Selasa, 07 September 2021

Program Literasi Madrasah

 

Sebenarnya telah merintis program literasi sejak tahun 2019. Di awali dengan kegiatan sederhana membuat puisi, komik, dan poster yang dipajang pada mading dan dinding kelas. Pada tahun 2020 mencoba menyiapkan dokumen program madrasah yang terkait dengan pelaksanaan literasi membaca dan menulis. Program literasi tersebut  meliputi: (1) kegiatan pembiasaan, (2) kegiatan pengembangan, (3) kegiatan pembelajaran. Program ini dimulai tahun ajaran baru bulan Juni hingga akhir bulan Juli tahun berikutnya. Meskipun belum maksimal, minimal melatih anak untuk memiliki kemampuan dasar  literasi membaca dengan teknik. Membaca teknik yang maksud adalah membaca efektif, membaca nyaring dan membaca pemahaman. Juga mampu menulis menggunakan ejaan yang benar dan menggunakan kosa kata baku.

Secara sederhana kegiatan literasi melalui pembiasaan ini meliputi kegiatan 15 menit membaca setiap hari dan menata lingkungan yang kaya dengan teks. Kegiatan membaca 15 menit setiap hari dikembangkan dengan kegiatan membaca ayat Alquran atau hadits selama 5 menit, kegiatan one day one ayat, one day one hadits, morning circle ( lingkar pagi), morning smart (jurnal pagi), bacaan berkarakter, membaca buku non pelajaran. Kegiatan literasi melalui pembiasaan lainnya dengan  cara menata lingkungan yang kaya dengan teks. Cara yang dilakukan adalah mengubah kelas menjadi lingkungan yang kaya teks dengan menempelkan karya anak pada mading dan dinding kelas. Pengadaan buku-buku non pelajaran yang dipajang pada perpustkaan kelas. Kegiatan lainnya berupa menyiapkan perpustakaan yang nyaman, sudut baca, café baca, gubuk literasi, maupun papan kosa kata. Meskipun belum semua maksimal semoga tahun depan terlaksana secara efektif.

Sedangkan kegiatan literasi melalui pengembangan meliputi menulis komentar singkat, merangkum teks yang telah dibaca, mengungkapkan kembali teks yang sudah dibaca baik lisan maupun tulis. Membuat diagram frayer, memberikan perhargaan kepada siswa yang berprestasi. Sedangkan kegiatan dalam proses pembelajaran adalah upaya guru dalam mengintegrasikan literasi dalam perencanaan pembelajaran (RPP), proses pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Melakukan pendampingan kepada siswa untuk membuat cerpen, puisi, komik, maupun cergam. Semoga kegiatan literasi ini kembali bergulir, seiring pelaksanaan pembelajaran dengan tatap muka pasca PPKM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar