Hari ini tanggal 7 Desember 2020,
merupakan Penilaian Akhir Semester (PAS) hari pertama. PAS pada masa pandemi covid-19
dikategorikan asesmen kognitif untuk mengukur kemampuan dan capaian
pembelajaran siswa. Dengan materi Tema 1 ‘Selamatkan Makhluk Hidup’ dan materi
Alquran Hadits. Untuk Kelas 6 PAS untuk
semester 1 menggunakan google form. Seminggu sebelum PAS siswa dan guru
mendiskusikan kembali via WAG materi esensial Tema 1. Karena guru lebih fokus
membahas materi esensial dan kompetensi yang menjadi prasarat untuk kelanjutan pembelajaran pada tingkat
selanjutnya. Pada masa pandemi covid-19 siswa kelas 6 tidak dibebani tuntutan
menuntaskan capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan sampai akhir tahun
pelajaran. Khusus untuk materi SD diutamakan pada literasi, numerasi dan
kecakapan hidup. Dengan kecakapan hidup dan materi yang kontekstual
(dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari) diharapkan siswa mampu berpartisipasi
dengan kegiatan orang tua mereka.
Materi
Esensial
Adapun materi
esensial yang ada pada tema satu terkait: (1)Kegiatan masyarakat yang sesuai
dengan sila pancasila, (2)Pelaksanaan sila pancasila
terkait menjaga tumbuhan, (3)Ciri-
ciri kesimpulan yang baik dan benar, (4)Teks bacaan tentang negara ASEAN, (5)Macam-
macam kosakata baku, (6)Perkembangbiakan generatif, (7)Cara perkembangbiakan
vegetatif pada tumbuhan, (8)Macam - macam tumbuhan, (9)Tumbuhan Sumber
karbohidrat, Protein, dan Vitamin” Macam- macam tumbuhan (flora) yang tumbuh di
wilayah ASEAN, (10)Beberapa kehidupan sosial budaya di wilayah ASEAN,(11)Kondisi
geografis wilayah ASEAN, (12)Perbedaan sosial budaya beberapa daerah berdasakan kondisi geografis, (13)Jenis- jenis
patung, (14)Langkah-
langkah pembuatan patung.
Asessment
diagnostic
Jika di atas tadi telah dibahas assessment
kognitif (berupa PAS), kali ini akan kita bahas secara detail asessement pada PJJ dengan istilah assessment diagnostic. Pada
masa pandemi covid-19 guru diharapkan untuk melaksanakan assesment diagnostic pada
siswa sebagai akibat dari pembelajaran jarak jauh. Asesmen ini untuk
mendiagnosis kondisi kognitif dan non kognitif siswa sebagai dampak
pembelajaran jarak jauh (PJJ). Asesmen non-kognitif berkaitan dengan psikologis
dan kondisi emosional siswa, seperti kesejahteraan psikologis dan sosial emosi
siswa, kesenangan siswa selama belajar dari rumah, serta kondisi keluarga
siswa. Teknik yang dilakukan guru dengan memberikan gambar-gambar ekspresi
emosional kepada siswa dan meminta siswa untuk mengekspresikan perasaan mereka
ketika belajar di rumah. Meminta siswa mengekspresikan perasaan mereka dengan
bercerita, tulisan atau gambar. Setelah itu guru mengidentifikasi siswa yang
memilih emosional negatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar