan PPKM

c.            Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:

 Saya dapat memberi contoh melalui foto gambar bunga sempurna dan cara tumbuhan          berkembangbiak secara vegetatif dan generatif

d.           Kekuatan tersebut terjadi karena:

   Pengalaman tahun sebelum praktik mengamati bunga sempurna dan menanam tanaman secara vegetatif dan generatif.

e.           Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:

Saya menjadi tahu menerapkan konsep IPA dalam praktikum di MI pada masa pendemi sangat berbeda.

f.       Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan tersebut, rencana saya berikutnya             adalah:

   Saya bersama siswa akan melakukan pembelajaran luring untuk pemantapan materi

3.  Pembelajaran tematik (muatan IPS)

a.       Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:

Penggunaan media pembelajaran Peta Asia Tenggara dirasa tidak memenuhi ketercapaian kompetensi.

b.      Kelemahan tersebut terjadi karena:

Ketersediaan media pembelajaran di Madrasah untuk peta negara negara ASEAN

c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:

Pengelolaan kelas dan pemilihan metode pembelajaran yang tepat.

d.      Kekuatan tersebut terjadi karena:

Saya menerapkan metode didkusi dan presentasi selama proses pembelajaran.

e.       Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:

Ada siswa menguasai kondisi ekonomi, politik dan sosial budaya negara ASEAN

f.       Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan 3, rencana saya berikutnya adalah:

Semua kekuatan yang saya sadari harus saya pertahankan bahkan akan terus berkembang demi pembelajaran yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan.

 

4.      Pembelajaran 4(muatan SBDP)

a.       Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:

Penggunaan bahan dan media belum sepenuhnya dikuasai siswa

b.      Kelemahan tersebut terjadi karena:

Belum bisa mendampingi siswa membuat patung dari bahan lunak

c.       Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:

Siswa mampu membuat patung dari benda lunak

d.      Kekuatan tersebut terjadi karena:

Siswa mampu membuat patung dari plastisin

e.       Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:

Ada siswa yang chating ingin praktik membuat plastisin sendiri dari tepung terigu

f.       Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan 4, rencana saya berikutnya adalah:

Saya akan berusaha melatih siswa untuk praktik membuat patung dari bahan lunak lainnya

5. Pembelajaran 5(muatan Bahasa Indonesia)

a.       Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:

Penggunaan media yang sederhana(bagan 5W 1H)

b.      Kelemahan tersebut terjadi karena:

c.       Saya ingin menggunakan metode diskusi dan presentasi bermain peran pada media pembelajaran berupa media gambar bagan 5W 1H, akan tetapi Madrasah kami kurang sarana prasarana pembelajaran tersebut.

d.      Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:

Penyesuaian terhadap media pembelajaran yang saya butuhkan

e.       Kekuatan tersebut terjadi karena:

Siswa mampu menyusun paragraph yang padu

f.       Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah:

Ada siswa yang belum berani maju presentasi, tangan gemetaran dan keringat bercucuran

g.      Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan tersebut, rencana saya berikutnya adalah:

Saya akan berusaha melatih siswa untuk mampu berdiskusi dan berbicara, dan mencoba seefektif mungkin dalam memanfaatkan media pembelajaran yang saya butuhkan.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar