Jumat, 06 November 2020

RAPAT KKM DAN KKG MENJELANG ASSESMENT KOMPETENSI GURU, KEPALA DAN PENGAWAS MADRASAH

 


Hari Selasa tanggal 3 November 2020, mendapat tugas dari ketua KKG untuk mengikuti  Rapat KKM dan Ketua KKG. Karena Beliau ada kegiatan maka mandat diteruskan pada saya untuk mewakilinya. Padahal menjelang tanggal 9 dan 10 November 2020 merupakan persiapan dan pembimbingan KSMO provinsi. Buah simalakama. Adelin sudah menunggu di ruangan biasanya kami belajar bersama. Membahas soal-soal Kompetensi Sains Madrasah Online (KSMO). Tapi tugas dari ketua juga harus dilaksanakan, mengingat pentingnya acara. Beliau benar-benar ada kepentingan yang tidak bisa ditinggalkan. Sebagai pengurus KKG pantang menolak tugas. Melihat Adelin yang disiplin datang lebih awal juga tak tega jika ditinggalkan.

Segera menentukan sikap, dengan pelan-pelan menjelaskan pada Adelin tugas saya pagi ini. Guru bisa saja seenaknya membatalkan belajar bersama. Namun guru memiliki kompetensi sosial yang harus diterapkan. Salah satunya melakukan komunikasi yang tepat, baik terhadap siswa, wali murid dan teman sejawat. Untungnya Adelin anak yang mudah tanggap, segera saya antar pulang. Karena ibunya sudah berangkat kerja. Tentunya tidak bijak meninggalkan ia seorang diri di sekolah.

Setelah mengantar Adelin, berangkatlah ke tempat rapat.  Hasil rapat terkait kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS), pengisian aplikasi pengurus KKG, program KKG, pendaftaran peserta Assesment Kompetensi Guru, serta pembinaan dari Pengawas Madrasah. Untuk kegiatan PAS di masa Pandemi covid-19, tugas KKG hanya menyusun kisi-kisi soal saja. Sedangkan soal dibuat oleh madrasah masing-masing. Untuk pengisian aplikasi pengurus KKG, setelah menerima filenya akan didiskusikan dengan pengurus yang lain.

Program KKG pada masa pandemi covid-19 ini memang sempat kurang aktif. Karena prokes social distanching dan physichal distanching. Setelah nanti benar-benar aman siap untuk melakukan kegiatan bersama. Terkait Assesment Kompetensi Guru (AKG),  Assesment Kompetensi Kepala (AKK) dan Assesment Kompetensi Pengawas (AKP) akan dilaksnakan tanggal 19 sampai dengan 23 November 2020. Sehingga mulai tanggal 5-12 November segera diadakan pendataan peserta Assesment Kompetensi Guru (AKG), Assesment Kompetensi Kepala (AKK) dan Assesment Kompetensi Pengawas (AKP). Ditegaskan data peserta yang sudah diinput dipastikan tidak mengalami perubahan/revisi karena akan dijadikan bahan untuk penetapan  keputusan pihak berwenang.

Sedangkan dalam melakukan pembinaan Pengawas Madrasah mengharapkan para guru pendamping KSMO, untuk menyiapkan peserta didik sebaik-baiknya. Proses pembelajaran yang baik dan benar memang perlu, namun nilai akademik perlu diraih dengan sempurna. Bila perlu guru dan orang tua sepakat mencarikan lembaga bimbingan belajar bagi siswanya.

2 komentar: