Setelah para guru MI memahami
model dan media pembelajaran berbasis literasi dan numerasi. Maka selanjutnya
akan membahas tentang penyusunan RPP berbasis literasi dan numerasi. Guru
diharapkan mampu mengintegrasikan literasi, numerasi, 4C, pembelajaran HOTS,
karakter pada sebuah pembelajaran. Komponen tersebut diintegrasikan dalam: (1) dokumen rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP), (2) bahan
ajar, (3)penilaian, (4)pembiasaan (perilaku guru dan
siswa). Pengintegrasian dalam RPP antara lain dapat
dilakukan pada: (1)rumusan tujuan pembelajaran, (2)rancangan aktivitas pembelajaran, (3) rancangan penilaian, (4) rancangan sumber belajar, (5) pemilihan metode pembelajaran.
Pengintegrasian literasi, numerasi, 4C, pembelajaran
HOTS, karakter pada tujuan pembelajaran dirumuskan dengan
memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:(a)mengacu pada indikator pencapaian kompetensi, (b) mempertimbangkan kondisi pembelajaran yang
dapat dilakukan pada masa pandemi Covid-19, (c) urutan tujuan pembelajaran mengacu pada sintaks/urutan aktivitas pembelajaran yang akan
dilakukan, (d) unsur-unsur tujuan pembelajaran yang lengkap terdiri atas A (Audience),
B (Behavior), C (Condition), D (Degree), (e)rumusan tujuan pembelajaran harus jelas, spesifik,
operasional, dan terukur. Contoh pengintegrasian melalui rumusan tujuan pembelajaran dalam RPP:
1. Melalui project
based learning, peserta didik dapat
menentukan ciri hewan Kanguru Mantel Emas dan menyajikan data dalam diagram
batang serta menghitung panjang tubuh Kanguru Mantel Emas
2. Melalui
kegiatan mengamati dan berdiskusi, peserta didik dapat menjelaskan manfaat energi, menentukan dan menghitung banyaknya energi pada makanan dengan benar
3. Dengan membaca
dan mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi bagian-bagian
penyususn pada sel hewan dan sel tumbuhan.
4. Melalui kegiatan
membaca, peserta didik dapat mendeskripsikan struktur penyusun tubuh makhluk
hidup.
5. Setelah
mempelajari struktur penyusun tubuh makhluk hidup, peserta didik dapat menganalisis kejadian yang berkaitan dengan
fungsi organ tubuh di kehidupan
sehari-hari.
6. Dengan project
based learning, peserta didik dapat membuat model sel hewan atau sel
tumbuhan dengan menggunakan bahan yang
ada dilingkungan.
7. Melalui problem based learning, peserta
didik dapat menerapkan tata cara sholat tarawih dan mempraktekkan tata cara sholat tarawih.
Contoh-contoh
RPP berbasis literasi dan numerasi
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan
Pendidikan |
: |
……… |
Tema/Subtema |
: |
7. Energi/1. Energi
dalam Kehidupan |
Kelas/Semester |
: |
VI/2 |
Alokasi
Waktu |
|
1 x
pertemuan |
A. Kompetensi Dasar
IPA |
: |
3.5
Mengidentifikasi komponen listrik dan
fungsinya serta menjelaskan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik 4.5 Menyajikan karya tentang berbagai cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber
alternatif energi listrik. |
Bahasa Indonesia |
: |
3.2 Menggali isi teks
penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca 4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi dari
teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis dan visual
dengan menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif |
B. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi,
peserta didik dapat menjelaskan manfaat energi, menentukan dan menghitung banyaknya energi pada makanan dengan benar
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan |
Dekripsi |
Pendahuluan |
|
Inti |
“ Mengamati tabel dan menghitung banyaknya energi pada makanan.”( literasi dan numerasi )
|
Penutup |
|
dan ketrampilan hasil kerja: hasil pekerjaan siswa
Kepala Madrasah Tugas terkait LKPD: REFLEKSI 1. Manfaat
apa yang kamu peroleh dari hasil kerja yang telah dibuat? 2. Tulislah
hal-hal yang menarik dari pengalaman belajarmu! 3. Apa
yang perlu ditingkatkan dari proses pembelajaran? |
Trenggalek, …. Mei 2021 Guru Kelas VI
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar