Literasi
sains sejatinya kemampuan mengidentifikasi, memahami dan memaknai isu terkait
sains yang diperlukan sesorang untuk mengambil keputusan berdasarkan
bukti-bukti saintifik. Pada lietarsi ini, kemampuan menggunakan pengetahuan
sains (pengetahuan konten, pengetahuan prosedural
dan pengetahuan epistemic) untuk
menje;askan fenomena alam secara ilmiah, mengevaluasi dan merancang
penyelididkan ilmiah, serta menafsirkan data dan bukti secara ilmiah. Dalam literasi
sain siswa dapat menanya, menemukan, dan menentukan keputusan yang dikembangkan
dari rasa keingintahuannya berkaitan
dengan pengalaman hidupnya sehari-hari dapat dimakanai. Pemahaman dan
pemaknaan terhadap karakteristik sains
merupakan ciri seseorang yang melek sains. Dengan cara melakukan penyelididkan ilmiah, kesadaran
akan sains dan teknologi yang membentuk lingkungan material, intelektual dan budaya
serta keinginan untuk terlibat dalam
isu-isu yang terkait sains.
Literasi
sains merupakan bagian dari literasi
dasar yang diperlukan dalam mendukung kecakapan abad 21. Siswa dapat meningkat
pemahaman melalui kegiatan bertanya dalam proses: mengidentifikasi masalah,
mengajukan hipotesis, mendesain prosedur eksperimen, melakukan eksperimen dan
observasi, mengumpulkan dan mengolah data yang akurat, mengaplikasi metode
numerasi, menjelaskan berbagai eksperimen.
Beberapa
model pembelajaran pada literasi sains:
1) problem based learning, 2) model inquiry learning, 3) model discovery
learning, 4) model LOK-R. Pertama, sintak model based learning: orientasi peserta didik pada masalah, mengorganisasikan peserta didik
dalam belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok,
mengembangkan dan menyajikan hasil belajar, menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah. Kedua, sintak model inquiry learning antara
lain: tahap orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis,tahap
pengumpulan data, mengkaji hipotesis dan menarik kesimpulan. Ketiga,
sintak model discovery learning: pemberian rangsangan,
pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian.
Keempat, sintak model pembelajaran LOK-R:
tahap literasi, tagap orientasi,
taha kolaborasi dan tahap refleksi.
Di
bawah ini merupakan contoh skenario pembelajaran pada literasi sains yang saya
susun secara sederhana untuk materi
organ tubuh manusia:
SKENARIO
PEMBELAJARAN
Capaian Kompetensi |
: |
Mampu menjelasakan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan
manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia. Membuat model sederhana organ pernapasan manusia |
Sub Kompetensi |
: |
Mampu menjelasakan organ pernapasan dan fungsinya pada manusia,
serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia. Membuat
model sederhana organ pernapasan manusia |
Materi |
|
Organ pernapasan dan cara memelihara kesehatan organ pernapasan
manusia. |
Model
Pembelajaran |
|
Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan (MPL-Proyek) |
Aktivitas/Kegiatan Guru/Sintak
Pembelajaran
Aktivitas/Kegiatan Guru/Sintak
Pembelajaran
Tahap Awal Pembelajaran
1) 1) Memberikan
apersepsi pandemi covid-19 dengan menanyakan aktivitas siswa menerapkan protokol kesehatan ketika hendak berangkat sekolah
01. Tuliskan persiapan
apa saja yang kamu lakukan sebelum sekolah untuk menerapakan protokol
kesehatan! (4 menit)
Tahap Inti Pembelajaran
Fase
1. Penentuan Objek Pengamatan
2) 2) Menjelaskan
tujuan pembelajaran
02.
Tulisakn pembelajaran yang menarik bagimu dan alasannya! (2 menit)
3) 3) Menentukan
objek di lingkungan sekitar madrasah (Kelas 1, 2,3,4,5) yang akan diamati
03. Tuliskan jenjang kelas yang akan diamati! (2 menit)
04. Tuliskan masalah pokok penting tentang yang akan diamati! (2
menit)
Fase 2. Pembentukan Kelompok Kerja
Peserta Didik
4) 4)Membantu
peserta didik dalam membuat kelompok
05. Tuliskan nama-nama teman sekelompokmu! (2 menit)
Fase 3. Pembagian Tugas Pengamatan
5) 5)Mengorganisasi
peserta didik dalam mengamati siswa yang mengalami gangguan pernapasan (menderita batuk dan flu)
06. Tuliskan jumlah
siswa kelas 1, 2, 3,4 ,5 yang menderita batuk dan flu! (3 menit)
Fase 4. Penjelasan Tentang Hal Diamati
6) 6)Membantu
peserta didik menjelaskan hal-hal yang perlu diamati, agar dapat mengumpulkan informasi
yang sesuai untuk dijadikan bahan eksperimen
07. Tulislah hal-hal
penting yang diamati dalam pengamatan penyebab menderita batuk dan flu. (3
menit)
Fase 5. Penugasan Pengamatan
7) 7) Menugasi
seluruh kelompok untuk menuju objek pegamatan masing-masing
08. Tuliskan keadaan
siswa yang menderita batuk dan flu! (10 menit)
8) 08) Membantu penyelidikan atau eksperimen sederhana tentang pembuatan model sederhana organ pernapasan manusia
09. Tulisakan alat
dan bahan untuk membuat model sederhana organ pernapasan manusia (5 menit)
Fase 6. Penyempurnaan Catatan Hasil
Pengamatan
9) 09) Memberi waktu peserta didik dalam merapikan catatan hasil pengamatan dan menyiapkan karya yang akan disajikan berupa pembuatan model sederhana organ pernapasan manusia
010. Tuliskan hasil penyelidikan kelompok dalam bentuk model
sederhana organ pernapasan manusia (17 menit)
Fase 7. Pelaporan Hasil Pengamatan dan Diskusi Kelompok
10 10) Membantu
peserta didik dalam mempresentasikan karya yang akan disajikan berupa model sederhana organ pernapasan manusia
011. Tuliskan hal
yang penting dan perlu dijelaskan
berdasarkan pentajian tiap kelompok (5 menit)
11 11) Membantu
peserta didik mendeskripsikan hasil
pengamatan dalam bentuk bentuk paragraf deskripsi
012. Tuliskan hal yang penting
dan perlu dijelaskan berdasarkan penyajian tiap kelompok berupa teks
deskripsi di kertas manila (5 menit)
Fase 9. Pameran Hasil Kerja
12 12) Mengarahkan
peserta didik untuk memajang hasil karya berupa model sederhana organ pernapasan manusia dan deskripsi hasil pengamatan
013. Tuliskan hasil yang
kamu peroleh dari proyek kamu buat, bagian-bagian organ pernapasan, bagian
pernapasan dan fungsinya, bagian pernapasan yang sering terserang virus dn
bakteri (3 menit)
Fase 10. Pengamatan dan Komentar
Kelas
1 13) Membantu
peserta didik dalam diskusi, menanggapi
hasil kelompok lain
014. Tuliskan perbedaan hasil yang kamu peroleh dari proyek yang
telah kamu buat, dengan hasil yang
peroleh temanmu di kelompok lain! (2 menit)
Fase 11. Pelaksanaan Refleksi
1 14) Membantu
peserta didik melakukan refleksi atau
evaluasi terhadap penyelidikan yang telah mereka presentasikan
015. Tuliskan hal baru dan hal yang masihperlu ditingkatkan
berdasarkan pembelajaran tentang organ pernapasan dan kesehatan organ pernapasan!
(2 menit)
Tahap
Akhir Pembelajaran
15)
Membantu menyimpulkan pembelajaran
tentang organ pernapasan dan
016. Tuliskan secara
singkat kesimpulan pembelajaran tentang organ pernapasan dan kesehatan organ
pernapasan!
16)
Menyampaikan tugas untuk penguatan dan pengayaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar