Beberapa
minggu yang lalu kepala madrasah sekabupaten Trenggalek mengikuti kegiatan PKB
KKM. Salah satu materinya adalah tentang supervisi pembelajaran. Supervisi
Pembelajaran merupakan kegiatan pembinaan, pemantauan, penilaian, pembimbingan
dan pelatihan profesional guru, baik pada aspek kompetensi maupun tugas
pokoknya dalam membantu guru untuk merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi,
menganalisis, dan melakukan tindak lanjut. Objek supervisi pembelajaran:(1)Pengembangan kurikulum pada aspek
pembelajaran, (2)Perbaikan proses pembelajaran,
(3)Peningkatan mutu layanan pembelajaran
peserta didik, (4)Pemeliharaan dan perawatan atmosfir
pembelajaran di madrasah.
Sedangkan
pendekatan yang
digunakan dalam supervisi pembelajaran antara lain: (1)Pendekatan langsung (direct contact),
(2)Pendekatan tidak langsung (indirect
contact), (3)Pendekatan
kolaboratif (pendekatan yang memadukan cara
pendekatan langsung dan tidak langsung). Guru perlu mengetahui adanya supervisi
pembelajaran ini karena kegiatan tersebut memiliki fungsi yang sangat penting. Fungsi penting supervisi pembelajaran adalah: (1)Penjaminan mutu kegiatan
pembelajaran, (2) Bahan evaluasi guru untuk meningkatkan keprofesiannya dan
melakukan pembelajaran yang lebih baik, kreatif dan inovatif, (3)Instrumen
pendampingan guru dalam melakukan perbaikkan yang berkelanjutan
Tujuan supervisi
pembelajaran: (1)Memberikan pemahaman kepada peserta tentang
konsep, perencanaan, pelaksanaan,
tindak lanjut supervisi pembelajaran,
(2)Membantu perbaikan berkelanjutan
dan peningkatan pengelolaan pembelajaran sehingga terwujud kondisi proses pembelajaran yang
sebaik-baiknya di madrasah. Prinsip umum supervisi pembelajaran adalah bersifat
praktis menunjang upaya penjaminan mutu atau perbaikkan mutu secara
berkelanjutan, yaitu hasil supervisi harus menjadi sumber informasi bagi
madrasah untuk melakukan pengembangan pembelajaran bermutu dan dapat menunjang
implementasi kurikulum yang berlaku secara bermutu. Prinsip khususnya antara
lain: adaptif, praktis, demokratis, kolaboratif, konstruktif, evaluative, humanis,
berkesinambungan, memiliki manfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar