Jika PBL bisa dinyatakan sebagai salah satu model belajar dengan cara bekerja sama dalam kelompok untuk mencari pemecahan masalah dalam dunia nyata. Permasalahan ini digunakan untuk menghubungkan pokok materi pelajaran dengan dunia nyata, juga untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa. PBL ini melatih siswa agar berpikir kritis dan analitis, serta berlatih mampu menemukan sumber belajar yang sesuai. Ciri khas PBL adalah adanya penggunaan masalah yang diambil dari kehidupan sehari-hari. Sebagai suatu konteks bagi para siswa untuk berfikir kritis dan terampil memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan tentang konsep yang penting dari apa yang dipelajari. Dengan PBL siswa memperoleh ketrampilan tentang life long education, termasuk kemampuan untuk menemukan dan menggunakan sumber belajar yang sesuai.
Sedangkan cooperative learning merupakan jenis model pembelajaran kelompok yang prosedur pembelajarannya, siswa akan bekerjasama dengan siswa lain dalam kelompoknya. Mereka akan berkolaborasi dan saling menghargai untuk mencapai prestasi yang baik. Langkah-langkah pembelajaran cooperative learning secara umum adalah (1) menjelaskan tujuan dan membuka pelajaran, (2) menyajikan informasi, (3) mengatur siswa ke dalam tim belajar, (4) membantu kerja tim dan belajar bekerja sama, (5)melakukan penilaian/tes akhir pembelajaran, (6) memberikan apresiasi dan reward terhadap prestasi siswa.
Agar lebih memudahkan kita memahami model cooperative learning, maka akan dibahas salah satu modelnya. Model yang akan kita bahas model Cooperative Learning Type Poster Comment. Model Cooperative Learning Type Poster Comment adalah model belajar dengan mengomentari poster dengan tujuan untuk menstimulus dan meningkatkan kreativitas dan mendorong penghayatan peserta didik terhadap suatu permasalahan. Dalam metode ini peserta didik didorong untuk bisa mengungkapkan pendapatnya secara lisan tentang suatu poster atau gambar. Adapun langkah-langkah pada Model Cooperative Learning Type Poster Comment sebagai berikut: (1)membagi potongan gambar, (2) memasang gambar tanpa keterangan/tulisan, (3)perwakilan kelompok berkomentar,(4)setiap kelompok mengeluarkan pendapat sesuai hasil diskusi, (5)kelompok lain bertanya, menyanggah dan menanggapi.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MIM KAMULAN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit (1
x Pertemuan)
A. STANDAR KOMPETENSI
9. Memahami Matahari
sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya.
B. KOMPETENSI DASAR
9.3 Menjelaskan
terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan.
C. INDIKATOR
1.
Menjelaskan pengertian
gerhana.
2.
Membedakan bayangan umbra dan penumbra
3.
Menjelaskan proses terjadinya gerhana
bulan total
4.
Menjelaskan proses terjadinya gerhana
bulan sebagian
5.
Menjelaskan proses terjadinya gerhana bulan penumbra
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui Poster
Comment diharapkan
peserta didik mampu:
1.
Menjelaskan pengertian
gerhana dengan tepat.
2.
Membedakan bayangan umbra dan penumbra
dengan tepat.
3.
Menjelaskan proses terjadinya gerhana
bulan total dengan tepat.
4.
Menjelaskan proses terjadinya gerhana
bulan sebagian dengan tepat.
5.
Menjelaskan proses terjadinya gerhana bulan penumbra dengan tepat.
E. MATERI PEMBELAJARAN
Gerhana
adalah peristiwa tertutupnya benda langit oleh benda langit yang lain |
|
Gerhana Bulan ada 3 macam : Gerhana bulan total,
sebagian dan penumbra GERHANA BULAN TOTAL DAN BULAN SEBAGIAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
F. METODE PEMBELAJARAN |
|
|
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No. |
Kegiatan Pembelajaran |
Waktu |
|
Kegiatan Guru |
Kegiatan Siswa |
||
1 |
Pra Kegiatan |
|
5 Menit |
·
Menyampaikan salam kepada semua peserta didik ·
Mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing · Melakukan presensi untuk mengawali pembelajaran. · Mengkondisikan suasana kelas |
·
Menjawab salam · Berdoa bersama sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing · Memperhatikan guru ·
Mengkonsdisikan diri |
1 menit 1 menit 1 menit 2 menit |
|
2 |
Kegiatan Awal |
|
5 Menit |
|
a.
Apersepsi Menyampaikan informasi aktual tentang gerhana
matahari total tanggal 9 Maret 2016 b.
Eksplorasi
materi · Menanyakan
kepada siswa tentang materi yang telah lalu tentang gerakan bumi dan bulan · Menyampaikan
materi yang akan dipelajari “ Anak-anak
hari ini kita akan mempelajari Gerhana Bulan”. c.
Eksplorasi
Tujuan Menyampaikan
tujuan pembelajaran |
· Diharapkan siswa bertanya/
menjawab · Diharapkan ada tanya
jawab dan siswa menjawab · Memperhatikan
penjelasan dari guru · Memperhatikan
penjelasan guru |
1 menit 3 menit 1 menit |
3 |
Kegiatan Inti |
|
40 Menit |
|
a.
Eksplorasi Konsep ·
Siswa sudah terbagi
dalam 5 kelompok, guru membimbing para siswa menentukan kepengurusan kelompok ·
Menjelaskan konsep
Gerhana · Memberikan kesempatan
kepada siswa bertanya tentang materi yang belum dimengerti. b.
Elaborasi ·
Memberikan arahan
tentang kegiatan belajar mengomentari poster ·
Tiap Kelompok
diberikan LKK dan gambar · Menyuruh siswa
berdiskusi sesuai dengan LKK. c.
Konfirmasi ·
Tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan sesuai tugas
yang diberikan (menilai kegiatan siswa) · Membimbing tiap
kelompok agar memberi kesempatan kelompok lain bertanya, menyanggah dan
menanggapi |
· Membentuk kepengurusan
kelompok terdiri dari ketua, sekretaris dan jurubicara. · Memperhatikan
penjelasan dari guru ·
Bertanya kepada guru · Memperhatikan arahan
dari guru · Mendapatkan LKK dan gambar · Mengerjakan LKK · Mempresentasikan hasil kinerja kelompok (mengomentari gambar) ·
Memperhatikan
bertanya, menyanggah dan menanggapi |
5 menit 10 menit 25 menit |
4 |
Kegiatan Penutup |
|
20 Menit |
|
a.
Simpulan Bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan b.
Evaluasi Membimbing siswa melakukan
evaluasi c.
Refleksi ·
Memberikan
kesempatan kesempatan kepada Siswa
untuk mengungkapkan kesan ataupun pertanyaan tentang pembelajaran yang telah
dilaksanakan ·
Memberikan pesan
moral, memberi motivasi.penyemangat kepada siswa. ·
Menyampaikan
pencapaian kompetensi yang dicapai pada kegiatan belajar yang telah dilakukan d.
Tindak Lanjut Meminta
kepada siswa untuk mempelajari materi tentang gerhana matahari. e.
Penutup Menutup pembelajaran
dengan salam |
·
Siswa bertanya
tentang hal yang belum diketahui dan belum dimengerti ·
Mengerjakan evaluasi · Mengungkapkan kesan atau pertanyaan tentang pembelajaran · Memperhatikan penjelasan dari guru · Memperhatikan penjelasan dari guru Memperhatikan
penjelasan dari guru Menjawab
salam |
3 menit 12 menit 2 menit
2 menit 1 menit |
H. MEDIA PEMBELAJARAN
·
Alat / Bahan
: Alat tulis, LCD, LKK
· Sumber Belajar : Suhartanti,dkk. Ilmu Pengetahuan Alam
BSE Kelas VI SD/MI ( Semarang: PT. Bengawan Ilmu, 2008) halaman 134
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
a.
Penilaian proses
b. Penilaian
hasil
2.
Jenis Penilaian
1.
Tes : Unjuk
Kerja dan Tes Tulis
2.
Non tes :
Pengamatan
3.
Bentuk Penilaian
1.
Penilaian
2.
Pengamatan
4.
Alat Penilaian
1.
Soal Uraian
2.
Soal Unjuk Kerja
3.
Lembar pengamatan
J.
Lampiran-lampiran
a.
Lembar kerja kelompok
dan pensekoran
b.
Lembar pengamatan dan
rubrik penilaian
c.
Lembar Unjuk Kerja dan
Tes Tulis
d.
Format Penilaian Hasil
e.
Rubrik Penilaia
Mengetahui, Kepala Madrasah ANAWIYAH,
S.Ag, M.Pd |
|
Kamulan ,
.............................. Guru Kelas MUSLIKAH |
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar