Senin, 10 Mei 2021

RPP Sederhana

 

Kemarin KKG kecamatan Durenan mengirim tiga fasilitator untuk mengikuti ‘Bimtek Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi. Setelah menyelesaikan bimtek virtual dengan nobar, maka selanjutnya merancang diseminasi. Diseminasi akan dilaksanakan pada bulan Mei setelah perayaan Idul Fitri dengan sitem tatap muka. Semalam diskusi berbagi materi dengan Bu Khatim dan Bu Rinda. Saya  persilahkan Beliau berdua memilih materi yang paling dikuasai. Karena bagi saya, Beliau berdua berkenan belajar dan mau menyampaikan materi merupakan hal yang luar biasa. Kadangkala ada fasilitator yang sudah mendapat pembekalan tetapi belum berkenan melaksanakan diseminasi. Alhamdulillah, tadi malam mencapai puncak kesepakatan. Bu Rinda memilih materi ‘Pembelajaran berbasis literasi dan numerasi’. Bu Khatim memilih ‘Pembelajaran Literasi’, sedangkan saya mendapat materi ‘RPP Sederhana’. Diseminasi bulan Mei 2021 ini merupakan pengalaman menjadi fasilitator yang keempat. Pertama menyampaikan diseminasi ‘Penilaian K-13’, kedua materi ‘Bedah SKL’, ketiga ‘Penilaian HOTS’ yang keempat ‘Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi’. Maka sekilas akan saya tuliskan resum materi tentang RPP Sederhana.

Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Terdiri atas komponen: (1)Pendahuluan, (2)Inti, (3) Penutup. Pada kegiatan pendahuluan aktivitas guru dalam menyiapkan peserta didik dengan cara motivasi untuk belajar, melakukan apersepsi, menyampaikan Kompetensi Dasar(KD) yang akan dicapai dan cakupan materi. Pada kegiatan inti ini harus nampak aktivitas peserta didik  dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar. Terlihat penggunaan metode pembelajaran, media pembelajaran, pemanfaatan sumber belajar. Teknik guru menggunakan berbagai metode untuk menfasilitasi karakteristik peserta didik. Dan dalam melakukan pembelajaran selalu memperhatikan tujuan yang akan dicapai. Pada kegiatan penutup, aktivitas bersama antara guru dan peserta didik adalah melakukan refleksi untuk mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas. Melakukan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. Pada kegiatan tindak lanjut yang dilakukan adalah pemberian tugas dan merencanakan kegiatan pada pertemuan berikutnya.

Setiap merancang komponen pendahuuan, inti dan penutup, kegiatan berikutnya merencanakan penilaian. Penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Aspek yang harus dinilai meliputi sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Penilaian keterampilan digunakan untuk mengukur dan mengumpulkan informasi mengenai kemampuan berpikir dan kinestetik peserta didik. Dan menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu. Teknik Penilaian keterampilan: praktik, produk, proyek, portofolio dan/atau teknik lainnya. 

Contoh  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  untuk Mts atau SMP:

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pendidikan

:

MTs

Mata pelajaran

:

Matematika

Kelas/Semester

:

VII/1

Materi Pokok

:

Operasi Hitung Bilangan

Alokasi Waktu

:

3 JP

A.    Kompetensi dasar

3.2

Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi

4.2

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.

 

B.     Tujuan Pembelajaran

Pertemuan I:

Melalui project based learning, peserta didik dapat menyusun prosedur dan menentukan hasil opersai bilangan bulat dan desimal dalam indeks masa tubuh (IMT), dan menentukan kalori harian sehingga dapat merancang menu pagi, siang dan malam sesuai kebutuhan kalori harian seorang yang disajikan dalam bentuk poster/powerpoint.

 

C.     Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan

1.  Guru mengucapkan salam, berdoa, cek kehadiran dan mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan (timbangan badan, meteran, kalkulator)

2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, langkah pembelajaran dan teknik penilaian.

3. Guru menyampaikan apersepsi tentang operasi bialangan bulat dan pecahan yang sudah dikenal ketika di SD.

4. Guru menayangkan paparan tentang obesitas yang mempunyai relevansi dengan materi operasi bilangan bulat dan pecahan.

Inti

1.  Guru memodelkan perhitungan dan alat kalkulator untuk menentukan seseorang obesitas atau tidak berdasarkan kriteria.

2. Guru menyampaikan tujuan tugas projek “ Merancang menu makan pagi, makan siang, dan makan malam” sesuai dengan kebutuhan kalori harian

3.  Guru membagikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) 1 dan daftar kandungan kalori makanan pada setiap kelompok.

4. Guru bersama siswa menyepakati lama waktu penyelesaian masalah yang ada di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan peserta didik menetapkan time line.

5.  Guru memantau keaktifan peserta didik selama melaksanakan proyek, memantau realisasi dan membimbing jika mengalami kesulitan.

6. Guru berdiskusi tentang prototipe (model kerja/rancangan) proyek, memantau keterlibatan peserta didik, mengukur ketercapaian standar proyek  yang hasilnya disajikan dalam bentuk poster/power point.

7.    Guru membimbing proses pemaparan proyek

8.    Siswa mempresentasikan hasil proyek dan ditanggapi oleh yang lain.

Penutup

1. Guru meminta peserta didik menuliskan/mengutarakan tentang pengalaman belajar yang baru saja didapatkan dan membuat kesimpulan.

2.    Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik.

3. Peserta didik mencari permasalahan lain yang melibatkan operasi bilangan bulat dan pecahan, dan mempelajari materi bilangan berpangkat untuk pertemuan berikutnya

D.    Penilaian:

·     Rubrik penilaian proyek: hasil perhitungan IMT, kebutuhan kalori harian (pengetahuan), laporan proyek (ketrampilan)

·       Pembelajaran remedial dan pengayaan (Merancang menu makanan lainnya)

Demikanlah contoh RPP sederhana, bagi guru SD/MI, jika ingin mencoba membuat tinggal melakukan  amati tiru dan modifikasi (ATM).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar