Minggu, 05 Juli 2020

RPP Satu Lembar Klas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup



   

Setelah kemarin kita bahas RPP pembelajaran 1 dengan muatan Bahasa Indonesia dan IPA. Sekarang kita lanjutkan RPP pembelajaran 2. RPP pembelajaran 2 dengan muatan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS. Dengan Kompetensi dasar sebagai berikut:

KD muatan mapel Bahasa Indonesia

Kompetensi
3.1
Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1
Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.

KD muatan mapel  IPS

NO
Kompetensi
3.1
Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi,
politik di wilayah ASEAN.

4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya,
ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.

Maka untuk selanjutnya kita buat RPP dengan urutan langkah sebagai berikut:
  1. Tujuan
  2. Kegiatan Pembelajaran
  3. Penilaian Pembelajaran
 RPP KELAS VI :

I. PENDAHULUAN:

  •  Mengucapkan salam 
  •  Mempersilahkan siswa masuk/aktif di group WhatsApp 
  •  Memimpin doa menggunakan video yang diunggah di WAG
  •  Memantau siswa melakukan presensi di WAG.
  •  Meminta siswa bercerita pengalaman Belajar dari Rumah 
  •  Menyampaikan tujuan pembelajaran:
           
1.     Mengidentifikasi, dan menyajikan hasil identifikasi tentang karakteristik geografis dan
kehidupan sosial budaya negara-negara anggota ASEAN.
2.      Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca, dan menyajikan hasil penggalian informasi secara lisan dan tulis  menggunakan  kosa kata baku ,  kalimat efektif dan ejaan yang benar.
3. Menyimpulkan pengertian teks eksplanasi ilmiah.

II. KEGIATAN INTI
  • Mengamati  PETA  ASIA dan menuliskan nama-nama anggota ASEAN
  • Mencari informasi di youtube  tentang karakteristik geografis negara-negara ASEAN
  • Mencari informasi di youtube  tentang kehidupan sosial, dan budaya negara- negara ASEAN.
  • Menuliskan laporan karakteristik geografis negara-negara anggota ASEAN  dan kehidupan sosial, dan budaya negara- negara ASEAN hasil dari menyimak Youtube.
  • Mempresentasikan laporan hasil yang telah susun dengan baik.

  • Mengirim hasil kerja ke WA pribadi guru 
  • Penilaian:

a)       Kemampuan menulis laporan karakteristik geografis dan kehidupan sosial dan budaya negara-negara anggota  ASEAN.
b)        Kemampuan menjelaskan tentang kehidupan sosial dan budaya di negara ASEAN  menggunakan  video singkat
c)      Kemampuan menjelaskan tentang teks eksplanasi secara tertulis


III. PENUTUP  

  • Menyampaikan terima kasih kepada siswa dan orang tua siswa yang telah belajar bersama menambah pengalaman di masa pandemi COVID-19 
  • Mengajak siswa dan/orang tua merefleksi hasil belajar 
  • Memberi umpan balik 
  • Menyampaikan kegiatan tindak lanjut
  • Membaca doa akhir majelis 
  • Menutup pertemuan dengan memberi salam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar