Jumat, 26 Februari 2021

Level Soal dalam Ujian Madrasah

 

Jika saya menulis  tentang  penilaian HOTS bukan berarti paham sekali materi tersebut. Namun, karena rasa ingin tahu terhadap materi penilaian HOTS. Berhari-hari perbincangan tentang materi ini riuh didiskusikan para guru pengampu mapel kelas VI. Ada yang menanggapi serius karena mempersiapkan diri bila sekolah benar-benar ingin membuat kisi-kisi soal secara mandiri. Karena ini kewenangan sekolah. Ada pula guru yang santai menanggapi karena sudah dibuatkan oleh tim khusus di Majelis Dikdasmen organisasi tertentu.   

Tadi pagi beberapa guru sudah ada yang mengupas dari akar penilaian HOTS yang merupakan penilaian dalam kurikulum 2013. Suatu proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa. Penilaian hasil belajar di MI/sekolah dasar meliputi sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Penilaian sikap dilakukan melalui observasi/pengamatan dan teknik lain yang relevan. Penilaian pengetahuan dilaksanakan melalui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang dinilai.Penilaian ketrampilan dilakukan melalui praktik, produk, proyek, portofolio, dan lain-lain. Dalam melaksanakan penilaian harus memenuhi prinsip penilaian diantaranya: sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan, sistematis, beracuan  kriteria, dan akuntabel.

Sejatinya para guru mulai bisa memahami pedoman dalam penulisan soal HOTS. Materi yang ditanyakan diukur  menggunakan perilaku sesuai ranah kognitif HOTS pada level menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Selain itu setiap pertanyaan diberi stimulus berbentuk sumber/bahan bacaan seperti teks bacaan, paragraf , kasus, gambar, grafik, foto, rumus, tabel dan lain-lain. Maksudnya soal HOTS mengukur kemampuan tingkat tinggi dan menggunakan stimulus berbasis permasalahan kontekstual. Mengukur  kemampuan tingkat tinggi adalah proses menganalisis, merefleksi, memberikan alasan, menyusun dan menciptakan. Sedangkan menggunakan stimulus berbasis permasalahan kontekstual berupa teks bacaan, paragraf , kasus, gambar, grafik, foto, rumus dan tabel. Dengan tujuan siswa mampu menerapkan konsep pembelajaran yang ditekuni di kelas ke dalam kehidupan nyata.

Bentuk-bentuk soal HOTS

Bentuk-bentuk soal HOTS antara lain: pilihan ganda, isian singkat, jawaban singkat dan uraian. Sedangkan yang digunakan untuk soal UM adalah pilihan ganda dan uraian.  Pada soal pilihan ganda, konstruksinya terdiri dari pokok soal (stem) dan pilihan jawaban (option). Untuk pilihan jawaban di tingkat MI terdiri dari A, B, C, D, yang mengandung satu kunci jawaban dan pengecoh. Yang dimaksud kunci jawaban adalah jawaban yang benar/paling benar dan pengecoh (distractor) adalah jawaban tidak benar. Pada soal HOTS  bentuk PG ini siswa harus menemukan jawaban soal terkait dengan stimulus menggunakan konsep pengetahuan yang dimiliki dan kemampuan melakukan penalaran. Pada soal uraian mengharapkan siswa mampu menjawab pertanyaan dengan cara mengorganisasi gagasan yang telah mereka pelajari. Dan mengungkapkannya kembali secara tertulis menggunakan kalimatnya sendiri.

Contoh Soal level 1

            Level 1 ini merupakan level kognitif pengetahuan dan pemahaman mencakup proses berfikir  mengetahui (C1) dan memahami (C2).


 Mata Pelajaran IPA Kelas VI

Bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis adalah….

     A.  bunga 

     B.  daun

     C.  batang

     D.  akar


Contoh soal level 2

Level 2 merupakan ranah berfikir kognitif aplikasi yang mencakup dimensi proses berfikir menerapkan/aplikasi(C3). Level ini membutuhkan kemampuan berfikir yang lenih tinggi dari kemampuan dan pemahaman.

Soal Matematika  Kelas VI

Nana membeli 3 kotak pensil. Jika tiap kotak berisi 12 pena, maka jumlah seluruh pena yang dibeli Nana adalah….

      A. 16

      B.  32

      C. 36

      D.  42


Contoh soal level 3

 Level 3 merupakan level penalaran. Level kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS). Karena untuk menjawab soal jenis ini membutuhkan kemampuan mengingat, memahami, menerapkan pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural serta kemampuan melogika dan menalar.


 

Soal IPA kelas VI



Perhatikan jaring-jaring makanan di atas!

Apabila populasi ayam dan katak berkurang, maka….

A. Populasi rumput berkurang

B. Populasi tikus bertambah

C. Populasi ular akan berkurang

D. Populasi  katak berkurang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar