Kemarin KKG kecamatan Durenan mengirim tiga fasilitator untuk mengikuti ‘Bimtek Pembelajaran Berbasis
Literasi dan Numerasi. Setelah menyelesaikan bimtek virtual dengan nobar, maka
selanjutnya merancang diseminasi. Diseminasi akan dilaksanakan pada bulan Mei
setelah perayaan Idul Fitri dengan sitem tatap muka. Semalam diskusi berbagi materi dengan Bu Khatim
dan Bu Rinda. Saya persilahkan Beliau
berdua memilih materi yang paling dikuasai. Karena bagi saya, Beliau berdua
berkenan belajar dan mau menyampaikan materi merupakan hal yang luar biasa.
Kadangkala ada fasilitator yang sudah mendapat pembekalan tetapi belum berkenan
melaksanakan diseminasi. Alhamdulillah, tadi malam mencapai puncak kesepakatan.
Bu Rinda memilih materi ‘Pembelajaran berbasis literasi dan numerasi’. Bu
Khatim memilih ‘Pembelajaran Literasi’, sedangkan saya mendapat materi ‘RPP
Sederhana’. Diseminasi bulan Mei 2021 ini merupakan pengalaman menjadi
fasilitator yang keempat. Pertama menyampaikan diseminasi ‘Penilaian K-13’,
kedua materi ‘Bedah SKL’, ketiga ‘Penilaian HOTS’ yang keempat ‘Pembelajaran
Berbasis Literasi dan Numerasi’. Maka sekilas akan saya tuliskan resum materi
tentang RPP Sederhana.
Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Terdiri atas komponen: (1)Pendahuluan, (2)Inti, (3) Penutup. Pada
kegiatan pendahuluan aktivitas guru dalam menyiapkan peserta didik
dengan cara motivasi untuk belajar, melakukan apersepsi, menyampaikan Kompetensi
Dasar(KD) yang akan dicapai dan cakupan
materi. Pada kegiatan inti ini harus nampak aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar. Terlihat penggunaan metode
pembelajaran, media pembelajaran, pemanfaatan sumber belajar. Teknik guru
menggunakan berbagai metode untuk menfasilitasi karakteristik peserta didik. Dan
dalam melakukan pembelajaran selalu memperhatikan tujuan yang akan dicapai. Pada
kegiatan penutup, aktivitas bersama antara guru dan peserta
didik adalah melakukan refleksi untuk
mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas. Melakukan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran. Pada kegiatan tindak lanjut yang
dilakukan adalah pemberian tugas dan merencanakan kegiatan pada pertemuan
berikutnya.
Setiap merancang komponen pendahuuan, inti dan penutup, kegiatan berikutnya merencanakan penilaian. Penilaian
merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian
hasil belajar peserta didik. Aspek yang harus dinilai meliputi sikap,
pengetahuan dan ketrampilan. Penilaian
keterampilan digunakan untuk mengukur dan mengumpulkan informasi mengenai
kemampuan berpikir dan kinestetik peserta didik. Dan menerapkan pengetahuan
dalam melakukan tugas tertentu. Teknik
Penilaian keterampilan: praktik, produk, proyek, portofolio dan/atau teknik
lainnya.
Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk Mts atau SMP:
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran |
||
Satuan
Pendidikan |
: |
MTs |
Mata
pelajaran |
: |
Matematika |
Kelas/Semester |
: |
VII/1 |
Materi Pokok |
: |
Operasi
Hitung Bilangan |
Alokasi
Waktu |
: |
3 JP |
A.
Kompetensi
dasar
3.2 |
Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan
bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi |
4.2 |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
operasi hitung bilangan bulat dan pecahan. |
B.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan I:
Melalui project based learning, peserta didik dapat
menyusun prosedur dan menentukan hasil opersai bilangan bulat dan desimal dalam
indeks masa tubuh (IMT), dan menentukan kalori harian sehingga dapat merancang
menu pagi, siang dan malam sesuai kebutuhan kalori harian seorang yang
disajikan dalam bentuk poster/powerpoint.
C.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Pendahuluan |
1. Guru
mengucapkan salam, berdoa, cek kehadiran dan mempersiapkan perlengkapan dan
peralatan yang diperlukan (timbangan badan, meteran, kalkulator) 2. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, langkah pembelajaran dan
teknik penilaian. 3. Guru
menyampaikan apersepsi tentang operasi bialangan bulat dan pecahan yang sudah
dikenal ketika di SD. 4. Guru
menayangkan paparan tentang obesitas yang mempunyai relevansi dengan materi
operasi bilangan bulat dan pecahan. |
Inti |
1. Guru
memodelkan perhitungan dan alat kalkulator untuk menentukan seseorang
obesitas atau tidak berdasarkan kriteria. 2. Guru
menyampaikan tujuan tugas projek “ Merancang menu makan pagi, makan siang,
dan makan malam” sesuai dengan kebutuhan kalori harian 3. Guru
membagikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) 1 dan daftar kandungan kalori
makanan pada setiap kelompok. 4. Guru
bersama siswa menyepakati lama waktu penyelesaian masalah yang ada di Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) dan peserta didik menetapkan time line. 5. Guru memantau
keaktifan peserta didik selama melaksanakan proyek, memantau realisasi dan
membimbing jika mengalami kesulitan. 6. Guru berdiskusi tentang prototipe (model kerja/rancangan) proyek, memantau keterlibatan
peserta didik, mengukur ketercapaian standar proyek yang hasilnya disajikan dalam bentuk
poster/power point. 7.
Guru
membimbing proses pemaparan proyek 8.
Siswa mempresentasikan hasil proyek dan ditanggapi
oleh yang lain. |
Penutup |
1. Guru
meminta peserta didik menuliskan/mengutarakan tentang pengalaman belajar
yang baru saja didapatkan dan membuat kesimpulan. 2.
Guru
memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik. 3. Peserta
didik mencari permasalahan lain yang melibatkan operasi bilangan bulat dan
pecahan, dan mempelajari materi bilangan berpangkat untuk pertemuan
berikutnya |
D.
Penilaian:
· Rubrik
penilaian proyek: hasil perhitungan IMT, kebutuhan kalori harian (pengetahuan),
laporan proyek (ketrampilan)
· Pembelajaran remedial
dan pengayaan (Merancang menu makanan lainnya)
Demikanlah contoh RPP sederhana, bagi guru
SD/MI, jika ingin mencoba membuat tinggal melakukan amati tiru dan
modifikasi (ATM).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar