Rabu, 29 Desember 2021

Teknik Supervisi Pembelajaran

 

Guru juga perlu memahami supervisi pembelajaran, sehingga siap ketika kepala madrasah melakukan supervisi terhadap guru terkait pembelajaran yang dilakukan. Manfaat supervisi pembelajaran adalah memberikan informasi kepada guru tentang kelebihan dan kekurangan dalam hal: menyusun perencanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menyusun instrumen. Selain itu juga sebagai bahan refleksi guru dalam rangka meningkatkan wawasan, kompetensi, dan profesionalismenya. Meskupun demikian banyak guru yang merasa jengah ketika kepala madrasah melakukan supervisi.

Program dalam supervisi pembelajaran di antaranya: (1) Pembinaan dan pembimbingan terhadap kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian. (2)Usaha – usaha perbaikkan pembelajaran dengan teknik – teknik supervisi. Dalam supervisi pembelajaran kepala sekolah juga harus menyiapkan instrumen yang diperlukan dalam kegiatan tersebut. Pada supervisi perencanaan pembelajaran, harus disiapkan instrumen perencanaan pembelajaran, pada pelaksanaan pembelajaran harus disediakan instrumen pelaksanaan pembelajaran. Pada supervisi penilaian pembelajaran supervisor harus menyiapkan instrumen penilaian meliputi penilaian pembelajaran, analisis hasil penilaian, dan tindak lanjut.

Dalam melaksanakan supervisi pembelajaran terdapat teknik supervisi individu dan teknik supervisi kelompok. Dalam teknik supervisi individu terdiri dari 4 teknik: (1)Kunjungan kelas,  (2)Kunjungan observasi, (3)Pertemuan individual, (4)Kunjungan antar kelas. Sedangkan pelaksanaan supervisi kelompok dilakukan dengan cara: (1)Mengadakan pertemuan, (2) Mengadakan diskusi kelompok, (3)Mengadakan Pelatihan, (4)Mengadakan Implementasi tindak lanjut hasil pelatihan guru.

Kepala madrasah perlu menyusun  rencana jadwal supervisi yang akan dilakukan di tempat tugasnya:

No

Tanggal

Nama Guru

Aspek Supervisi

Keterangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah dilakukan supervisi kepala madrasah perlu merencanakan tindak lanjut dari hasil identifikasi masalah hasil temuan pembelajaran:

                                         Nama Madrasah :...................
                                         Nama Guru        :...................
                                         Kelas                  :..................


No.

Aspek Yang Diidentifikasi

Masalah Yang

Ditemukan

Alternatif Pemecahan  Masalah/ Tindak Lanjut

1

Perangkat Pembelajaran

2

   Proses Pembelajaran

3

Penilaian Pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar