Tanggal
18 Oktober 2021 merupakan pembelajaran mengaji UMMI menggunakan media
pembelajaran lengkap. Selain media yang lengkap perangkat pembelajarannya juga
lengkap. Meliputi jurnal harian, absensi siswa, rekap pembelajaran jilid, rekap
hafalan ayat, buku jilid siswa, dan buku prestasi. Sampai di madrasah pukul
06.40. Koordinator telah siap di tempat untuk setoran guru yang hendak
membimbing UMMI. Kami bertiga segera setoran surat An Nas dengan lagu Ross,
versi UMMI. Setelah setoran ke koordinator selesai, segera kembali ke posisi
masing-masing. Saya ke masjid Al fajar, Bu Nanda ke perpustakaan. Bu Nur
Hasanah nanti siang shift berikutnya.
Segera
saya bawa perangkat pembelajaran dan peraga UMMI. Dua anak kelas satu mengikuti
saya. Keduanya paham kalau mereka akan masuk kelas saya. Anak-anak yang lucu
dan menyenangkan. Sejak semalam saya berfikir teknik yang harus dilakukan untuk
membersamai mereka. Tentu akan salah jika saya menggunakan teknik yang sama
dengan membersamai anak kelas 6. Untuk 7 tahapan UMMI telah terekam dalam
pikirannya. Tinggal menerapkan teknik mengajar mengaji anak usia peralihan dari
taman kanak-kanak ke madrasak ibtidaiyah kelas 1.
Ketika
masih kelas besar, 24 siswa kelas 1. Saya berdoa semoga ketika pemetaan kelas
kecil, menjadi 12 siswa. Ainun, Brian dan Ardiansyah tidak bersama saya. Semoga
bersama Bu Nanda. Bukan pilih-pilih siswa, namun berharap banyak. Ketiganya
masih butuh pembimbingan khusus terkait kedisiplinan di dalam kelas. Apa boleh
buat, ketiga masuk kelas saya. Tetap saya syukuri. Semoga Allah mempermudah
pembelajaran hari ini. Kelas dimulai, dengan salam dan menanyakan kabar. Kelas
masih kondusif, ketua kelas memimpin doa. Doa bersama dilakukan dengan
mengangkat tangan dan menundukkan kepala.
Masuk
tahapan hafalan, bisa dipastikan anak-anak hafal dengan surat An Nas ayat ke
satu. Namun anak-anak belum menguasai bacaan ghunnah, bacaan nun bertasydid. Maka
pada tahapan ini perlu diberi contoh 3 kali dengan nada rendah, nada tinggi dan
nada rendah. Kemudian perkelompok
melafalkan, dilanjutkan 3 anak secara bergiliran, dilanjutkan dengan menghafal
secara individual. Kemudian dilakukan penilaian hafalan.
Kegiatan
dilanjutkan dengan apersepsi materi pada peraga, pemahaman konsep dan penanaman
konsep. Pada tahapan ini tidak ada penilaian/evaluasi. Dilanjutkan dengan
membaca jilid UMMI. Guru memberi contoh cara membacanya. Siswa mengulang secara
kelompok dan langsung evaluasi secara mandiri. Kegiatan hari ini ditutup dengan
doa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar