Kamis, 10 Juni 2021

Model Cooperative Learning Type Poster Comment

 

Jika PBL bisa dinyatakan sebagai salah satu model belajar dengan cara bekerja sama dalam kelompok untuk mencari pemecahan masalah dalam dunia nyata. Permasalahan ini digunakan untuk menghubungkan pokok materi pelajaran dengan dunia nyata, juga untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa. PBL ini melatih siswa agar berpikir kritis dan analitis, serta berlatih mampu menemukan sumber belajar yang sesuai. Ciri khas PBL adalah adanya penggunaan masalah yang diambil dari kehidupan sehari-hari. Sebagai suatu konteks bagi para siswa untuk berfikir kritis dan terampil memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan tentang konsep yang penting dari apa yang dipelajari. Dengan PBL siswa memperoleh ketrampilan tentang life long education, termasuk kemampuan untuk menemukan dan menggunakan sumber belajar yang sesuai.

Sedangkan cooperative learning merupakan jenis model pembelajaran kelompok yang prosedur pembelajarannya, siswa akan bekerjasama dengan siswa lain dalam kelompoknya. Mereka akan berkolaborasi dan saling menghargai untuk mencapai prestasi yang baik. Langkah-langkah pembelajaran cooperative learning secara umum adalah (1) menjelaskan tujuan dan membuka pelajaran, (2) menyajikan informasi, (3) mengatur siswa ke dalam tim belajar, (4) membantu kerja tim dan belajar bekerja sama, (5)melakukan penilaian/tes akhir pembelajaran, (6) memberikan apresiasi dan reward terhadap prestasi siswa.

Agar lebih memudahkan kita memahami model cooperative learning, maka akan dibahas salah satu modelnya. Model yang akan kita bahas model Cooperative Learning Type Poster Comment. Model Cooperative Learning Type Poster Comment adalah model belajar dengan mengomentari poster dengan tujuan untuk menstimulus dan meningkatkan kreativitas dan mendorong penghayatan peserta didik terhadap suatu permasalahan. Dalam metode ini peserta didik didorong untuk bisa mengungkapkan pendapatnya secara lisan tentang suatu poster atau gambar. Adapun  langkah-langkah pada Model Cooperative Learning Type Poster Comment sebagai berikut: (1)membagi potongan gambar, (2) memasang gambar tanpa keterangan/tulisan, (3)perwakilan kelompok berkomentar,(4)setiap kelompok mengeluarkan pendapat sesuai hasil diskusi, (5)kelompok lain bertanya, menyanggah dan menanggapi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : MIM KAMULAN

Mata Pelajaran            : IPA

Kelas/Semester            : VI / II

Alokasi Waktu            : 2 x  35 Menit (1 x Pertemuan)

 

A.      STANDAR KOMPETENSI

9. Memahami Matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi  dalam tata surya.

B.       KOMPETENSI DASAR

9.3    Menjelaskan terjadinya gerhana matahari  dan gerhana bulan.

C.      INDIKATOR

1.    Menjelaskan  pengertian  gerhana.

2.    Membedakan bayangan umbra dan penumbra

3.    Menjelaskan proses terjadinya gerhana bulan total

4.    Menjelaskan proses terjadinya gerhana bulan sebagian

5.    Menjelaskan  proses terjadinya gerhana bulan  penumbra

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui  Poster Comment  diharapkan peserta didik mampu:

1.             Menjelaskan  pengertian  gerhana dengan tepat.

2.             Membedakan bayangan umbra dan penumbra dengan tepat.

3.             Menjelaskan proses terjadinya gerhana bulan total dengan tepat.

4.             Menjelaskan proses terjadinya gerhana bulan sebagian dengan tepat.

5.             Menjelaskan  proses terjadinya gerhana bulan  penumbra dengan tepat.

 

E.       MATERI PEMBELAJARAN

Gerhana adalah peristiwa tertutupnya benda langit oleh benda langit  yang lain

Gerhana  Bulan ada 3 macam : Gerhana bulan total, sebagian dan penumbra

GERHANA BULAN TOTAL DAN BULAN SEBAGIAN




GERHANA BULAN  PENUMBRA

 




F.       METODE PEMBELAJARAN

  •   Model Pembelajaran    : Cooperative learning  Tipe Poster Comment
  •  Metode Pembelajaran  : Diskusi, tanya jawab, presentasi



G.     
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No.

Kegiatan Pembelajaran

Waktu

Kegiatan Guru

Kegiatan Siswa

1

Pra Kegiatan

 

5 Menit

·      Menyampaikan salam kepada semua peserta didik

·      Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing

· Melakukan presensi untuk mengawali pembelajaran.

·    Mengkondisikan suasana kelas

·           Menjawab salam

 

· Berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing

·           Memperhatikan guru

·           Mengkonsdisikan diri

1 menit

 

1 menit 

1 menit 

2 menit

2

Kegiatan Awal

 

5 Menit

 

a.      Apersepsi

Menyampaikan informasi aktual tentang gerhana matahari total tanggal 9 Maret 2016

b.      Eksplorasi materi

· Menanyakan kepada siswa tentang materi yang telah lalu tentang gerakan bumi dan bulan

· Menyampaikan materi yang akan dipelajari

“ Anak-anak hari ini kita akan mempelajari Gerhana Bulan”.

c.       Eksplorasi Tujuan

Menyampaikan tujuan pembelajaran

 


·     Diharapkan siswa bertanya/ menjawab

 


· Diharapkan ada tanya jawab dan siswa menjawab

 

·      Memperhatikan penjelasan dari guru

 

 

·      Memperhatikan penjelasan guru


1 menit

 


3 menit

 

 

 

 

1 menit

3

Kegiatan Inti

 

40 Menit

 

a.    Eksplorasi Konsep

·         Siswa sudah terbagi dalam 5 kelompok, guru membimbing para siswa menentukan kepengurusan kelompok

·         Menjelaskan konsep Gerhana

 

·  Memberikan kesempatan kepada siswa bertanya tentang materi yang belum dimengerti.

b.      Elaborasi

·         Memberikan arahan tentang kegiatan belajar mengomentari poster

·         Tiap Kelompok diberikan LKK dan gambar

·   Menyuruh siswa berdiskusi sesuai dengan LKK.

c.       Konfirmasi

·         Tiap kelompok  diminta untuk mempresentasikan sesuai tugas yang diberikan (menilai kegiatan siswa)

·  Membimbing tiap kelompok agar memberi kesempatan kelompok lain bertanya, menyanggah dan menanggapi

 

·       Membentuk kepengurusan kelompok terdiri dari ketua, sekretaris dan jurubicara.

 

·      Memperhatikan penjelasan dari guru

·         Bertanya kepada guru


·    Memperhatikan arahan dari guru

 

· Mendapatkan LKK dan gambar

·         Mengerjakan LKK

· Mempresentasikan hasil kinerja kelompok (mengomentari gambar)

·         Memperhatikan bertanya, menyanggah dan menanggapi

5 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10 menit

 

 

  

25  menit

 

4

Kegiatan Penutup

 

20 Menit

 

a.      Simpulan

Bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

b.      Evaluasi

Membimbing siswa melakukan evaluasi

c.       Refleksi

·      Memberikan kesempatan  kesempatan kepada Siswa untuk mengungkapkan kesan ataupun pertanyaan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan

·      Memberikan pesan moral, memberi motivasi.penyemangat kepada siswa.

·      Menyampaikan pencapaian kompetensi yang dicapai pada kegiatan belajar yang telah dilakukan

d.      Tindak Lanjut

Meminta kepada siswa untuk mempelajari materi tentang gerhana matahari.

e.       Penutup

Menutup pembelajaran dengan salam

 

·         Siswa bertanya tentang hal yang belum diketahui dan belum dimengerti

 

·           Mengerjakan evaluasi

 

·      Mengungkapkan kesan atau pertanyaan tentang pembelajaran

 

 

 

·   Memperhatikan penjelasan dari guru

 

·    Memperhatikan penjelasan dari guru

 

 

 

Memperhatikan penjelasan dari guru

 

 

Menjawab salam

3 menit

 

 

 

 

 

12 menit

 

 

 

2 menit

 

 

 

 

2 menit

 

 

 

1 menit

 

H.      MEDIA PEMBELAJARAN

·         Alat / Bahan         : Alat tulis, LCD, LKK

·   Sumber Belajar   : Suhartanti,dkk. Ilmu Pengetahuan Alam BSE Kelas VI SD/MI ( Semarang: PT. Bengawan Ilmu, 2008) halaman 134 

I.         PENILAIAN

1.      Prosedur Penilaian

a.    Penilaian proses

b.    Penilaian hasil

2.      Jenis Penilaian

1.      Tes            : Unjuk Kerja dan  Tes Tulis

2.      Non tes     : Pengamatan

3.      Bentuk Penilaian

1.      Penilaian

2.      Pengamatan

4.      Alat Penilaian

1.    Soal Uraian

2.    Soal Unjuk Kerja

3.    Lembar pengamatan

J.        Lampiran-lampiran

a.       Lembar kerja kelompok dan pensekoran

b.      Lembar pengamatan dan rubrik penilaian

c.       Lembar Unjuk Kerja dan Tes Tulis

d.      Format Penilaian Hasil

e.       Rubrik Penilaia

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

 


ANAWIYAH, S.Ag, M.Pd

 

Kamulan , ..............................


Guru Kelas  


 

             MUSLIKAH                             

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar