Selasa, 08 Juni 2021

ON THE JOB LEARNING

 


Tanggal 26 Mei 2020 kegiatan diseminasi pembelajaran berbasis literasi dan numerasi diisi dengan kegiatan On the Job Learning (OJL). Kegiatan ini berupa proses belajar membuat RPP secara mandiri. Dengan belajar dalam konteks realistis akan mendapat banyak pengalaman dari latihan menyusun RPP sederhana. On the Job Learning (OJL) pada hari itu adalah membuat RPP secara mandiri, membuat RPP secara kelompok telah dilaksanakan ketika in the job learning. Sejatinya diseminasi pada sesi OJL ini akan bermakna jika tidak hanya membuat RPP secara mandiri,  tetapi mempraktikkan RPP yang yang telah dibuat. Guru mempraktikkan RPPnya di madrasahnya masing-masing. Bagaimana dampak dari RPP tersebut? Apakah dengan RPP sederhana dan mempraktikkan model pembelajaran berbasis literasi dan numerasi hasil belajar siswa meningkat?  

Banyak yang mengajak diskusi via WA pada saat OJL. Menanyakan tentang pilihannya membuat RPP sederhana. Beberapa dari mereka ingin membuat RPP berbasis literasi saja. Adapula guru yang ingin membuat RPP agama berbasis literasi dengan mengambil stimulus dari media elektronik. Yang lebih penting mereka sudah memahami cara menyusun RPP sederhana. Kemendikbud tidak mengharuskan RPP hanya satu lembar. Yang diharapkan RPP sederhana yang sudah memenuhi komponen inti berupa: tujuan, langkah pembelajaran dan penutup. Kemudian pada tiap komponen utama harus terdapat aktivitas guru dan murid sehingga terjadi pembelajaran yang menyenangkan

Pada tanggal 27 Mei 2021, para guru, fasilitator dan kepala madrasah melaksanakan in the job learning. Kembali melaksanakan diseminasi tatap muka di MI Pakis. Mereka harus memaparkan RPP yang dibuat. Hari itu harus ada 8 guru yang mempresentasikan RPPnya. Mereka akan mewakili madrasahnya masing-masing. Karena di kecamatan Durenan ada 8 MI, masing-masing MI mengirimkan 4 orang guru. Namun demikian hanya satu dari 4 utusan yang akan memaparkan RPPnya. Karena tidak ada yang berkenan tampil lebih dulu, maka segera dibuatkan undian. Masing-masing perwakilan MI mengambil nomor urut tampil. Ada informasi yang mencuat ketika pengambilan nomor urut bahwa nantinya akan pemadaman listrik pada pukul 09.00 sampai sore hari.



Untuk mengefisiensikan waktu segera dipaparkan RPP dari MI Ar-Rahmah yang mendapat nomor urut 1. Ketika RPP  Bu Mas’al dari MI Ar-Rahmah selesai dipaparkan, banyak pertanyaan yang muncul terkait tujuan pembelajaran. Audien meminta Beliau menunjuk komponen ABCD pada tujuan pembelajaran. Juga meminta klarifikasi terkait model pembelajaran yang digunakan. Audien meminta penjelasan terkait komponen-komponen yang harus ada pada kegiatan pendahuluan, seperti memberi motivasi, apersepsi, menyampaikan cakupan materi dan lain-lain. Begitu juga komponen pada inti pembelajaran. Audien meminta Bu Mas’al menunjukan kata/kalimat yang menyiratkan komponen 4C, pembelajaran HOT, karakter profil pelajar pancasila dan litersi dan numerasi. Serta komponen yang harus ada pada penutup seperti melakukan refleksi, melakukan umpan balik, memberi tugas dan merencanakan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Tepat pukul 09.37 listrik padam, sarana untuk menayangkan RPP seketika juga mati. Maka ketua KKG menghendaki RPP agar dishare digroup WA KKG Madu (Madrasah Durenan). Sehingga semua peserta bisa mengunduh, membaca dan mengkritisi RPP tersebut. Tepat pukul 09.40  yang memosting ke WAG Bu Yayuk. Beliau guru dari MI Pakis yang mendapat nomor urut penampilan kedua.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2021

Satuan Pendidikan           :  MI  MIFTAHUL HUDA PAKIS 

Kelas / Semester               :  1V /1

Tema / Subtema                :  1/3

Alokasi waktu                  :  1 x pertemuan

A.    Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia                  :    3.7 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks

 IPA                                        :    3.3 Mengidentigikasi macam-macam gaya antara lain, gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya grafitasi dan gaya gesekan

                                                    4.3 Mendomostrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan

B.     Tujuan Pembelajaran

  • Melalui discovery learning, siswa mencermati teks bacaan yang disajikan, menuliskan pokok pikiran setiap paragraf, menyebutkan benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet atau yang tidak dapat ditarik oleh magnet, serta menjelaskan manfaat  gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari

 

C.    Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan

1.   Guru mengucapkan salam, doa, cek kehadiran dan mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan.

2.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, langkah pembelajaran dan teknik penilaian.

3.        Guru melakukan apersepsi dengan materi yang akan dipelajari.

 

Inti

1.    Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari Siswa membaca teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini’’

2.     Guru mengajak siswa bertanya jawab berkaitan dengan bacaan yang dibaca siswa

3.         Guru mengajak siswa untuk menuliskan pokok pikiran pada setiap paragraf

4.    Kegiatan berikutnya siswa membentuk kelompok dan berdiskusi tetang magnet

5.     Guru menyediakan alat/benda-benda dan meminta siswa mengamati benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet dan yang tidak dapat ditarik oleh magnet. misalnya Jarum, peniti, uang logam, pensil, daun  dan kemudian siswa berdiskudi tentang benda yang dapat ditarok oleh magnet atau tidak.

6.  Guru menyuruh siswa satu kelompok satu anak untuk menyampaikan hasil diskusi kedepan kelas

 

Kegiatan

Penutup

-    Guru memberi reward kepada siswa yang sudah menyampaikan tugas mengirimkan tugas

-       Guru memberi refleksi dan menutup pelajaran

 

 

C.  PENILAIAN

- Ketrampilan       : Unjuk Kerja

- Pengetahuan      : Menuliskan pokok pikiran setiap paragrap

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 


 

Hj. ISTIKOMAH S,Pd

 

Pakis, 27 Mei 2021

Guru 

 


 

 

YAYUK VITRIANI,  S.Pd.I

 


Lembar Kerja Peserta Didik

B. Indonesia

1. Bacalah teks beserta anggota kelompokmu!

2. Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap           ini”

Pokok Pikiran Paragraf 1

 

 

 

Pokok Pikiran Paragraf 2

Pokok Pikiran Paragraf 4

Pokok Pikiran Paragraf 3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

IPA

1. Apa yang terjadi saat magnet diletakkan pada benda-benda kecol yang kamu sediakan?

2. Benda apa yang dapat ditarik oleh magnet?

3. Benda apa saja yang tidak dapat ditarik oleh magnet?

4. Berikan kesimpulan dari kegiatan tersebut!

 

Refleksi

Siswa melakukan kegiatan seperti pada gambar hal.98 yaitu melempar koin. Kemudian menjawab pertanyaan:

1. Apa yang terjadi setelah uang logam dilempar ke atas?

2 .Mengapa hal itu bisa terjadi?

3. Bagaimana seandainya uang logam diganti bola, pensil, penghapus, dan kapas?

4. Selanjutnya, ceritakan hasil diskusi kelompok mu kepada bapak/ibu guru dan kelompok lain.

 

Rubrik Penilaian

B. Indonesia (Berdiskusi tentang gagasan pokok dalam setiap paragraf pada teks bacaan

No

Aspek Penilaian

4

3

2

1

 1

Kemampuan menyusun pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan runtut dan kosa kata baku

Menyusun pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan runtut dan kosa kata baku dengan benar

Menyusun pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan runtut tetapi masih ada kosa kata yang tidak baku

Menyusun pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan kosa kata baku tetapi tidak runtut

Menyusun pokok pikiran dalam setiap paragraf tidak runtut dan dengan kosa kata tidak baku

  2

Keterampilan berbicara

Pengucapan kata- kata secara keseluruhan jelas 

Pengucapan kata dibeberapa bagian jelas

Pengucapan kata-kata tidak begitu jelas

Pengucapan kata-kata tidak jelas

Keterangan

4 = Baik Sekali

3 = Baik

2 = Cukup

1 = kurang

 

IPA

No

Nama Siswa

Uraian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Skor Penilaian 0 – 100

Penilaian : Skor yang diperoleh  x 100

                      Skor Maksimal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar