Saat ini banyak diperbincangkan rencana pembelajaran baru yang menggunakan istilah LOKR.
Dalam rencana pembelajaran tersebut membahas pula tentang “Domain Anti Kekerasan”. Mungkin
ini adalah rencana pembelajaran dan proses pembelajaran terbaru. Karena sebelumnya
belum pernah ada istilah aktivitas “Domain Anti
Kekerasan”. Tahapan aktivitas pembelajaran sama dengan pembelajaran pada
umumya yang terdiri dari: (1)Kegiatan Pendahuluan, (2)Kegiatan Inti, (3)Kegiatan
Penutup.
Pada
tahapan pendahuluan ini kegiatannya ada tiga antara lain: (1) 3S. Senyum, Salam, Sapa, (2)Berdoa. Memerintahkan salah satu peserta
didik untuk memimpin doa, (3)Apersepsi. Mengaitkan
materi yang akan disampaikan dengan pengalaman peserta didik terkait materi
tersebut., (4) Motivasi. Menyampaikan
motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan
mempelajari materi. Sampai pada tahapan ini belum ada perbedaan dengan rencana
pembelajaran sebelumnya.
Pada
tahap kegiatan inti mulai nampak ada
perbedaan yang cukup mencolok. Rencana pembelajaran domain kekerasan ini
tertera pesan sebagai berikut:
Domain |
: |
anti kekerasan |
Sub domain |
: |
tidak mengembangkan sikap rasis dan
diskriminatif terhadap perbedaan
agama, ras, suku , budaya dan golongan |
Tingkat kemahiran |
: |
cakap |
Dalam fase ini terdapat istilah LOKR. Makna LOKR= Literasi, Orientasi, Kolaborasi, Refleksi. Tahap literasi. Aktivitas Guru memberikan stimulus yang dapat menstimulus daya kritis dan rasa ingin tahu peserta didik terhadap fenomena sosial budaya. Aktivitas peserta didik, mengamati infografis dan menjawab pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan. Siswa ditunjukan sebuah infografis. Kemudian siswa dibimbing menggunakan beberapa pertanyaan terbuka. Contohnya:
Petunjuk yang harus dijawab siswa: (1)Apa yang kamu ketahui
tentang diskriminasi ras dan etnis? (2)Berdasarkan infografis tersebut,
fakta-fakta apa yang sesuai dengan kepentingan Bangsa Indonesia terkait
diskriminasi ras dan etnis? (3)Sikap apa yang akan kamu lakukan jika melihat
perilaku yang menunjukkan adanya diskriminasi di lingkungan sekolahmu? (4)Tuliskan
kesimpulan yang sesuai dengan informasi pada infografis! (5)Bagaimana gagasanmu
dalam menyikapi terjadinya diskriminasi ras dan etnis berdasarkan infografis
tersebut?
Kegiatan
literasi tersebut memiliki esensi teori untuk membentuk pembiasaan literasi dan
berpikir tingkat tinggi. Peningkatan kompetensi yang diharapkan dapat menyimpulkan
sebuah fakta, mengambil keputusan, dan menuangkan ide/gagasan terhadap sebuah
pemasalahan.
Pada tahap Orientasi Aktivitas Guru, tugas guru
mengkonstruksi pengetahuan peserta didik terhadap nilai-nilai yang sesuai
dengan domain Anti Kekerasan. Aktivitas peserta didik adalah menganalisis
pernyataan-pernyataan anti diskriminasi dan peristiwa serta nilai-nilai anti
diskriminasi di lingkungan. Contoh aktivitas siswa mengikuti petunjuk yang
telah disiapkan oleh guru sebagai berikut:
Petunjuk: (1)Isilah kolom jenis
diskriminasi dengan: agama, ras, suku, budaya dan golongan! (2)Berilah tanda
centang pada kolom benar dan salah terhadap pertanyaan yang tersedia pada kolom pertanyaan!(3)Tuliskan alasan yang
tepat mengapa memilih benar/salah?
No |
Pernyataan |
Jenis diskriminasi |
Benar |
Salah |
Alasan |
1 |
Memberikan
perlakuan yang berbeda terhadap waraga
yang beragama lain |
|
|
|
|
2 |
Guru
terlalu memperhatikan siswa-siswinya yang cerdas |
|
|
|
|
3 |
Rumah
sakit yang tidak memberikan yang baik kepada warga miskin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Guru
yang tidak menghargai siswa yang berasal dari suku bangsa selain jawa |
|
|
|
|
5 |
Pekerja
yang mendapat pengurangan gaji karena melaksanakan ibadah wajib |
|
|
|
|
Untuk
lebih meningkatkan kompetensi yang diharapkan siswa akan melakukan aktivitas (Zona Perkembangan Proksimal/ZPD berupa
tugas yang menantang). Peserta didik mampu menganalisis dan menilai fenomena
sosial budaya terkait nilai anti kekerasan. Contoh kegiatannya siswa akan
mengerjakan tugas melengkapi bagan yang disiapkan guru tentang peristiwa dan
nilai-nilai anti diskriminasi di lingkungan.
Pada
tahap kolaborasi aktivitas Guru dapat memerintahkan peserta didik untuk
berkolaborasi, membangun kebersamaan, membiasakan berpendapat dan menerima
pendapat dari temannya. Sedangkan aktivitas peserta didik mendiskusikan tentang
peristiwa yang mencerminkan diskriminasi dalam masyarakat dan rencana tindakan
yang akan dilakukan untuk mencegah terjadinya peristiwa tersebut dalam
kehidupan-sehari-hari.
Manfaat
dari aktivitas tersebut adalah peserta didik diharapkan dapat memilih berbagai
tindakan/solusi yang tepat berkaitan dengan anti kekerasan sub domain tidak
mengembangkan sikap rasis dan diskriminatif terhadap perbedaan agama, ras,
suku, budaya, dan antar golongan pada level kognitif penerapan.
Peningkatan
Kompetensi berupa (Zona Perkembangan
Proksimal/ZPD tugas yang menantang) Peserta didik mampu Menganalisis dan
menilai fenomena sosial budaya dengan nilai anti kekerasan. Contoh kegiatan:
Petunjuk: (1)Buatlah kelompok dengan bantuan gurumu! (2)Melalui diskusi isilah kolom satu dengan peristiwa yang menunjukkan diskriminasi dalam lingkungan! (3) Kolom kedua isilah dengan pandangan agama terhadap peristiwa diskriminasi yang kamu temukan! (4) Kolom ketiga isilah tindakan yang akan kamu lakukan jika menemui peristiwa diskriminasi di lingkungan!
No |
Peristiwa
di masyarakat |
Pandangan
agama |
Tindakanmu |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pada
tahap Refleksi Aktivitas Guru menilai bagaimana respon siswa dalam sebuah
pembelajaran. Aktivitas peserta didik menuliskan hal-hal yang telah dipelajari,
kesulitan-kesulitan selama pembelajaran, sikap yang harus dikembangkan setelah
pembelajaran dan menuliskan kesimpulan dari materi yang telah diterima.
Contoh aktivitas: Jawablah pertanyaan berikut sebagai bahan refleksi dari pembelajaran hari ini!
1. 1) Pengetahuan apakah yang telah kamu pelajari hari ini?
2. 2) Materi manakah yang kamu anggap sulit dimengerti, mengapa?
3. 3) Sikap apa yang harus kamu kembangkan setelah mengikuti pembelajaran hari ini?
4. 4) Tulislah kesimpulan yang kamu dapatkan dari pembelajaran hari ini!
Manfaat
dari mengerjakan tahap refleksi ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon
siswa dalam sebuah pembelajaran atau penyampaian sebuah materi; agar guru bisa
memahami apa saja kelemahan dan kekurangan dari sebuah pembelajaran yang telah
dilakukan di kelas.
Pada
kegiatan penutup yang dilakukan adalah memberi motivasi, doa, salam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar