Sabtu, 01 Januari 2022

Kompetensi Dasar Esensial untuk Semester II

 

Jika mengingat kembali peristiwa di tahun 2021 yang paling menguras tenaga adalah kegiatan pada bulan Desember. Ketika kegiatan bertumpuk di akhir tahun mulai dari kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS), melakukan analisis hasil PAS, mempelajari dan menginput Rapor Digital Madrasah (RDM). Tugas pribadi menumpuk pula mulai dari tugas kuliah membuat resum, mentranslate (Inggris ke Indonesia), mentranslate best practice (Indonesia ke Inggris), kegiatan UAS. Kegiatan harus dilakukan secara terencana dan sungguh-sungguh.

Pada kegiatan belajar tutorial Rapor Digital Madrasah (RDM) ini sebenarnya dipandu operator madrasah. Mulai dari dari login, memasukkan usename dan password yang telah disiapkan oleh admin MIM Kamulan. Pemateri kemudian mengarahkan para wali kelas untuk fokus pada dashboard wali kelas. Terutama menu penilaian dan menu tugas tambahan. Pada menu penilaian di bimbing mengunduh semua template mapel yang diampu. Setiap mapel ada template penilaian pengetahuan dan ketrampilan. Bagi wali kelas terdapat 5 mapel yang tergabung dalam tema (PPKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, SBDP), mungkin juga tambahan mapel mulok. Untuk penilaian pengetahuan ini ada Penilaian Harian (PH) dan PAS. Untuk penilaian ketrampilan meliputi portofolio, unjuk kerja dan proyek.

Wali kelas juga harus mengisi absen siswa, catatan wali kelas, sikap sosial, sikap spiritual, prestasi siswa dalam semester ini, status nilai terkirim/belum, mengecek rapor siswa untuk melihat nilai, leger dan cetak rapor. Maka untuk mempermudah menginput rapor semester II saya mencoba menyiapkan KD esensial pada setiap mata pelajaran yang menyatu dalam tema 6, 7, 8 dan 9 sebagai berikut:

 No. KD

Pengetahuan

No

KD

Ketrampilan

PKN

PKN

3.1 

Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

4.1

Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

3.2

Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.

4.2

Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.

3.4 

Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.

4.4 

Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.

 

BAHASA INDONESIA

 

BAHASA INDONESIA

3.3 

Menggali isi teks pidato yang didengar dan dibaca.

4.3 

Menyampaikan pidato hasil karya pribadi dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif sebagai bentuk ungkapan diri.

3.7   

Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan membaca judulnya).

4.7    

Menyampaikan kemungkinan informasi yang diperoleh berdasarkan membaca judul teks nonfiksi.

3.8 

Menggali informasi yang terdapat pada teks nonfiksi.

4.8 

Menyampaikan hasil membandingkan informasi yang diiharapkan dengan informasi yang diperoleh setelah membaca teks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual.

3.9 

Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi

4.9

Menyampaikan penjelasan tentang tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual.

 

IPA

 

IPA

3.2

Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi

4.2

Menyajikan karya tentang cara menyikapi

3.7 

Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya.

4.7 

Membuat model sistem tata surya.

3.8 

Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi Bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana Matahari.

4.8  

Membuat model gerhana bulan dan gerhana Matahari.

 

IPS

 

IPS

3.1  

Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.

4.1  

Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN

3.2 

Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. 

4.2 

Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia

3.3  

Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.

4.3  

Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.

3.4 

Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

4.4 

Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

 

SBDP

 

SBDP

3.1  

Memahami reklame.

4.1  

Membuat reklame

3.2  

Memahami interval nada.

4.2 

Memainkan interval nada melalui lagu dan alat musik.

3.3  

Memahami penampilan tari kreasi daerah.

4.3  

Menampilkan tari kreasi daerah.

3.4

Memahami patung

4.4

Membuat patung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar