Senin, 18 Oktober 2021

Mengajar UMMI dengan Perangkat Pembelajaran Lengkap

 

Tanggal 18 Oktober 2021 merupakan pembelajaran mengaji UMMI menggunakan media pembelajaran lengkap. Selain media yang lengkap perangkat pembelajarannya juga lengkap. Meliputi jurnal harian, absensi siswa, rekap pembelajaran jilid, rekap hafalan ayat, buku jilid siswa, dan buku prestasi. Sampai di madrasah pukul 06.40. Koordinator telah siap di tempat untuk setoran guru yang hendak membimbing UMMI. Kami bertiga segera setoran surat An Nas dengan lagu Ross, versi UMMI. Setelah setoran ke koordinator selesai, segera kembali ke posisi masing-masing. Saya ke masjid Al fajar, Bu Nanda ke perpustakaan. Bu Nur Hasanah nanti siang shift berikutnya.

Segera saya bawa perangkat pembelajaran dan peraga UMMI. Dua anak kelas satu mengikuti saya. Keduanya paham kalau mereka akan masuk kelas saya. Anak-anak yang lucu dan menyenangkan. Sejak semalam saya berfikir teknik yang harus dilakukan untuk membersamai mereka. Tentu akan salah jika saya menggunakan teknik yang sama dengan membersamai anak kelas 6. Untuk 7 tahapan UMMI telah terekam dalam pikirannya. Tinggal menerapkan teknik mengajar mengaji anak usia peralihan dari taman kanak-kanak ke madrasak ibtidaiyah kelas 1.

Ketika masih kelas besar, 24 siswa kelas 1. Saya berdoa semoga ketika pemetaan kelas kecil, menjadi 12 siswa. Ainun, Brian dan Ardiansyah tidak bersama saya. Semoga bersama Bu Nanda. Bukan pilih-pilih siswa, namun berharap banyak. Ketiganya masih butuh pembimbingan khusus terkait kedisiplinan di dalam kelas. Apa boleh buat, ketiga masuk kelas saya. Tetap saya syukuri. Semoga Allah mempermudah pembelajaran hari ini. Kelas dimulai, dengan salam dan menanyakan kabar. Kelas masih kondusif, ketua kelas memimpin doa. Doa bersama dilakukan dengan mengangkat tangan dan menundukkan kepala.

Masuk tahapan hafalan, bisa dipastikan anak-anak hafal dengan surat An Nas ayat ke satu. Namun anak-anak belum menguasai bacaan ghunnah, bacaan nun bertasydid. Maka pada tahapan ini perlu diberi contoh 3 kali dengan nada rendah, nada tinggi dan nada rendah.  Kemudian perkelompok melafalkan, dilanjutkan 3 anak secara bergiliran, dilanjutkan dengan menghafal secara individual. Kemudian dilakukan penilaian hafalan.

Kegiatan dilanjutkan dengan apersepsi materi pada peraga, pemahaman konsep dan penanaman konsep. Pada tahapan ini tidak ada penilaian/evaluasi. Dilanjutkan dengan membaca jilid UMMI. Guru memberi contoh cara membacanya. Siswa mengulang secara kelompok dan langsung evaluasi secara mandiri. Kegiatan hari ini ditutup dengan doa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar