Minggu, 06 Juni 2021

Penyusunan Rancangan Pembelajaran Berbasis Literasi & Numerasi


Setelah para guru MI memahami model dan media pembelajaran berbasis literasi dan numerasi. Maka selanjutnya akan membahas tentang penyusunan RPP berbasis literasi dan numerasi. Guru diharapkan mampu mengintegrasikan literasi, numerasi, 4C, pembelajaran HOTS, karakter pada sebuah pembelajaran. Komponen tersebut diintegrasikan dalam: (1) dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) bahan ajar, (3)penilaian, (4)pembiasaan (perilaku guru dan siswa). Pengintegrasian dalam RPP antara lain dapat dilakukan pada: (1)rumusan tujuan pembelajaran, (2)rancangan aktivitas pembelajaran, (3) rancangan penilaian, (4) rancangan sumber belajar, (5) pemilihan metode pembelajaran. 

Pengintegrasian literasi, numerasi, 4C, pembelajaran HOTS, karakter pada tujuan pembelajaran dirumuskan dengan memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:(a)mengacu pada indikator pencapaian kompetensi, (b) mempertimbangkan kondisi pembelajaran yang dapat dilakukan pada masa pandemi Covid-19, (c) urutan tujuan pembelajaran mengacu pada sintaks/urutan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan, (d) unsur-unsur tujuan pembelajaran yang lengkap terdiri atas A (Audience), B (Behavior), C (Condition), D (Degree), (e)rumusan tujuan pembelajaran harus jelas, spesifik, operasional, dan terukur. Contoh pengintegrasian melalui rumusan tujuan pembelajaran dalam RPP:

1.     Melalui project based learning, peserta didik  dapat menentukan ciri hewan Kanguru Mantel Emas dan menyajikan data dalam diagram batang serta menghitung panjang tubuh Kanguru Mantel Emas

2.       Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, peserta didik  dapat menjelaskan manfaat energi, menentukan dan menghitung banyaknya energi pada makanan dengan benar

3.     Dengan membaca dan mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi bagian-bagian penyususn pada sel hewan dan sel tumbuhan.

4.  Melalui kegiatan membaca, peserta didik dapat mendeskripsikan struktur penyusun tubuh makhluk hidup.

5.  Setelah mempelajari struktur penyusun tubuh makhluk hidup, peserta didik dapat  menganalisis kejadian yang berkaitan dengan fungsi organ tubuh  di kehidupan sehari-hari.

6.  Dengan project based learning, peserta didik dapat membuat model sel hewan atau sel tumbuhan  dengan menggunakan bahan yang ada dilingkungan.

7.      Melalui problem based learning, peserta didik  dapat menerapkan tata cara sholat tarawih dan mempraktekkan tata cara sholat tarawih.

 

 

    Contoh-contoh RPP berbasis literasi dan numerasi

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pendidikan

:

………

Tema/Subtema

:

7. Energi/1. Energi dalam Kehidupan

Kelas/Semester

:

VI/2

Alokasi Waktu

 

1 x pertemuan


A.     
Kompetensi Dasar

IPA

:

3.5 Mengidentifikasi komponen listrik dan fungsinya serta menjelaskan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik

4.5 Menyajikan karya tentang berbagai cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik.

Bahasa Indonesia

:

3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca

4.2  Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis dan visual dengan menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif

 


B.      
Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, peserta didik  dapat menjelaskan manfaat energi, menentukan dan menghitung banyaknya energi pada makanan dengan benar

 

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Kegiatan

Dekripsi

        Pendahuluan         

      

  • Guru mengucapkan salam, doa, cek kehadiran dan mempersiapkan    perlengkapan dan peralatan yang diperlukan (orientasi)
  •  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, langkah   pembelajaran dan teknik  penilaian
  • Guru mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik  ( Apersepsi )
  • Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.       ( motivasi )
  • Guru menampilkan teks tentang energi dalam makanan

Inti                                        

 

  •  Guru menyampaikan tujuan tugas yang harus dikerjakan siswa  

         “ Mengamati tabel dan menghitung banyaknya energi pada                    makanan.”( literasi dan numerasi )

  • Guru membagikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)      Guru memantau keaktifan,kerjasama dan keberanian peserta didik  dalam mengungkapkan pendapat selama melakukan diskusi, serta memantau realisasi  dan membimbing jika mengalami kesulitan (collaboration  dan creativity)
  • Guru memantau keterlibatan peserta didik dalam melaksanakan LKPD. Mengukur ketercapaian hasil diskusi yang dibuktikan dengan peserta didik dapat menghitung kalori makanan.
  • Siswa mempresentasikan hasil kerja dan ditanggapi peserta didik lainnya. Mengukur ketercapaian hasil kerja yang yang dibuktikan dengan peserta didik dapat menghitung kalori makanan. ( critical thinking dan communication)
  • Guru membimbing pemaparan hasil kerja siswa

Penutup

  • Guru meminta peserta didik menuliskan/menceritakan tentang pengalaman belajar yang baru saja di dapatkan dan membuatkan kesimpulan ( refleksi)
  • Guru memberi penguatan terhadap hasil kesimpulan siswa
  •  Guru memberikan apresiasi  atas partisipasi  semua peserta didik (umpan balik )
  •  Peserta didik diminta mencari permasalahan lain yang melibatkan satuan berat, penjumlahan bilangan cacah dan pecahan, serta mempelajari materi Sumber-sumber energi dalam kehidupan” untuk pertemuan berikutnya ( tugas selanjutnya )

 

  D.      Penilaian : Rubrik penilaian pengetahuan (menghitung besarnya energi pada makanan)

    dan ketrampilan hasil kerja: hasil pekerjaan siswa

 

 

 

 

 

Kepala Madrasah

 

 

 

 ………………………………..

 


Teks yang akan disajikan: 

LKPD berbasis lierasi dan numerasi

Tugas terkait LKPD:

Refleksi pada akhir pembelajaran:

REFLEKSI

1.      Manfaat apa yang kamu peroleh dari hasil kerja yang telah dibuat?

2.      Tulislah hal-hal yang menarik dari pengalaman belajarmu!

3.      Apa yang perlu ditingkatkan dari proses pembelajaran?

Trenggalek, …. Mei 2021

 

Guru Kelas VI

 

 

 

 ……………………………..

 



 

 

 

 

 

 

 

    


                                                          



Tidak ada komentar:

Posting Komentar