Sabtu, 24 Juli 2021

Blended Learning, Memadukan Pembelajaran Tatap Muka dan Virtual

 

Dalam beberapa hari ini para guru asyik membicarakan tentang berbagai macam model pembelajaran. Para guru masih tertatih-tatih menerapkan pembelajaran HOTS yang menanamkan kecakapan abad 21, harus ada 6C dan lain-lain. Kemudian guru mendapat bimtek pembelajaran berbasis literasi dan numerasi. Dilanjutkan dengan info baru tentang blended learning. Kebiasaan guru yang tinggal copy, edit dan paste. Akhirnya harus belajar lagi, guru harus literat. Gemar membaca informasi baru. Terutama tentang gerak dunia pendidikan. Mungkin jka guru berkenan untuk memadukannya menjadi sebuah RPP sederhana berbasis literasi dan numerasi. Kemudian menggunakan pola blended learning akan sangat bagus proses pembelajarannya.

Marilah kita coba untuk mencari tahu pembelajaran blended leraning ini. Blended  learning merupakan penggabungan pembelajaran virtual dengan pembelajaran tatap muka. Tujuannya agar siswa mampu memecahkan masalah yang berhubungan dengan materi pelajaran baik secara individu maupun kelompok. Pada kegiatan inti pelajaran setelah guru mengucapkan salam, doa, cek kehadiran dan mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, langkah pembelajaran dan teknik  penilaian. Guru melakukan apersepsi tentang materi yang akan dibahas. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok diskusi. Kemudian membagikan LKPD yang berisi permasalahan yang perlu dibahas dan cara mengerjakannya.

Tahap inilah yang membedakan blended leraning dengan pembelajaran yang lain. Guru mengintruksikan kepada siswa untuk membuka laptop/hp supaya siap mengikuti pembelajaran virtual. Guru memberi informasi yang berkaitan dengan materi pelajaran. Guru menginstruksikan kepada siswa untuk membuka link yang berhubungan dengan materi pelajaran yang sedang dibahas. Baik melalui google, gmail maupun youtube). Tahapan selanjutnya adalah progress report, siswa menuliskan hasil pembahasan materi yang telah dipahaminya dengan cara membuka link yang diberikan guru. Siswa mempersiap materi untuk presentasi. Siswa mempresentasikan materinya sesuai dengan kreativitasnya. Guru memberikan evaluasi secara tertulis.

Sebenarnya tujuan dari blended learning agar siswa mudah memahami materi pembelajaran dan menyelesaikan masalah pembelajaran sesuai kemampuan sendiri. Terlebih lagi mampu menggunakan laptop/hp untuk dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Dengan blended learning ini diharapkan dapat menarik minat belajar siswa, siswa lebih aktif, kreatif dalam pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar