Jumat, 27 Juni 2025

Penyusunan Laporan Perkembangan Anak Didik

 

Meski hari ini libur Tahun Baru Islam, mencoba mengajak para guru yang kemarin ikut upgrading untuk mereview hasil belajar di hari kedua. Kegiatan ini dilakukan secara online via WA Group guru RA kecamatan Durenan. Terutama terkait penyusunan Laporan Perkembangan Anak Didik (LPAD) siswa Raudhatul Athfal. LPAD setiap anak itu sangat berbeda karena perkembangan dan pencapaian anak juga beragam. Tata cara penyusunan LPAD yang benar akan dibahas pada catatan kecil berikut ini. Jangan ngaji lagi ya...Ngaji (ngarang biji).

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyusun LPAD antara lain: Pertama, LPAD harus sesuai dengan karakteristik anak. Tidak sekedar copy paste, karena setiap anak mempunyai karakter yang berbeda. Kedua, sesuai indikator perkembangan anak dan berbasis kegiatan nyata yang dilakukan anak. Ketiga, sesuai dengan kemampuan masing masing anak, yang setiap aspek perkembangannya berbeda, sebagai pendidik harus melakukan observasi dalam kegiatan pembelajaran. Keempat, berorientasi  pada perkembangan anak dan berbasis observasi langsung dan menggunakan bahasa positif,serta konstruktif

Kelima,  Penilaian dilakukan sesuai karakteristik anak yang beragam, jadi guru harus memahami karakter. Pemahaman guru diperoleh dari catatan outentik. Hasil belajar anak tercatat dalam buku catatan, baik terkait hasil karya maupun karakteristik perilaku anak. Rekapan penilaian tidak hanya hafal diangan-angan sehingga ketika menulis deskripsi LPAD benar-benar penilaian yang valid. Keenam, dalam pembuatan LPAD membutuhkan peran kepala sekolah untuk mengontrol guru dalam pembuatan LPAD agar benar-benar sesuai dengan kemampuan dan perkembangan masing masing anak didik. Ketujuh, penilaian harus mendidik, berkesinambungan, objektif berdasarkan fakta tidak boleh disama ratakan, sistematis/teratur, menyeluruh mencakup semua aspek perkembangan anak dan bermakna yaitu memberikan informasi yang bermanfaat. Kedelapan, penilaian bersifat menyeluruh artinya tidak hanya berorientasi pada hasil saja tetapi mencakup proses untuk mengukur berbagai aspek pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai yang bersifat objektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar