Setelah petugas dokumentasi siap membantu. Pembelajaran dengan materi pengukuran dimulai. Petugas dokumentasi pagi hari bertugas mengajar sebagai guru mengaji ummi. Kepala madrasah ikut serta masuk kelas dengan maksud melakukan penjaminan mutu. Pembelajaran dimulai dengan mengucapkan salam, menanyakan kabar, menyampaikan tujuan pembelajaran. Pada apersepsi guru menjelaskan pentingnya membuat perkiraan dan pengukuran dalam kehidupan sehari-hari.
Kemudian guru menjelaskan langkah kegiatan pembelajaran hari ini terkait dengan pengukuran menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku. Kegiatan yang menggunakan satuan tidak baku pada pembelajaran hari ini ada tiga. Pertama mengukur panjang benda, mengukur diri, mengukur lingkar perut. Mengukur dengan satuan baku mengukur dengan satuan baku mengukur menyusun keliling 12 cm, mengukur dengan penggaris10 cm dan menimbang.
Saat mengukur panjang benda alat ukur yang digunakan tutup bolpoin dan klip warna. Benda yang diukur panjang telapak tangan dan telapak kaki. Setiap anggota kelompok sebelum mengukur dengan alat ukur tidak baku, harus memperkirakan terlebih dahulu. Sedangkan mengukur diri alat ukur tetap tutup bolpoin, klip warna dan klip putih. Bagian diri yang diukur jari tangan terpanjang, telapak tangan, siku pergelangan tangan, telapak kaki dan senyum terlebar. Pada kegiatan inipun siswa harus harus memperkirakan terlebih dahulu perkiran ditulis pada kolom tang telah disiapkan.
Kegiatan yang ketiga mengukur lingkar pinggang dengan
menggunakan tali rafia. Siswa harus memperkirakan ukuran pinggang, setelah
semua anggota kelompok menentukan perkiraan ukuran pinggang langsung mengukur
pinggangnya dengan melingkarkan tali kepinggangnya. Setelah itu menempel tali
rafia pada kertas manila yang telah disiapkan. Jika panjang perkiraan lebih
pendek dari panjang lingkar pinggang sebenarnya. Maka siswa wajib menggunting
tulisan lebih pendek dan diletakkan
diantara tulisan lingkar perut saya dengan dari tali.
Pada kegiatan menyusun keliling 12 cm, siswa berlatih membuat bangun yang kelilingnya 12cm. Cara menggambar dengan menebali petak petak persegi. Siswa diminta membuat bangun dengan keliling 12 cm sebanyak mungkin. Pada kegiatan ini siswa bisa menemukan 8 sampai 12 gambar yang memiliki keliling 12cm. Meskipun waktu yang digunakan untuk kegiatan ini hampir habis, siswa masih penasaran untuk terus menemukan bangun yang kelilingnya 12 cm.
Berikutnya siswa mengukur panjang buku dengan penggaris 10
cm. Benda yang diukur bisa panjang meja, lebar buku atau panjang tempat
pensil. Sedangkan kegiatan terakhir menimbang benda dengan timbangan tepung.
Benda yang dipilih 5 buah, yang ada di kelas tersebut. Anggota kelompok harus
berdiskusi memperkirakan benda yang akan ditimbang. Setekah itu ditimbang dan
dicatat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar