Selasa, 25 Juni 2024

WORKSHOP UPGRADING KOMPETENSI GURU RA

 

 

Tanggal 17 Mei 2024 diingatkan oleh Ibu Ketua Kelompok Kerja Kepala RA (KKK-RA) Kabupaten Trenggalek terkait pelaksanaan Workshop Upgrading Guru RA. Bertepatan kala itu para pengawas RA/MI hendak melaksanakan Foccus Group Discussion (FGD) di Tawangmangu. Maka saya menyampaikan permintaan kepada Ketua Pokjawasmad untuk memasukkannya dalam agenda rapat. Sejatinya ini merupakan rencana kerja dari Pokjawasmad tahun 2024 akan mengadakan Workshop Upgrading mulai dari jenjang RA, MI, MTs sampai MA. Sedangkan tingkat MI sudah dilaksanakan terlebih dahulu. Rencananya untuk jenjang RA, MTs dan MA setelah Idul Fitri. Karena adanya kegiatan asesmen dan kegiatan monitoring dan evaluasi terkait Simpatika maka Upgrading guru RA belum bisa dilaksanakan. Dalam FGD tersebut saya diberi draft rencana Workshop oleh sekretaris Pokjawas untuk dipahami alur yang dikehendaki oleh pimpinan.

Tanggal 18 Mei 2024 rancangan kegiatan Upgrading Guru RA dibahas oleh para pengawas dipimpin Bapak Supriadi sebagai Ketua Pokjawas. Tiga hari kemudian Pengawas RA, Ketua KKK-RA dan Ketua KKG-RA Kabupaten Trenggalek membahas Term of  Reference (TOR) Workshop Upgrading Guru RA dilaksanakan di Aula PPAI Gandusari, Trenggalek. Pembahasan dilakukan sedetail mungkin mulai dari jenis program yang kami namai dengan peningkatan kompetensi guru Raudhatul Athfal dalam proses pembelajaran era transformasi digital pendidikan. Kegiatan Workshop ini fokus pada upgrading kompetensi guru Raudhatul Athfal dalam Impelementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Konteks kegiatan ini untuk peningkatan kompetensi guru RA dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) komponen perangkat pembelajaran. Juga untuk meningkatkan kompetensi mengajar guru RA dalam Implementasi Kurikulum Merdeka(IKM).

Pada Tanggal 27 Mei 2024 Ketua Pokjawas, Sekretaris Pokjawas, Pengawas RA, KKK-RA dan perwakilan dari KKG-RA Kabupaten Trenggalek menyiapkan TOR Workshop untuk diajukan kepada Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Trenggalek. Keesokan harinya kami (Ketua Pokjawas, Pengawas RA, Ketua KKKRA dan Sekretaris KKGRA Kabupaten) menghadap Kepala Kankemenag untuk menyampaikan gagasan kami. Semula Bapak Kankemenag menginginkan upgrading ini terkait peningkatan kemampuan guru membuat konten dibeberapa media sosial. Untuk menguploud kegiatan-kegiatan keagamaan dan pembiasaan baik di RA. Sedangkan kami menghendaki peningkatan kemampuan guru terkait IKM. Setelah melalui diskusi panjang kesepakatan dapat dipadukan antara IKM dan pembuatan konten.

Maka pada hari Senin, tanggal 03 Juni  2024 di zona 1 peserta guru RA dari kecamatan Dongko, Suruh, Panggul, Pule, Karangan, Trenggalek, Bendungan dan Tugu dilaksanakan workshop hari pertama (in 1) dengan jumlah peserta 102 orang. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula PPAI Karangan. Kepala Kankemenag Trenggalek menyampaikan materi terkait ‘Kebijakan Kementerian Agama tentang IKM dan Esensi P5P2RA di Raudhatul Athfal’. Kemudian dilanjutkan oleh pemateri kedua Bapak Dr. Azis Luky Ahyar menyampaikan materi ‘Bedah CP menjadi ATP dan Modul Ajar’. Setelah ishoma Bapak Kasi Pendma menyampaikan materi ’Adaptasi IKM dengan Transformasi Digital Pendidikan’.

Sedangkan pada hari Selasa, tanggal 04 Juni 2024 di zona 2 peserta dari kecamatan  Munjungan, Watulimo, Gandusari, Durenan, Pogalan, dan Kampak dengan peserta sebanyak 114 Guru RA. Melaksanakan kegiatan yang sama berupa workshop hari pertama (in 1) kegiatan ini dilaksanakan di Aula PPAI Gandusari. Kepala Kankemenag Trenggalek menyampaikan materi terkait ‘Kebijakan Kementerian Agama tentang IKM dan Esensi P5P2RA di Raudhatul Athfal’. Kemudian dilanjutkan oleh pemateri kedua Bapak Dr. Azis Luky Ahyar menyampaikan materi ‘Bedah CP menjadi ATP dan Modul Ajar’. Setelah ishoma Bapak Kasi Pendma menyampaikan materi ’Adaptasi IKM dengan Transformasi Digital Pendidikan’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar