Jumat, 28 Juni 2024

Kegiatan Workshop Upgrading

 

Kegiatan Upgrading di Zona 1 yang dilaksanakan di Aula PPAI Karangan pada tanggal 3 dan 5 Juli 2024 telah membuahkan hasil memiliki tujuan pembelajaran buatan guru dengan bimbingan Dr. Azis Luky Ahyar. Namun tujuan pembelajaran yang dibedah dari Capaian Pembelajaran yang dikutip dari Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam Nomor 3211 tahun 2022 belum mampu di urutkan menjadi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Nantinya penyusunan ATP, mengembangkan topik dan subtopik dari empat tema besar kurikulum merdeka akan dibahas di kecamatan masing-masing dipandu oleh pengawas bina. Tema besar tersebut adalah Aku Sayang Bumi, Aku Cinta Indonesia, Kita Semua Bersaudara, Imajinasiku dan Kreativitasku. Sejatinya target dari panitia, materi yang disampaikan seharusnya sampai menyusun modul P5P2RA. Modul P5P2RA diperindah dengan desain canva yang disisipi foto kegiatan setiap langkahnya mulai dari orientasi, kontekstual, aksi dan refleksi.

Sedangkan kegiatan Upgrading di Zona 2 yang dilaksanakan di Aula PPAI Gandusari pada tanggal 4 dan 6 Juli 2024 telah mampu menyusun TP dan ATP. Sedangkan Topik dan Subtopik disusun oleh koordinator kecamatan didampingi pengawas RA. Ketika in-1 dan 2 telah berlalu kegiatan berikutnya adalah On The Job Learning (OJL). Namun karena kegiatan tidak berjalan sesuai dengan rundown maka OJL ini masih membahas materi berikutnya menyusun IKTP (Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran). Di beberapa kecamatan masih menyempurnakan topik dan subtopik. Di kecamatan Gandusari telah menyubtitusikan IKTP dalam subtopik. Sehingga mudah sekali dalam menyusun modul ajar intra.

Narasumber menghendaki modul ajar dibuat guru secara mandiri bukan berasal copy paste. Sedangkan panitia menghendaki setiap kecamatan membuat modul ajar yang berbeda dengan memperhatikan jenis-jenis ragam main. Ragam main dilaksanakan pada kegiatan inti pembelajaran antara lain: bermain peran, pra membaca pra berhitung, permainan motorik, membangun, dan ragam main lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar