Hari
ini dan besok merupakan pelaksanaan survei lingkungan bagi guru. Setelah
selesai mengajar langsung membuka link tentang survey lingkungan
(http://surveilingkunganbelajar. kemdikbud.go.id/login). Survei ini bertujuan
untuk memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas
maupun di tingkat satuan pendidikan. Sehingga hasil asesmen nasional secara
komprehensif memberikan profil satuan pendidikan dari input-proses-output.
Setiap jawaban yang diberikan para guru diharapkan dapat mencerminkan kondisi
satuan pendidikan sesungguhnya dan menjadi informasi reflektif. Oleh karena itu
ketika guru menjawab diharapkan dilakukan dengan penuh kejujuran, keaktifan,
serta kelengkapan dalam pengisian survei lingkungan belajar. Hasilnya menjadi
kunci kualitas informasi yang akan diterima oleh satuan pendidikan.
Dalam
survey lingkungan terdiri dari 62 pertanyaan. Salah satunya tentang latar belakang tentang jenis kelamin, agama, status menikah, jumlah
tanggungan, jumlah tanggungan yang masih berada dibangku sekolah, kontrak kerja
yang dimiliki guru dengan luar lingkup
sekolah misalnya les privat atau bimbingan belajar. Selain itu pada survei ini
juga menanyakan, waktu yang dibutuhkan guru untuk sampai ke sekolah, akses
internet yang bisa digunakan oleh guru (mis. wifi atau pulsa/paketan handphone), organisasi profesi yang
diikuti (misalnya KKG/PGRI), peran guru dalam organisasi (pengurus/anggota),
lama mengajar, mengajar di kelas berapa,
sejak pandemi covid di bulan maret 2020 sudah berapa lama mengajar dengan tatap
muka, pendidikan tertinggi yang pernah ditempuh oleh guru, jurusan program
studi S1 yang pernah ditempuh oleh guru, guru yang sedang menjawab survei termasuk
pendidik berkebutuhan khusus atau tidak, mempunyai latar belakang pendidikan
bagi siswa berkebutuhan khusus atau tidak, pernah/tidaknya guru mengelola jenis
kecerdasan/bakat istimewa, pernah/tidak
mengikuti pelatihan tentang pendidikan siswa cerdas/berbakat.
Ketika
menjawab soal nomor 24 ini, satu item soal terdiri lebih dari lima cabang pertanyaan
yang harus dijawab. Pertanyaan tersebut antara lain: (1) sering guru menunggu
lama para siswa siap belajar, (2)siswa kesulitan mengerjakan tugas yang
diberikan guru atau tidak, (3)jika guru tidak berada dikelas siswa tetap
belajar secara kondusif apa tidak, (4) siswa memahami tugas-tugas guru atau
tidak, (5) siswa mudah berkonsentrasi pada KBM apa tidak.
Soal
nomor 25 menanyakan seberapa sering guru melakukan kegiatan hal-hal seperti
yang ditanyakan berikut ini: (1)menyediakan latihan dengan tingkat kesulitan
yang sama untuk semua siswa, (2)guru menyediakan latihan soal dengan beragam
tingkat kesulitan, (3)guru mengubah materi pelajaran menyesuaikan kebutuhan
siswa, (4)guru memberi tugas yang berbeda untuk siswa yang lebih lambat/atau
cepat dalam menguasai materi, (5)guru memberikan tugas yang berbeda sesuai kebutuhan siswa, (6) siswa mengeluha
apa/tidak mengerjakan tugas guru.
Demikian
sebagian pertanyaan dari survei lingkungan yang saya jawab lebih dari 60 menit.
Saya mencoba mencermati tiap soal dan menjawab sesuai dengan kenyataan yang
ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar