Malam Minggu biasanya saya
gunakan untuk refreshing dengan jalan-jalan ke keliling Tulungagung. Menikmati
malam Minggu bersama keluarga ke Tulungagung yang telah new normal. Tetapi karena ada materi
dari Om Wijaya Kusuma, akhirnya memilih duduk santai menyimak materi tentang: (1) Pola Belajar Efektif dari Rumah, (2) Menulislah Setiap Hari Buktikan Apa yang Terjadi. Untuk malam ini saya
resum Pola Belajar Efektif dari Rumah. Sejak wabah Corona melanda dunia,
termasuk Indonesia yang telah lebih empat
bulan lamanya, salah satu dampak dari pandemi Covid-19 ini adalah
kegiatan pembelajaran antara siswa dan guru terpisah oleh ruang dan waktu
dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran terpaksa dilaksanakan dari rumah masing-masing.
Siswa dan guru sama-sama belajar dari rumah (BDR). Hal yang perlu diperhatikan
dari pembelajaran jarak jauh ini agar tercipta pola belajar yang efektif adalah
guru dan siswa harus sama-sama senang.
Ada beberapa unsur yang
harus diperhatikan agar dapat menciptakan Pola Belajar yang Efektif dari Rumah
yaitu : (1) Pola, (2) Belajar, (3) Efektif, (4) Rumah. Pertama, Pola : menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002: 885)
pola adalah suatu system kerja atau cara kerja sesuatu. Sedangkan menurut Kamus
antropologi, pola adalah rangkaian unsur-unsur yang sudah mantap mengenai suatu
gejala dan dapat dipakai sebagai contoh dalam menggambar atau mendeskripsikan
gejala itu sendiri (Suyoto, 1985: 327). Kedua,
Belajar adalah suatu proses perubahan kepribadian seseorang di mana perubahan
tersebut dalam bentuk peningkatan perilaku, seperti peningkatan pengetahuan,
keterampilan, daya pikir, pemahaman, sikap, dan berbagai kemampuan lainnya.
Menurut Skiner, pengertian belajar adalah suatu proses adaptasi atau
penyesuaian tingkah laku yang berlaku secara progresif. Sedangkan C.T Morgan
mendefinisikan belajar adalah suatu perubahan yang relative dalam menetapkan
tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman yang telah lalu.
Kemudian, ketiga, Efektif bisa diartikan sebagai
suatu yang dapat mencapai tujuan maksimal yang diharapkan. Pengertian efektif
merupakan suatu usaha yang dilakukan secara maksimal sesuai yang diharapkan,
selain itu efektif juga bisa diartikan sebagai salah satu usaha yang tidak
pernah lelah sebelum harapan yang di inginkan belum tercapai. Keempat, rumah adalah salah satu
bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah yang
nyaman dapat memberikan kenyamanan bagi yang menepati rumah tersebut. Berdasarkan
definisi-definisi di atas, pola Belajar efektif dari rumah dapat diartikan
sebagai suatu susunan kegiatan yang dapat di gunakan untuk melakukan proses
perubahan tingkah laku yang maksimal dari suatu tempat yang nyaman agar
dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan.
Dari pengertian di atas agar
siswa dan guru sama--sama senang dan tercipta pola pembelajaran yang efektif
dari rumah, maka yang perlu diperhatikan adalah :
Siswa dan guru harus
memiliki internet yang lancar, media utama dalam pembelajaran jarak jauh adalah
internet, jika akses internet siswa atau guru mengalami masalah, maka
pembelajaran bukan lagi menyenangkan akan tetapi menegangkan. Pola atau cara
kerja yang diciptakan harus menarik, misal sebelum pembelajaran dalam jaringan
atau daring menarik, guru harus sudah siap dengan materi yang akan disampaikan
apa itu dalam bentuk powerpoint, atau web. Juga bisa berbentu video atau
gambar.
Efektif yaitu bagaimana
usaha antara guru dan siswa semaksimal mungkin dalam menggunakan media
khususnya internet dalam pembelajaran jarak jauh. Guru membuat Jadwal, sehingga
setiap siswa harus membuat jadwal harian dari bangun tidur hingga tidur
kembali, jika sudah membuat jadwal maka mereka akan lebih tertib belajarnya,
jika pembelajaran melalui internet disini perlu peran orang tua untuk
mendampingi putra-putrinya dan bekerjasama dengan guru untuk menyampaikan laporan atau
bimbingan melalui WAG. Peran orang tua sangat penting dalam belajar dari rumah.
Gunakan teknologi yang ada
untuk menciptakan pola pembelajaran yang efektif dari rumah. Bila adanya hanya
WA Group, gunakan WA Group tersebut dengan memadukan antara teks, foto dan
video. Kesimpulan materi malam ini adalah untuk menciptakan
pola pembelajaran efektif dari rumah adalah guru dan siswa harus sama-sama
senang. Guru harus mempunyai peta kelas atau kondisi siswa di rumah dengan
begitu guru bisa membuat pola mengajar yang sesuai dengan kondisi siswa. Setiap
siswa harus membuat jadwal, guru bekerja
sama dengan orang tua untuk mendampingi putra-putrinya untuk melaksanakan
pembelajaran yang sudah terjadwal dan lakukan diskusi atau komunikasi lewat WAG
jika diperlukan.
Sangat inspiratif
BalasHapusIbu muslikah
TERIMAKSIH PAK IMAM
BalasHapusJoss bu, pengetahun baru ini.
BalasHapusTerimakasih, Mas Woks saestu
BalasHapus