Kamis, 10 Desember 2020

PENGLIHATAN BURAM AKIBAT MENINGKATNYA KADAR GULA DALAM DARAH

 


Pukul 15.00 WIB menuju ke balai desa untuk mengikuti pertemuan rutin PKK. Ternyata belum banyak yang hadir. Sebagian anggota PKK masih duduk di teras ruang BPD, belum masuk aula balai desa. Biasanya pukul 14.30 arisan sudah selesai dilanjutkan kegiatan resmi. Ternyata hari ini tidak ada pertemuan rutin disebabkan ada teman yang sedang sakit. Maka setelah acara arisan selesai saya dan teman-teman menjenguk Beliau. Sekilas seperti tidak sakit, namun setelah dicermati Beliau mengalami kesulitan melihat pada mata sebelah kanan dikarenakan kadar gula dalam darahnya tinggi. Berarti menderita diabetes militus. Setelah memberi semangat kepada Beliau kami segera minta ijin pulang. Sebagai sesama perempuan hanya bisa berdoa semoga Beliau cepat sembuh pulih seperti sediakala.

Hal ini terjadi karena karakter Beliau yang lembut, pendiam sehingga sakitnya tidak dirasakan. Sebagai penderita  diabetes militus seharusnya rajin mengontrol kadar gula dalam darahnya. Jika tidak rutin mengontrolnya bisa berujung pada terjadinya komplikasi. Salah satunya adalah gangguan penglihatan. Beliau merasakan penurunan kemampuan dalam melihat, terasa buram/kabur. Ternyata kadar gulanya 400mg/dL. Sehingga Beliau diminta mengontrol gula darahnya agar turun dan stabil. Jika kadar gula tinggi akan berujung pada penurunan penglihatan bahkan bisa menjalar ke mata kiri. Beliau diharapkan menerapkan langkah sehat: (1) mengikuti edukasi pola hidup sehat yang diberikan oleh dokter, (2) terapi nutrisi yang tepat, (3) aktivitas fisik harus standar, (4)farmakologi/terapi obat. Jika langkah sehat ini diabaikan oleh penderita diabetes maka  mata semakin  buram akibat dari :

1.      Retinopati diabetic

2.      Gangguan kornea

3.      Glaukoma

4.      Katarak

Yang dimaksud retinopati diabetik adanya gangguan pada retina akibat kadar glukosa yang tinggi pada pasien sehingga ada kerusakan pada pembuluh darah di retina. Bila kadar gula semakin tinggi akan mengalami pembengkakan dan kebocoran pembuluh darah pada retina. Sedangkan gangguan kornea mata ini terjadi akibat kerusakan sel endotel kornea yang menimbulkan dekompensasi sel. Beberapa tahun yang lalu Beliau pernah  didiagnosa menderita glaukoma. Logis juga diagnosa ini karena penderita diabetes memikili resiko terkena glaukoma dua kali lebih besar. Pada kondisi ini penderita mengalami pertumbuhan pembuluh darah baru  pada iris mata. Penyakit katarak akan diderita pasien DM karena adanya gangguan metabolisme glukosa yang akan menganggu kerja kornea mata. Semoga ibu cepat sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar