Rabu, 01 Desember 2021

Part III (Resum): Guru Sebagai Agen Pembelajaran

 

A.  Kecerdasan Membangun Komunikasi Seorang Guru

Komunikasi  bagi guru merupakan media transformasi. Guru  memanfaatkan 70% waktu untuk berbicara di dalam kelas. Melihat rasio tersebut guru tidak boleh berkomunikasi seenaknya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam berkomukasi efektif: pandai bermain intonasi, memperhatikan tutur kata, memperhatikan lawan bicara, hindari penggunaan bahasa asing dan ilmiah yang membingungkan siswa, gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, mampu menyelipkan humor. Selain itu guru patut mematuhi etika berbicara. Memiliki kecerdasan  menyesuaikan pembicaraan pada forum formal dan non formal. Pandai melihat lawan bicara (siswa, teman sejawat, wali murid, atasan), dengan cara mengormati lawan bicara.

B.  Guru Sebagai Agen Pembelajaran

Guru dianggap menjadi agen pembelajaran karena mampu memfasilitasi siswa agar dapat belajar secara nyaman dan berhasil menguasai kompetensi yang sudah ditentukan. Untuk itu guru perlu merancang agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar dengan hasil yang optimal. Guru adalah pendidik yang memiliki tugas utama mendidik, mengajar, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru dikategorikan professional jika memiliki keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.

C.  Pengembangan  Kompetensi Profesi Guru

Kompetensi akademik guru diperoleh leawat pendidikan akademik tingkat universitas. Sedangkan kompetensi professional diperoleh melalui pemdidikan profesi. Secara akademik guru harus terampil membantu siswa memahami ilmu pengetahuan. Mengembangkan daya pikir siswa siswa secara logis, kritis, sistematis, kreatif dan cerdas. Guru mampu memberikan pelajaran dengan pendekatan edukatif berbasis psikologis. Guru mampu menggunakan pendekatan pembelajaran sesuai zaman, mengoperasikan komputer dan menguasai ICT. Memiliki kemauan mengasah kualitas kecerdasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar