Senin, 07 Desember 2020

PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 MENGGUNAKAN GOOGLE FORM

 


Hari ini tanggal 7 Desember 2020, merupakan Penilaian Akhir Semester (PAS)  hari pertama. PAS pada masa pandemi covid-19 dikategorikan asesmen kognitif untuk mengukur kemampuan dan capaian pembelajaran siswa. Dengan materi Tema 1 ‘Selamatkan Makhluk Hidup’ dan materi Alquran Hadits.  Untuk Kelas 6 PAS untuk semester 1 menggunakan google form. Seminggu sebelum PAS siswa dan guru mendiskusikan kembali via WAG materi esensial Tema 1. Karena guru lebih fokus membahas materi esensial dan kompetensi yang menjadi prasarat  untuk kelanjutan pembelajaran pada tingkat selanjutnya. Pada masa pandemi covid-19 siswa kelas 6 tidak dibebani tuntutan menuntaskan capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan sampai akhir tahun pelajaran. Khusus untuk materi SD diutamakan pada literasi, numerasi dan kecakapan hidup. Dengan kecakapan hidup dan materi yang kontekstual (dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari) diharapkan siswa mampu berpartisipasi dengan kegiatan orang tua mereka.



Materi Esensial

Adapun materi esensial yang ada pada tema satu terkait: (1)Kegiatan masyarakat yang sesuai dengan sila pancasila,  (2)Pelaksanaan sila pancasila terkait menjaga tumbuhan, (3)Ciri- ciri kesimpulan yang baik dan benar, (4)Teks bacaan tentang negara ASEAN, (5)Macam- macam kosakata baku, (6)Perkembangbiakan generatif, (7)Cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan, (8)Macam - macam tumbuhan, (9)Tumbuhan Sumber karbohidrat, Protein, dan Vitamin” Macam- macam tumbuhan (flora) yang tumbuh di wilayah ASEAN, (10)Beberapa kehidupan sosial budaya di wilayah ASEAN,(11)Kondisi geografis wilayah ASEAN, (12)Perbedaan sosial budaya beberapa daerah berdasakan  kondisi geografis, (13)Jenis- jenis patung, (14)Langkah- langkah pembuatan patung.

Asessment diagnostic

Jika di atas tadi telah dibahas assessment kognitif (berupa PAS), kali ini akan kita bahas secara detail asessement pada  PJJ dengan istilah assessment diagnostic. Pada masa pandemi covid-19 guru diharapkan untuk melaksanakan assesment diagnostic pada siswa sebagai akibat dari pembelajaran jarak jauh. Asesmen ini untuk mendiagnosis kondisi kognitif dan non kognitif siswa sebagai dampak pembelajaran jarak jauh (PJJ). Asesmen non-kognitif berkaitan dengan psikologis dan kondisi emosional siswa, seperti kesejahteraan psikologis dan sosial emosi siswa, kesenangan siswa selama belajar dari rumah, serta kondisi keluarga siswa. Teknik yang dilakukan guru dengan memberikan gambar-gambar ekspresi emosional kepada siswa dan meminta siswa untuk mengekspresikan perasaan mereka ketika belajar di rumah. Meminta siswa mengekspresikan perasaan mereka dengan bercerita, tulisan atau gambar. Setelah itu guru mengidentifikasi siswa yang memilih emosional negatif. 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar