Guru juga perlu memahami supervisi pembelajaran, sehingga siap ketika kepala madrasah melakukan supervisi terhadap guru terkait pembelajaran yang dilakukan. Manfaat supervisi pembelajaran adalah memberikan informasi kepada guru tentang kelebihan dan kekurangan dalam hal: menyusun perencanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menyusun instrumen. Selain itu juga sebagai bahan refleksi guru dalam rangka meningkatkan wawasan, kompetensi, dan profesionalismenya. Meskupun demikian banyak guru yang merasa jengah ketika kepala madrasah melakukan supervisi.
Program dalam supervisi pembelajaran di antaranya: (1) Pembinaan dan pembimbingan terhadap kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian. (2)Usaha – usaha perbaikkan pembelajaran dengan teknik – teknik supervisi. Dalam supervisi pembelajaran kepala sekolah juga harus menyiapkan instrumen yang diperlukan dalam kegiatan tersebut. Pada supervisi perencanaan pembelajaran, harus disiapkan instrumen perencanaan pembelajaran, pada pelaksanaan pembelajaran harus disediakan instrumen pelaksanaan pembelajaran. Pada supervisi penilaian pembelajaran supervisor harus menyiapkan instrumen penilaian meliputi penilaian pembelajaran, analisis hasil penilaian, dan tindak lanjut.
Dalam melaksanakan supervisi pembelajaran terdapat teknik
supervisi individu dan teknik supervisi
kelompok. Dalam teknik supervisi individu terdiri dari 4 teknik: (1)Kunjungan kelas,
(2)Kunjungan observasi, (3)Pertemuan individual, (4)Kunjungan antar kelas.
Sedangkan pelaksanaan supervisi kelompok dilakukan dengan cara: (1)Mengadakan pertemuan,
(2) Mengadakan diskusi kelompok, (3)Mengadakan Pelatihan, (4)Mengadakan
Implementasi tindak lanjut hasil pelatihan guru.
Kepala madrasah perlu menyusun rencana jadwal supervisi yang akan dilakukan
di tempat tugasnya:
No |
Tanggal |
Nama
Guru |
Aspek
Supervisi |
Keterangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Setelah dilakukan supervisi kepala madrasah perlu merencanakan
tindak lanjut dari hasil identifikasi masalah hasil temuan pembelajaran:
No. |
Aspek Yang Diidentifikasi |
Masalah Yang Ditemukan |
Alternatif Pemecahan Masalah/ Tindak Lanjut |
1 |
Perangkat Pembelajaran |
||
2 |
Proses Pembelajaran |
||
3 |
Penilaian Pembelajaran |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar