Proktor menyiapkan Server ANBK |
Beberapa
hari ini satuan pendidikan (satpen) disibukkan dengan berbagai hal terkait pelaksanaan ANBK. Mulai dengan mempersiapkan sarana dan
prasarana yang dapat mendukung pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer
(ANBK). Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) ini merupakan program
penilaian terhadap mutu setiap satuan pendidikan (satpen). Mutu sekolah dinilai
berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar, yaitu: literasi, numerasi,
karakter, kualitas belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung
pembelajaran. Informasi tersebut diperoleh melalui tiga instrumen utama,
yaitu: (1) Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), (2) Survei Karakter, (3) Survei
Lingkungan Belajar. Tujuan dari ANBK untuk memperoleh informasi yang dapat
menunjukkan segala sesuatu yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan
pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter siswa. Tidak
mempengaruhi kenaikan kelas maupun kelulusan. Apalagi mempengaruhi penerimaan
tunjangan guru, baik tunjangan fungsional maupun tunjangan profesi guru.
Dalam
pelaksanaan ANBK, ada petugas yang memiliki peranan penting yaitu proktor. Proktor
satuan pendidikan memiliki peranan yang sangat penting. Proktor bertugas
mengendalikan secara teknis pelaksanaan ANBK. Kepala madrasah bersama proktor harus
menyiapkan perangkat komputer dan sarana yang mendukung kelancaran ANBK. Dalam
menyiapkan sarana dan prasarana tersebut harus
dilakukan dengan cermat. Juga harus sesuai prosedur sehingga ANBK
berjalan dengan lancar. Proktor harus
menyiapkan perangkat lunak seperti melakukan penginstalan, melakukan proses
sinkronikasi hingga menjaga kelancaran dalam pelaksanaan ANBK dari segi
aplikasi. Proktor juga bertugas menyiapkan perangkat keras seperti penyiapan
jaringan, perangkat computer sehingga perangkat siap digunakan. Nanti ketika
ANBK sedang berlangsung, proktor bertugas memastikan keseluruhan proses
berjalan dengan lancar sesuai prosedur yang telah ditetapkan, dan harus mau
berkoordinasi denganTim Teknis ANBK Kabupaten.
Kemarin malam pukul 21.19 ruang ANBK selesai dirapikan |
Jadwal
ANBK tahun 2021 ini akan dilaksanakan mulai September sampai dengan November
2021. Berarti mundur dari jadwal semula yang akan dilaksanakan pada bulan
Agustus 2021. Siswa yang akan menjadi sampel akan mengikuti ANBK selama 2 hari. Pada
hari pertama jenis asesmen yang kerjakan adalah literasi membaca dan survei karakter.
Hari kedua asesmen numerasi dan survei lingkungan belajar. Sedangkan kepala
madrasah dan semua guru akan mengikuti ANBK dengan asesmen survei lingkungan
belajar. Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan yang sederajat yang akan melaksanakan
ANBK gelombang I pada tanggal 8 sampai 11 November 2021. Sedangkan tanggal 15 sampai 18
November 2021 adalah pelaksanaan ANBK gelombang II. Semoga berjalan dengan
lancar kegiatan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar