Alhamdulillah,
hari ini semua guru mapel umum sudah
mengumpulkan kisi-kisi dan soal Ujian
Madrasah. Agar soal yang dibuat layak untuk dijadikan bank soal UM, maka perlu
dilakukan telaah soal. Berdasarkan kesepakatan pengurus KKG kecamatan Durenan telaah
soal akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 22 Maret 2021. Usulan telaah
yang diajukan oleh ketua KKG belum ditanggapi oleh seluruh fasilitator. Karena
Beliau hendak menunaikan sholat Jumat,
maka keputusan masih ditangguhkan menunggu masukan dari para fasilitator.
Telaah
soal digunakan untuk memastikan bahwa soal yang disusun oleh pembuat soal telah
memenuhi kriteria soal yang baik. Baik menurut kriteria soal HOTS maupun soal Pilihan Ganda biasa. Untuk itu
para fasilitator dapat menggunakan instrument telaah soal, baik soal biasa
maupun soal HOTS. Bagi soal yang memenuhi kaidah penulisan diberi tanda
centang/checklist, dan yang tidak sesuai kaidah diberi tanda silang (X). Contoh
instrumen telaah sebagai berikut:
Instrumen Telaah Soal HOTS
No |
Karakteristik |
Butir Soal |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5,
dst |
||
1. |
Soal menggunakan stimulus yang menarik
(kebaruan, mendorong peserta didik untuk membaca |
|
|
|
|
|
2. |
Soal menggunakan stimulus yang
kontekstual (grafiks/gambar, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia
nyata) |
|
|
|
|
|
3. |
Soal mengukur level penalaran
(menganalisis, mengevaluasi dan mencipta) yang dalam penyelesaiannya
dicirikan dengan tahapan berfikir sebagai berikut: |
|
|
|
|
|
|
a.
Transfer satu konsep ke konsep
lain |
|
|
|
|
|
|
b.
Memproses dan menerapkan
informasi |
|
|
|
|
|
|
c.
Mencari kaitan dari informasi
yang berbeda-beda |
|
|
|
|
|
|
d.
Menggunakan informasi untuk
menyelesaikan masalah. |
|
|
|
|
|
|
e.
Menelaah ide dan informasi secara
kritis |
|
|
|
|
|
4. |
Jawaban tersirat pada stimulus |
|
|
|
|
|
Untuk soal mata
pelajaran Bahasa Indonesia dapat menggunakan stimulus yang tidak kontekstual,
seperti fiksi, gurindam dan sejenisnya
Instrumen Telaah Soal Biasa Pilihan Ganda Biasa
N0 |
Kaidah |
Ya |
Tidak |
Ket. |
1 |
Soal sesuai dengan indikator KD. |
|||
2 |
Stimulus problematis
dan inspiratif |
|||
3 |
Pengecoh berfungsi. |
|||
4 |
Setiap soal mempunyai satu jawaban benar. |
|||
5 |
STIMULUS, POKOK SOAL, DAN KUNCI
SESUAI TEORI |
|||
6 |
Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban berupa pernyataan yang diperlukan saja. |
|||
7 |
STIMULUS BERFUNGSI DAN DIKAITKAN
DENGAN POKOK SOAL/ OPTION |
|||
8 |
Pokok soal tidak mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda |
|||
9 |
Pilihan jawaban homogen dan logis ditinjau dari segi materi. |
|||
10 |
Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama. |
|||
11 |
Pilihan jawaban tidak mengandung
pernyataan “Semua pilihan jawaban di atas salah/benar.”. |
|||
12 |
Pilihan jawaban disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau
kronologis waktunya. |
|||
13 |
Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal
jelas dan berfungsi. |
|||
14 |
Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna
tidak pasti seperti sebaiknya
& umumnya. |
|||
15 |
Butir soal tidak bergantung pada
jawaban soal sebelumnya/ Pokok soal tidak memberikan petunjuk ke arah jawaban yang benar. |
|||
16 |
Soal menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
|||
17 |
Bahasa yang digunakan komunikatif
sehingga pernyataannya mudah dimengerti peserta didik. |
|||
18 |
Soal tidak menggunakan bahasa yang
berlaku setempat.
|
|||
19 |
Pilihan jawaban tidak mengulang kata/frasa yang bukan merupakan satu
kesatuan pengertian. |
|||
20 |
Isi tidak terkait SARAPPPPK (suku, agama, ras, antargolongan, produk, politis, pornografi,
pornoaksi, & kekerasan). |
|||
Komentar:
_______________________________________________________ |
Instrumen Telaah Soal Biasa
Jawaban Singkat
N0. |
Kaidah |
Ya |
Tidak |
Ket. |
1 |
Soal sesuai dengan indikator
KD. |
|||
2 |
Stimulus multiteks,
problematis, inspiratif, kekinian, edukatif, dan sesuai teori teks atau pun
pokok soal. |
|||
3 |
Perintah/pertanyaan
menuntut jawaban yang relative
pendek dan relative pasti |
|||
4 |
Batasan perintah/pertanyaan dan jawaban jelas. |
|||
5 |
Materi yang ditanyakan sesuai
dengan
konsep. |
|||
6 |
Rumusan perintah/pertanyaan
menuntut jawaban singkat. |
|||
7 |
Perintah dan petunjuk
mengerjakan soal jelas/tidak multitafsir. |
|||
8 |
Terdapat rambu-rambu jawaban yang konsepnya
benar dan pedoman penskorannya jelas. |
|||
9 |
Hal lain yang menyertai soal, seperti tabel, gambar, grafik, peta, atau sejenisnya relevan
dan disajikan dengan jelas,
berfungsi, dan terbaca, serta tidak menimbulkan penafsiran yang berbeda. |
|||
10 |
Rumusan butir soal
menggunakan bahasa yang sederhana dan komunikatif sehingga mudah dipahami
oleh peserta didik. |
|||
11 |
Rumusan soal tidak
menggunakan kata-kata yang berlaku setempat. |
|||
12 |
Butir soal menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
|||
13 |
Pertanyaan/perintah tidak terkait SARAPPPPK (suku, agama, ras, antargolongan, produk,
politis, pornografi, pornoaksi, & kekerasan). |
|||
Komentar:
________________________________________________________ |
Instrumen Telaah Soal Biasa Esai (Uraian)
No |
Kaidah |
Ya |
Tidak |
Ket. |
1 |
Soal sesuai dengan indikator
KD. |
|||
2 |
Stimulus multiteks,
problematis, inspiratif, kekinian, edukatif, dan sesuai teori teks atau pun
pokok soal. |
|||
3 |
Perintah/pertanyaan
berkategori keterampilan berpikir tingkat tinggi. |
|||
4 |
Batasan perintah/pertanyaan dan jawaban jelas. |
|||
5 |
Materi yang ditanyakan sesuai
dengan
konsep. |
|||
6 |
Rumusan perintah/pertanyaan
menuntut jawaban nalar + argumentatif. |
|||
7 |
Perintah dan petunjuk
mengerjakan soal jelas/tidak multitafsir. |
|||
8 |
Terdapat rambu-rambu jawaban yang konsepnya
benar dan pedoman penskorannya jelas. |
|||
9 |
Hal lain yang menyertai soal, seperti tabel, gambar, grafik, peta, atau sejenisnya relevan
dan disajikan dengan jelas,
berfungsi, dan terbaca, serta tidak menimbulkan penafsiran yang berbeda. |
|||
10 |
Rumusan butir soal menggunakan bahasa yang sederhana
dan komunikatif sehingga mudah dipahami oleh peserta didik. |
|||
11 |
Rumusan soal tidak menggunakan kata-kata
yang berlaku setempat. |
|||
12 |
Butir soal menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
|||
13 |
Pertanyaan/perintah tidak terkait SARAPPPPK (suku, agama, ras, antargolongan, produk,
politis, pornografi, pornoaksi, & kekerasan). |
|||
Komentar:
________________________________________________________ |
Semoga kegiatan hari Senin lancar, semua fasilitator hadir dalam acara tersebut.
Tetap semangat bu Guru ...
BalasHapusAmiin
BalasHapus