Jika
saya menulis tentang penilaian HOTS bukan berarti paham sekali
materi tersebut. Namun, karena rasa ingin tahu terhadap materi penilaian HOTS.
Berhari-hari perbincangan tentang materi ini riuh didiskusikan para guru
pengampu mapel kelas VI. Ada yang menanggapi serius karena mempersiapkan diri
bila sekolah benar-benar ingin membuat kisi-kisi soal secara mandiri. Karena
ini kewenangan sekolah. Ada pula guru yang santai menanggapi karena sudah
dibuatkan oleh tim khusus di Majelis Dikdasmen organisasi tertentu.
Tadi
pagi beberapa guru sudah ada yang mengupas dari akar penilaian HOTS yang
merupakan penilaian dalam kurikulum 2013. Suatu proses pengumpulan dan
pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa. Penilaian
hasil belajar di MI/sekolah dasar meliputi sikap, pengetahuan dan ketrampilan.
Penilaian sikap dilakukan melalui observasi/pengamatan dan teknik lain yang
relevan. Penilaian pengetahuan dilaksanakan melalui tes tertulis, tes lisan,
dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang dinilai.Penilaian ketrampilan
dilakukan melalui praktik, produk, proyek, portofolio, dan lain-lain. Dalam
melaksanakan penilaian harus memenuhi prinsip penilaian diantaranya: sahih,
objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan, sistematis,
beracuan kriteria, dan akuntabel.
Sejatinya
para guru mulai bisa memahami pedoman dalam penulisan soal HOTS. Materi yang
ditanyakan diukur menggunakan perilaku
sesuai ranah kognitif HOTS pada level menganalisis,
mengevaluasi dan mencipta. Selain itu setiap pertanyaan diberi stimulus berbentuk sumber/bahan bacaan seperti
teks bacaan, paragraf , kasus, gambar, grafik, foto, rumus, tabel dan
lain-lain. Maksudnya soal HOTS mengukur kemampuan tingkat tinggi dan
menggunakan stimulus berbasis permasalahan kontekstual. Mengukur kemampuan tingkat tinggi adalah proses
menganalisis, merefleksi, memberikan alasan, menyusun dan menciptakan.
Sedangkan menggunakan stimulus berbasis permasalahan kontekstual berupa teks
bacaan, paragraf , kasus, gambar, grafik, foto, rumus dan tabel. Dengan tujuan
siswa mampu menerapkan konsep pembelajaran yang ditekuni di kelas ke dalam
kehidupan nyata.
Bentuk-bentuk soal HOTS
Bentuk-bentuk
soal HOTS antara lain: pilihan ganda, isian singkat, jawaban singkat dan uraian.
Sedangkan yang digunakan untuk soal UM adalah pilihan ganda dan uraian. Pada soal pilihan ganda,
konstruksinya terdiri dari pokok soal
(stem) dan pilihan jawaban (option). Untuk pilihan jawaban di tingkat MI
terdiri dari A, B, C, D, yang mengandung satu kunci jawaban dan pengecoh. Yang
dimaksud kunci jawaban adalah jawaban yang benar/paling benar dan pengecoh (distractor)
adalah jawaban tidak benar. Pada soal HOTS bentuk PG ini siswa harus menemukan jawaban
soal terkait dengan stimulus menggunakan konsep pengetahuan yang dimiliki dan
kemampuan melakukan penalaran. Pada soal
uraian mengharapkan siswa mampu menjawab pertanyaan dengan cara
mengorganisasi gagasan yang telah mereka pelajari. Dan mengungkapkannya kembali
secara tertulis menggunakan kalimatnya sendiri.
Contoh Soal level 1
Level 1 ini merupakan level kognitif
pengetahuan dan pemahaman mencakup proses berfikir mengetahui (C1) dan memahami (C2).
Bagian tumbuhan yang
berfungsi sebagai tempat fotosintesis adalah….
A. bunga
B. daun
C. batang
D. akar
Contoh soal level 2
Level
2 merupakan ranah berfikir kognitif aplikasi yang mencakup dimensi proses
berfikir menerapkan/aplikasi(C3). Level ini membutuhkan kemampuan berfikir yang
lenih tinggi dari kemampuan dan pemahaman.
Soal
Matematika Kelas VI
Nana membeli 3 kotak
pensil. Jika tiap kotak berisi 12 pena, maka jumlah seluruh pena yang dibeli Nana adalah….
A. 16
B. 32
C. 36
D. 42
Contoh soal level 3
Level 3 merupakan level penalaran. Level
kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS). Karena untuk menjawab soal jenis ini
membutuhkan kemampuan mengingat, memahami, menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual dan prosedural serta kemampuan melogika dan menalar.
Soal IPA kelas VI
Perhatikan jaring-jaring makanan di atas!
Apabila populasi ayam dan katak berkurang, maka….
A. Populasi rumput berkurang
B. Populasi tikus bertambah
C. Populasi ular akan berkurang
D. Populasi katak berkurang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar