Meski
hari ini libur Tahun Baru Islam, mencoba mengajak para guru yang kemarin ikut
upgrading untuk mereview hasil belajar di hari kedua. Kegiatan ini dilakukan secara
online via WA Group guru RA kecamatan Durenan. Terutama terkait penyusunan Laporan
Perkembangan Anak Didik (LPAD) siswa Raudhatul Athfal. LPAD setiap anak itu
sangat berbeda karena perkembangan dan pencapaian anak juga beragam. Tata cara penyusunan
LPAD yang benar akan dibahas pada catatan kecil berikut ini. Jangan ngaji lagi ya...Ngaji (ngarang biji).
Beberapa
hal yang perlu diperhatikan saat menyusun LPAD antara lain: Pertama,
LPAD harus sesuai dengan karakteristik anak. Tidak sekedar copy paste, karena
setiap anak mempunyai karakter yang berbeda. Kedua, sesuai
indikator perkembangan anak dan berbasis kegiatan nyata yang dilakukan anak. Ketiga,
sesuai dengan kemampuan masing masing anak, yang setiap aspek perkembangannya
berbeda, sebagai pendidik harus melakukan observasi dalam kegiatan pembelajaran.
Keempat, berorientasi pada
perkembangan anak dan berbasis observasi langsung dan menggunakan bahasa
positif,serta konstruktif
Kelima, Penilaian dilakukan sesuai karakteristik anak
yang beragam, jadi guru harus memahami karakter. Pemahaman guru diperoleh dari
catatan outentik. Hasil belajar anak tercatat dalam buku catatan, baik terkait
hasil karya maupun karakteristik perilaku anak. Rekapan penilaian tidak hanya
hafal diangan-angan sehingga ketika menulis deskripsi LPAD benar-benar
penilaian yang valid. Keenam, dalam pembuatan LPAD membutuhkan
peran kepala sekolah untuk mengontrol guru dalam pembuatan LPAD agar benar-benar
sesuai dengan kemampuan dan perkembangan masing masing anak didik. Ketujuh,
penilaian harus mendidik, berkesinambungan, objektif berdasarkan fakta tidak
boleh disama ratakan, sistematis/teratur, menyeluruh mencakup semua aspek
perkembangan anak dan bermakna yaitu memberikan informasi yang bermanfaat. Kedelapan,
penilaian bersifat menyeluruh artinya tidak hanya berorientasi pada hasil saja
tetapi mencakup proses untuk mengukur berbagai aspek pengetahuan, ketrampilan, sikap
dan nilai yang bersifat objektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar