Senin, 15 Januari 2024

Peran Terkini Pengawas Madrasah

 


Peran pengawas madrasah kini sebagai pendamping madrasah. Yang dimaksud pendampingan adalah kegiatan pengawas madrasah membersamai kepala madrasah dalam peningkatan kapasitas dan mutu layanan madrasah untuk menyelenggarakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan strategi serta metode yang relevan.Ada beberapa prinsip pendampingan, antara lain: 1)Profesional, yaitu bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara berkelanjutan pada madrasah; 2) terencana dan strategis, yaitu dilakukan untuk mencapai suatu tujuan yang terukur dalam waktu tertentu; 3)bertahap dan mandiri, yaitu dilakukan sesuai dengan kemampuan madrasah dan dilaksanakan melalui Komunitas Belajar; 4) kolaborasi, yaitu dengan pelibatan  kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, dan warga madrasah untuk mencapai tujuan bersama; 5) asimetris, yaitu dilaksanakan dengan memperhatikan perbedaaan kondisi, karakteristik, kebutuhan, serta kesiapan masing-masing madrasah dalam melaksanakan kurikulum pembelajaran; 6) kesetaraan, yaitu dilaksanakan dengan membangun relasi setara (tidak hirarkis) antara pengawas  madrasah dengan  kepala madrasah dampingannya; 7) berbasis evaluasi, yaitu senantiasa dilakukan berdasarkan kajian atas area yang perlu diperbaiki sesuai hasil refleksi.

Pengawas madrasah dalam menjalankan kegiatan pendampingan yang harus dilaksanakan sikulusnya sebagai berikut :1) perencanaan pendampingan, 2) pendampingan terhadap perencanaan program madrasah, 3) pendampingan terhadap pelaksanaan program madrasah, 4) pelaporan pendampingan. Rasionalnya  pengawas madrasah memiliki pengetahuan lengkap tentang bagaimana melakukan peran pendampingan di tingkat madrasah sesuai dengan karakteristik madrasah.  Pengawas madrasah memiliki pengetahuan lengkap tentang bagaimana  melaksanakan peran Pendampingan secara optimal dengan memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki Madrasah untuk memastikan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Pengawas madrasah menentukan pendekatan, metode Pendampingan serta strategi umpan balik yang tepat dalam membersamai Kepala Madrasah menyusun program Madrasah yang sesuai dengan karakteristik madrasah dan kebutuhan peserta didik. Dalam menjalankan peran barunya, Pengawas Madrasah perlu dibekali kemampuan mengidentifikasi komitmen perubahan Kepala Madrasah (menggali tingkat kapasitas kepemimpinan perubahan dan tingkat kesadaran untuk melakukan refleksi) yang di dampingi, sehingga bisa menentukan strategi pendampingan berikut metode yang sesuai, serta senantiasa memberi umpan balik yang membawa dampak positif bagi Madrasah.

Pada tahapan pertama pada bulan Januari sampai dengan Maret, tugas pengawas adalah menyusun Perencanaan Pendampingan Madrasah. Kegiatan yang dilakukan pengawas adalah mengumpulkan & identifikasi rapor pendidikan & rapor mutu madrasah, catatan kinerja pengamatan, wawancara, hasil akreditasi dan lain-lain. Selain itu juga melakukan pemetaan komitmen perubahan dan menentukan strategi, metode, prioritas pendampingan. Bukti kinerja atau out putnya adalah hasil identifikasi rapor pendidikan & rapor mutu madrasah. hasil pemetaan komitmen perubahan kepala madarsah. Hasil penetapan strategi, metode, prioritas pendampingan dan dokumen rencana pendampingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar