1.
Judul
Rahasia Menjadi Guru Hebat
2.
Nama
Pengarang
Nama
Pengarang |
: |
Mulyana
A. Z., S.Pd., M.Psi., |
Penerbit |
: |
Gramedia
Widiasarana Indonesia (GRASINDO) |
Tahun
terbit |
: |
2010 |
Objek
Material |
: |
Interaksi |
Objek
Formal |
: |
Ilmu
yang mempelajari tentang peningkatan SDM |
4.
Klasifikasi
ilmu
dan disiplin ilmu
Klasifikasi ilmu |
: |
Ilmu
sosial |
Disiplin
ilmu |
: |
Ilmu
pendidikan |
5.
Resum
A. Bagaimana
Menjadi Guru Hebat
Guru
yang mampu meyampaikan pelajaran sampai tuntas sehingga siswa memahaminya. Guru
sebagai pendidik mempunyai tugas ganda membimbing siswanya menjadi pintar dalam hal
pelajaran sekaligus menjadikan siswanya berperilaku baik. Guru sebagai pejuang
akademik harus membesarkan nama baik sekolah. Guru sebagai duta ilmu
pengetahuan mampu mengantarkan siswanya
menjadi orang berhasil(memberi bekal agama, ilmu pengetahuan, skill dan leadership).
Guru sebagai pencerdas masyarakat, menjadi ketua RT/RW/ketua kelompok
pengajian. Selain itu mampu mengenali kompetensi diri, memiliki mimpi untuk
menjadi hebat, membuat perencanaan yang matang, menguasai teori komunikasi,
membangun tim kerja yang kuat, membangun networking yang kuat, menguasai metode
pembelajaran dengan baik, mengelola pembelajaran dengan baik,
B. Pribadi
Menarik Seorang Guru
Guru harus menarik penampilannya
(tampil dengan prima, tidak tampak lelah, minder). Guru harus menarik dalam
berbusana. Guru harus menarik dalam bertutur sapa. Kepribadian guru harus
menarik dan terpancar dari hati. Produktivitas guru harus tinggi. Memiliki etos
kerja yang tinggi. Guru harus cerdas dan pintar. Selain itu berusaha menjadi
guru favorit yang menyenangkan, tidak sombong, pintar, disiplin, komunikatif,
simpatik menyejukkan suasana, baik hati, tidak pilih kasih dan humoris.
C. Siapakah
Sebenarnya Guru Itu
Guru adalah orang pintar. Terutama guru SD/MI karena harus menguasai beberapa mata pelajaran (IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, dll). Seyogyanya menjadikan jabatan guru sebagai profesi. Guru yang telah lulus sertifikasi (guru professional) harus mampu menyiapkan generasi mendatang yang lebih baik. Memberikan pengabdian yang terbaik bagi peserta didik. Berkemauan mengembangkan kompetensinya. Mampu menyiapkan rencana pembelajaran dengan baik. Membangun jaringan dengan sesama guru dan organisasi guru. Sebenarnya guru memiliki tanggung jawab sebagai pendidik, terhadap profesinya, sebagai pengajar, dan pembimbing peserta didipendampingk, sebagai pengembang kurikulum (Silabus, Prota, Promes, RPP, dll). Guru juga bertanggung jawab terhadap pengelolaan kelas dan administrasinya.
Bersambung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar