Ketika
di penghujung semester guru disibukkan
dengan penyusunan laporan hasil belajar siswa dalam bentuk rapor. Rapor ini
merupakan pelaporan hasil belajar yang disusun berdasarkan pengolahan hasil
penilaian yang telah dilakukan. Rapor nantinya minimal memberikan informasi
mengenai pencapaian hasil belajar siswa. Pun melaporkan pertumbuhan dan
perkembangan siswa Roudhotul Athfal. Rapor pada fase fondasi ini seyogyanya
sederhana dan informatif, dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan
kompetensi yang dicapai sebagai strategi tindak lanjut bagi orang tua, pendidik
dan Roudhotul Athfal untuk mendukung capaian pembelajaran.
Komponen-komponen
yang harus ada pada fase fondasi ini antara lain: 1) Data diri siswa, 2) Informasi
kemajuan siswa dalam pembelajaran intrkurikuler, 3) Informasi kemajuan siswa
dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar
Rahmatan Lil’alamin (P2RA), 4) Refleksi orang tua, 5) Narasi ringkas
perkembangan siswa, 6) Informasi ketidakhadiran siswa, 7) Fortofolio
(opsional).
Pertama,
data diri. Pada bagian ini perlu mencantum Nomor Induk
Kependudukan (NIK) siswa. NIK merupakan hak peserta didik akan identitas diri
juga sebagai bukti bahwa peserta didik adalah warga negara yang diakui. Kedua,
Informasi kemajuan siswa dalam pembelajaran intrkurikuler, yang terkait
dengan Capaian pembelajaran (CP). Jadi yang dituangkan dalam bagian ini berupa
elemen-elemen CP yaitu elemen nilai agama dan budi pekerti, elemen jati diri,
elemen dasar-dasar literasi, matemtika, sains, teknologi, dan seni. Ketika
hendak menyusun narasi CP siswa, guru perlu
menggunakan pertanyaan pemantik, data sesmen sumatif, bukti perilaku dan
kemampuan yang teramati untuk setiap elemen.
Bersambung....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar