Setelah melakukan pembelajaran tatap muka dengan siswa kelas 6. Dengan melaksanakan pembiasaan literasi membuat cerpen tentang pengalaman pribadi siswa. Dilanjutkan dengan membaca pemahaman tentang manfaat hewan dan tumbuhan. Siswa membaca dalam hati lalu satu persatu dari mereka mengungkapkan kembali pemahamannya secara lisan. Setelah pembelajaran selesai saya mencoba untuk mengerjakan standar 2 materi akreditasi. Seorang bapak guru yang sedang mengikuti kegiatan akhir PLPG virtual mengajak diskusi tentang refleksi guru setelah pembelajaran. Mengapa refleksi penting dilakukan setelah melakukan pembelajaran? Karena guru merupakan pendidik yang memiliki kompetensi profesional
dengan tugas utama adalah mendidik, mengajar, membimbing, melatih, dan
mengevaluasi peserta didiknya. Pernyataan di atas menegaskan
bahwa guru harus memiliki sikap profesionalisme.
Profesional sendiri adalah suatu pekerjaan yang dilakukan
seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian,
kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta
memerlukan pendidikan profesi.
Kemampuan mendidik, mengajar, membimbing, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik adalah kompetensi dasar yang harus dimiliki guru. Oleh karena itu, guru dituntut harus menguasai: (1)penguasaan materi, baik yang berkenaan dengan keilmuan maupun metodologi keilmuan bidang studi yang diajarkan, (2) memiliki pemahaman tentang karakteristik peserta didik, (3) menguasai berbagai macam strategi dan pendekatan pembelajaran yang mendidik, (4) mampu mengembangkan kepribadian yang profesional sebagai guru, sebagai teman sejawat, dan warga masyarakat. Refleksi dibuat sebagai gambaran introspeksi diri guru sebagai seorang guru yang profesional yang telah memiliki sertifikat pendidik. Di samping itu, pembuatan refleksi ini dibuat untuk bisa melatih diri menjadi guru yang lebih profesional dan bijak.
Adapun tujuan utamanya adalah untuk membiasaan guru agar kemampuan menyelenggarakan program pembelajaran mulai dari mempersiapkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan memperbaiki pembelajaran di madrasah berdasarkan keilmuan bidang studi dan kependidikan keguruan yang dapat dipertanggungjawabkan. Terutama untuk melihat kekuatan dan kelemahan guru dalam mengajar, apa saja yang sudah baik dan yang belum baik. Serta faktor apa yang menyebabkan perilaku mengajar guru disebut baik dan kurang baik. Selain itu refleksi juga bertujuan agar dapat memahami, menguasai, dan mencapai kemampuan yang secara psikologis lebih baik, sebagai dasar bagi kekuatan guru dalam menghadapi kegiatan berikutnya atau tantangan yang sama.
TEMUAN-TEMUAN DALAM
PEMBELAJARAN
1. Pembelajaran Tematik Muatan Pendidikan Kewarganegaraan)
a. Kelemahan yang dapat ditemukan selama
proses pembelajaran adalah:
Ketersedian
media terbatas
b. Kelemahan tersebut terjadi karena:
Siswa kurang memahami beberapa ilustrasi mengenai perbedaan pengamalan disetiap sila Pancasila
c. Kelebihan yang saya temukan selama proses
pembelajaran adalah:
Untuk
menjembatani siswa dalam mempelajari keseluruhan materi, saya membuat peta
konsep.
d. Kekuatan tersebut terjadi karena:
Mencoba
kegiatan pembelajaran agar bervariasi.
e. Hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran adalah:
Melalui
diskusi, presentasi, siswa menjadi tahu nilai-nilai pengamalan sila pancasila
f. Dengan memperhatikan proses
pembelajaran pada pertemuan tersebut, rencana saya berikutnya adalah:
Saya akan terus mencoba beberapa
kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode dan media yang variatif.
2. Pembelajaran tematik muatan IPA
a. Kelemahan yang saya temukan selama
proses pembelajaran adalah:
Praktikum
tidak bisa dilakukan untuk mengamati bagian bunga dan melakukan pratik menanam perkembangbiakan generatif dan vegetatif
b. Kelemahan tersebut terjadi karena:
Kondisi pandemi covid-19 dan pelaksanaan PPKM
c. Kelebihan yang saya temukan selama
proses pembelajaran adalah:
Saya
dapat memberi contoh melalui foto gambar bunga sempurna dan cara tumbuhan berkembangbiak secara vegetatif dan generatif
d. Kekuatan tersebut terjadi karena:
Pengalaman
tahun sebelum praktik mengamati bunga sempurna dan menanam tanaman secara
vegetatif dan generatif.
e. Hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran adalah:
Saya
menjadi tahu menerapkan konsep IPA dalam praktikum di MI pada masa
pendemi sangat berbeda.
f.
Dengan memperhatikan proses
pembelajaran pada pertemuan tersebut, rencana saya berikutnya adalah:
Saya bersama siswa akan melakukan
pembelajaran luring untuk pemantapan materi
3. Pembelajaran tematik (muatan
IPS)
a.
Kelemahan yang saya temukan selama
proses pembelajaran adalah:
Penggunaan
media pembelajaran Peta Asia Tenggara dirasa tidak memenuhi ketercapaian
kompetensi.
b.
Kelemahan tersebut terjadi karena:
Ketersediaan
media pembelajaran di Madrasah untuk peta negara negara ASEAN
c.
Kelebihan yang saya temukan selama
proses pembelajaran adalah:
Pengelolaan
kelas dan pemilihan metode pembelajaran yang tepat.
d.
Kekuatan tersebut terjadi karena:
Saya
menerapkan metode didkusi dan presentasi selama proses pembelajaran.
e.
Hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran adalah:
Ada
siswa menguasai kondisi ekonomi, politik dan sosial budaya negara ASEAN
f.
Dengan memperhatikan proses
pembelajaran pada pertemuan 3, rencana saya berikutnya adalah:
Semua kekuatan yang saya sadari
harus saya pertahankan bahkan akan terus berkembang demi pembelajaran yang
tepat dan dapat dipertanggungjawabkan.
4. Pembelajaran 4(muatan
SBDP)
a.
Kelemahan yang saya temukan selama
proses pembelajaran adalah:
Penggunaan
bahan dan media belum sepenuhnya dikuasai siswa
b.
Kelemahan tersebut terjadi karena:
Belum
bisa mendampingi siswa membuat patung dari bahan lunak
c.
Kelebihan yang saya temukan selama
proses pembelajaran adalah:
Siswa
mampu membuat patung dari benda lunak
d.
Kekuatan tersebut terjadi karena:
Siswa
mampu membuat patung dari plastisin
e.
Hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran adalah:
Ada
siswa yang chating ingin praktik membuat plastisin sendiri dari tepung terigu
f.
Dengan memperhatikan proses
pembelajaran pada pertemuan 4, rencana saya berikutnya adalah:
Saya akan berusaha melatih siswa
untuk praktik membuat patung dari bahan lunak lainnya
5. Pembelajaran 5(muatan Bahasa
Indonesia)
a.
Kelemahan yang saya temukan selama proses
pembelajaran adalah:
Penggunaan
media yang sederhana(bagan 5W 1H)
b.
Kelemahan tersebut terjadi karena:
c.
Saya ingin
menggunakan metode diskusi dan presentasi bermain peran pada media pembelajaran
berupa media gambar bagan 5W 1H, akan tetapi Madrasah kami kurang sarana prasarana
pembelajaran tersebut.
d.
Kelebihan yang saya temukan selama
proses pembelajaran adalah:
Penyesuaian
terhadap media pembelajaran yang saya butuhkan
e.
Kekuatan tersebut terjadi karena:
Siswa
mampu menyusun paragraph yang padu
f.
Hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran adalah:
Ada
siswa yang belum berani maju presentasi, tangan gemetaran dan keringat
bercucuran
g.
Dengan memperhatikan proses
pembelajaran pada pertemuan tersebut, rencana saya berikutnya adalah:
Saya akan berusaha melatih siswa
untuk mampu berdiskusi dan berbicara, dan mencoba seefektif mungkin dalam
memanfaatkan media pembelajaran yang saya butuhkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar