Sabtu, 09 Desember 2023

RAPOR KURIKULUM MERDEKA DI ROUDHOTUL ATHFAL

 



Ketika di penghujung  semester guru disibukkan dengan penyusunan laporan hasil belajar siswa dalam bentuk rapor. Rapor ini merupakan pelaporan hasil belajar yang disusun berdasarkan pengolahan hasil penilaian yang telah dilakukan. Rapor nantinya minimal memberikan informasi mengenai pencapaian hasil belajar siswa. Pun melaporkan pertumbuhan dan perkembangan siswa Roudhotul Athfal. Rapor pada fase fondasi ini seyogyanya sederhana dan informatif, dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan kompetensi yang dicapai sebagai strategi tindak lanjut bagi orang tua, pendidik dan Roudhotul Athfal untuk mendukung capaian pembelajaran.

Komponen-komponen yang harus ada pada fase fondasi ini antara lain: 1) Data diri siswa, 2) Informasi kemajuan siswa dalam pembelajaran intrkurikuler, 3) Informasi kemajuan siswa dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin (P2RA), 4) Refleksi orang tua, 5) Narasi ringkas perkembangan siswa, 6) Informasi ketidakhadiran siswa, 7) Fortofolio (opsional).

Pertama, data diri. Pada bagian ini perlu mencantum Nomor Induk Kependudukan (NIK) siswa. NIK merupakan hak peserta didik akan identitas diri juga sebagai bukti bahwa peserta didik adalah warga negara yang diakui. Kedua, Informasi kemajuan siswa dalam pembelajaran intrkurikuler, yang terkait dengan Capaian pembelajaran (CP). Jadi yang dituangkan dalam bagian ini berupa elemen-elemen CP yaitu elemen nilai agama dan budi pekerti, elemen jati diri, elemen dasar-dasar literasi, matemtika, sains, teknologi, dan seni. Ketika hendak  menyusun narasi CP siswa, guru perlu menggunakan pertanyaan pemantik, data sesmen sumatif, bukti perilaku dan kemampuan yang teramati untuk setiap elemen.

Bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar