Hari
kedua diseminasi, saya hadir di tempat acara lebih awal. Sambil menunggu acara
dimulai, mencoba memberi semangat pada Bu Khatim. Karena bagi Beliau, menjadi
fasilitator merupakan pengalaman
pertama. Meskipun demikian Beliau berkenan datang dan bertanggung jawab
terhadap tugasnya. Ketika saya tengah berbincang-bincang dengan Bu Khatim, Bu Istiqomah
(Kepala MI Pakis) memanggil kami untuk menghadap Pengawas Madrasah. Sesampainya
di kantor MI Pakis, Pengawas Madrasah menyampaikan bahwa saya harus mendampingi
Bu Khatim. Tugas saya belum selesai, meskipun telah menyampaikan tanggung jawab
sebagai fasilitator pada hari pertama. Bilamana Bu Rinda tidak hadir, yang
menggantikan tugas Bu Rinda adalah saya. Padahal materi itu belum saya pahami
secara detail. Sejak tanggal 17 Mei 2021 kegiatan sosial banyak sekali. Mulai rewang ke rumah tetangga, membantu
persiapan saudara dekat menikahkan anaknya (lamaran ke catin pria maupun
wanita) juga melaksanakan pesta pernikahan. Selain itu anak bungsu saya, juga
baru saja khitan. Namun saya tidak berani menolak. Karena karakter Bapak Pengawas Madrasah kecamatan
Durenan jika memberikan tugas harus diterima.
Maka
saya mohon Bu Khatim memaparkan materinya terlebih dahulu. Saya akan memahami
materi yang menjadi tanggung jawab Bu Rinda. Materi Bu Khatim terkait
pembelajaran berbasis literasi. Tujuan materi ini adalah memahami konsep,
jenis, karakteristik pembelajaran
berbasis literasi. Memahami
langkah merancang pembelajaran. Mempraktikkan pembelajaran berbasis literasi. Setelah memaparan materi
kedua nanti para guru akan berlatih membuat RPP berbasis literasi secara
berkelompok. Secara kebahasaan literasi merupakan kegiatan membaca/memirsa,
berpikir, memecahkan masalah, mengambil keputusan/ berpartisipasi sebagai warga
Indonesia dan warga global (mahluk yang mempertanggungjawabkan kehidupannya di
akhirat kelak). Kemampuan
untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis
teks untuk mengembangkan kapasitas
individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat mengambil
keputusan berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
Tujuan penggunaan strategi literasi dalam
pembelajaran. Membangun pemahaman peserta
didik, keterampilan menulis, dan keterampilan komunikasi secara menyeluruh.
Tiga hal ini akan bermuara pada pengembangan karakter dan keterampilan berpikir
tingkat tinggi. Membangun pemahaman peserta didik, keterampilan menulis, dan
keterampilan komunikasi secara menyeluruh. Tiga hal ini akan bermuara pada
pengembangan karakter dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Pemantauan
pemahaman teks (siswa merekam pemahamannya sebelum, ketika, dan setelah
membaca).
Karakteristik
pembelajaran yang menerapkan strategi literasi adalah:(1)penggunaan berbagai moda selama pembelajaran (literasi
multimoda), (2)instruksi yang jelas dan eksplisit, (3) memanfaatan alat
bantu seperti pengatur grafis dan daftar cek, (4) Respon terhadap berbagai jenis pertanyaan, (5) membuat pertanyaan
(mengajak berpikir dari data), (6)
melakukan analisis, sintesis, dan evaluasi teks (berpikir tingkat tinggi), (7) Meringkas
isi teks. Teks multimedia dan teks
multimoda di dalamnya mencakup elemen-elemen visual, audio, dan teknologi
untuk menciptakan makna. Multimodality adalah istilah yang
digunakan untuk merujuk pada cara orang berkomunikasi menggunakan genre dan
moda yang berbeda pada saat bersamaan. Penggunaan beberapa semiotic modes
dalam desain produk, atau peristiwa semiotik secara bersamaan. Analisis multimodal mencakup analisis komunikasi
dalam segala bentuknya, tetapi secara khusus berkaitan dengan teks yang berisi
interaksi dan integrasi dua atau lebih sumber semiotik - atau 'mode' komunikasi
- untuk mencapai fungsi komunikatif teks. Sasaran pembelajaran berbasis literasi berpikir kritis, mampu
memecahkan masalah, mudah beradaptasi, dan komunikatif, kreatif, kemampuan
memimpin, kreator, dan kewirausahaan, memiliki wawasan global, kreatif,
mengembangkan kemampuan emosi, intelektual dan sosial, serta berkontribusi
positif terhadap lingkungan dan budaya.
Pada
akhir Beliau menyampaikan materi ada pertanyaan dari salah satu guru dari MITT
Sumbergayam terkait pengintegrasian ketrampilan literasi, kecakapan 4C dan
karakter dalam RPP. Terutama hubungan anatar tujuan pembelajaran dengan LKPD.
Tujuan pembelajaran yang dimaksud tertera pada power point dengan bunyi:
dengan membaca dan mengamati gambar
peserta didik dapat mengidentifikasi bagian-bagian penyusun pada sel hewan dan
tumbuhan. Maka pengembangan LKPDnya adalah sebagai berikut ini:
Gambar di atas bisa dijadikan LKPD dengan kegiatan belajar mencermati gambar di atas. Memahami organel-organel penyusun sel hewan dan tumbuhan. Kemudian tugas siswa melengkapi diagram venn secara berkelompok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar