Masih
mencoba untuk menyiapkan resume yang akan digunakan untuk laporan kegiatan ‘Bimtek
Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi. Berdasarkan catatan saya, Ibu pemateri menyampaikan tentang penyusunan RPP sederhana. Menurut
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap
muka untuk satu pertemuan atau lebih. Tujuan penyususnan RPP mengarahkan
kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
RPP juga merupakan dokumen dasar yang diguanakan dalam pembelajaran dan
dikembangkan dari silabus dan disusum berdasarkan KD. Menurut Mendikbud
menyatakan bahwa RPP digunakan sebagi proses refleksi guru terhadap
pembelajaran. Setelah guru menyusun RPP, maka ia akan melaksanakan proses pembelajaran.
Kemudian akan diperoleh informasi dari proses tersebut
keberhasilan dari rencana pembelajaran yang telah diimplementasikan.
Prinsip penyusunan dan pengembangan RPP sederhana adalah: efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Yang dimaksud efisiens adalah penulisan RPP
dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif
merupakan penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan
berorientasi pada peserta didik dalah penulisan RPP dilakukan dengan
mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas. Arahan kebijakan baru bahwa guru bebas dalam memilih, membuat,
menggunakan dan mengembangkan format RPP.
Tiga
komponen inti (minimal) dalam
RPP: (1)Tujuan Pembelajaran, (2)Kegiatan Pembelajaran, (3) Penilaian
Pembelajaran (Asesmen). Juga terdapat komponen-komponen pelengkap lainnya.
Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki
lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses
pembelajaran.
Tujuan
pembelajaran pada RPP
memiliki komponen: Audience (A), Behaviour (B), Condition (C), Degree (D) (bisa
saja tidak ada). Untuk komponen
ABCD ini tidak harus disusun berurutan
berdasarkan abjad. Contoh:
Melalui kegiatan
mengamati beberapa macam penyajian data, peserta didik
dapat menentukan langkah-langkah mengubah penyajian data dari
satu bentuk ke bentuk lainnya secara tertulis.
|
Pengembangan kegiatan pembelajaran harus
memperhatikan potensi kecerdasan majemuk
peserta dididk, karakter, numerasi, literasi, HOTS, dan 4C. Potensi
kecerdasan majemuk peserta didik (Howard Gardner, 1993) terdiri dari 9
jenis: logis-matematis, linguistik, spasial, kinestetik, naturalis,
interpersonal, intrapersonal , eksistensial, dan musikal. Nilai-nilai pendidikan karakter
bagi siswa sekolah dasar dan menengah antara lain religius, tolerensi,
disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta
damai, gemar membaca, peduli lingkungan serta peduli sosial. Kemampuan literasi
membaca digunakan untuk memahami,
menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan
berbagai jenis teks untuk menyelesaikan
masalah dan mengembangkan kapasitas
individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat. Kemampuan numerasi adalah berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika
untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
pada berbagai jenis konteks yang relevan
untuk individu sebagai warga negara Indonesia
dan dunia.
Sedangkan untuk Higher
Order of Thinking Skill (HOTS) merupakan kemampuan berfikir kritis, logis,
reflektif, metakognitif dan berfikir kreatif. Jadi pada proses pembelajaran
HOTS tidak hanya membimbing siswa agar mampu mengingat saja. Namun membutuhkan
kemampuan lain yakni berfikir kritis dan kreatif. Penggunakan model
pembelajaran berbasis proyek (Project
based learning), pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning), belajar penemuan ( Discovery/inquiry) menjadi peluang bagi guru untuk menerapkan
pembelajaran HOTS. Adapun karakteristik pembelajaran HOTS yaitu berfokus pada
pertanyaan, menganalisis/ menilai argumen dan data, mendefinisikan konsep,
menentukan kesimpulan, menggunakan analisis logis, memproses dan menerapkan
informasi dan menggunakan informasi untuk memecahkan masalah. Adapun
ketrampilan 4C yang dimaksud adalah ketrampilan communication, collaboration, critical thinking dan problem solving, creativity dan innovation.
Demikian resum sederhana, masih banyak materi yang harus dikonklusikan. Semoga besok bisa dilanjutkan agar tugas segera usai.
Bermanfaat sekali bu...
BalasHapusterimakasih atas motivasi dan kunjungannya
BalasHapus