Rabu, 04 November 2020

HARI RABU YANG DIRINDUKAN

 

Sesungguhnya orang yang paling utama di antara kalian

adalah yang belajar Alquran dan mengajarkannya.

(HR. Bukhari)


 

Hari yang paling saya tunggu kedatangannya adalah Hari Rabu, karena di hari itu belajar Alquran, dibimbing Bapak Haji Rumani. Memperbaiki/memperindah bacaan, tempo membaca, mahrojul huruf dan tajwid. Bapak/Ibu guru MIM Kamulan dengan antusias  mendatangi majelis ilmu di Hari Rabu ini karena ingin belajar tahsin Alquran. Selain itu mereka sadar akan keutamaan mempelajari Alquran. Manfaat mempelajari dan membaca Alquran ini antara lain: (1) Menjadi orang yang paling mulia, (2) Keluarga Allah di bumi, (3)Mendapat pahala yang berlipat ganda, (4)Melembutkan hati.

Pertama, orang yang paling mulia. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh  Ibnu Abbas menjelaskan orang tidak mempunyai hafalan Alquran seperti rumah kumuh yang akan runtuh. Sangat menyedihkan. Begitu pula dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al- Hakim menjelaskan siapapun yang membaca Alquran, maka sesungguhnya dirinya telah menaiki derajat kenabian, hanya saja tidak diwahyukan kepadanya.

Kedua, Keluarga Allah di bumi. Hafidz Qur’an  adalah keluarga Allah yang ada di bumi. Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad yang berbunyi, “ Sesungguhnya  Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, “Siapa mereka  ya Rosulullah?” Rosulullah menjawab, “Para ahli Alquran. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya.”

Ketiga, Mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Rosulullah pernah bersabda yang artinya: ‘’ Barang siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu hasanah, dan hasanah itu akan dilipatgandakan sepuluh kali. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, namun Alif satu huruf, Lam satu huruf, Mim satu huruf”’. (HR. Turmudzi)

Keempat, Melembutkan hati. Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah berkata,” Barang siapa menjaga waktunya dengan dizikrullah (mengingat Allah), membaca Alquran, berteman dengan orang-orang baik, dan menjauhi pertemanan dengan orang-orang lalai dan buruk, niscaya akan menjadi baik dan lembut hatinya”.

Alhamdulillah, hari ini anak-anak kelas IV telah hafal surat Al-Balad. Hari Rabu yang penuh berkah, pada Minggu pertama Bulan November yang penuh makna. Sehingga hari ini mereka melanjutkan menghafal surat Al-Fajr ayat 1 sampai dengan 6. Begitulah tugas saya di hari Rabu belajar dan mengajarkan Alquran. Sebelum masa pandemi covid-19, waktu sholat jamaah dhuhur di Masjid Al Fajar, milik MIM Kamulan. Ketika imam sholat membaca surat Al-fajr sangat terkesan. Sangat menyentuh hati. Ternyata surat ini mengemukakan umat yang ditimpa azab, beberapa sifat manusia yang tercela, serta menegaskan kemuliaan yang diberikan Allah SWT kepada hambaNya yang berjiwa tenang. Semoga kegiatan ini membawa keberkahan di dunia dan di akhirat. Aamiin

1 komentar: