Menjelang
pelaksanaan AKG kedua bagi guru madrasah, hangat diperbincangkan kisi-kisi dan
materi yang akan diujikan. Para guru berusaha untuk mencari dan menemukan
materi dan contoh soal yang nanti akan digunakan. Bahkan mereka berusaha untuk
belajar lebih awal mengingat AKG untuk mengukur tingkat profesionalitas guru.
Tujuan AKG
Profesi
guru merupakan profesi khusus, yang memerlukan persyaratan kompetensi dan
perlakuan yang khusus pula untuk penjaminan mutu keprofesionalitasnya. Assesment
Kompetensi Guru mempunyai tujuan untuk memetakan kompetensi guru madrasah
sebagai acuan dalam pembinaan dan pengembangan profesi guru. Guru madrasah
penerima penghargaan dan kesejahteraan yang bersifat khusus perlu ada
keseimbangan antara kompetensi yang dimiliki dengan penghargaan dan
kesejahteraan yang diterimanya. Semoga hasil AKG selaras dengan kesejahteraan
yang diterima oleh para guru. Aamiin.
Manfaat AKG
Bagi
guru hasil Assesmen ini merupakan informasi terhadap kompetensi yang dimiliki
sehingga bisa digunakan sebagai dasar untuk memprioritaskan upaya dalam
meningkatkan kompetensinya secara mandiri atau secara bersama-sama. Bagi sekolah/madrasah
hasil assesment membantu pengelola madrasah untuk mengetahui peta kompetensi
guru serta sebagai bahan dalam menyusun rencana pengembangan madrasah terutama
dalam meningkatkan sumber daya manusia di madrasah sesuai dengan visi dan misi
madrasah. Sehingga mutu lulusan semakin baik.
Para
guru berharap soal sesuai dengan ketentuan yang banyak diperbincangkan di WAG
yang memuat kompetensi paedagogi dan kompetensi professional saja.
Assesment Pedagogi
a. |
Menguasai karakteristik peserta didik
dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. |
b. |
Menguasai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik |
c. |
Mengembangkan kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. |
d. |
Menyelenggarakan pembelajaran yang
mendidik. |
e. |
Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk kepentingan pembelajaran |
f. |
Memfasilitasi pengembangan potensi
peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. |
g. |
Berkomunikasi secara efektif, empatik,
dan santun dengan peserta didik. |
h. |
Menyelenggarakan penilaian dan
evaluasi proses dan hasil belajar. |
i. |
Memanfaatkan hasil penilaian dan
evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. |
j. |
Melakukan tindakan reflektif untuk
peningkatan kualitas pembelajaran. |
Assesment Profesional
a. |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |
b. |
Menguasai
kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
diampu. |
c. |
Mengembangkan materi pembelajaran yang
diampu secara kreatif. |
d. |
Mengembangkan
keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif |
e. |
Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. |
Mantab bu..
BalasHapusTerimakasih Pak Imam Sanusi
BalasHapus