Penilaian Kinerja Kepala Madrasah sebagian
telah dilakukan dengan baik, terutama jenjang Raudhatul Athfal (RA). PKKM
tahunan untuk kecamatan Gandusari dan Kampak mengawali giat Penilaian Kinerja
Kepala Madrasah. Setelah itu PKKM empat tahunan kecamatan Gandusari. Bergerak
ke timur PKKM tahunan kecamatan Pogalan
dan Durenan, dilanjut 4 tahunan kecamatan Karangan, Suruh, Pule dan Tugu. Untuk
besok PKKM tahunan di kecamatan Karangan dan PKKM 4 tahunan di kecamatan
Durenan.
PKKM tahun 2024 dilakukan lebih teliti karena
file yang disiapkan disimpan google drive milik madrasah dan di tempel pada spreadsheet
yang telah dikirim oleh pengawas bina. Nilai riil sesuai dengan dokumen yang
dimiliki madrasah, nilai lebih bervariasi. Karena kegiatan ini tergolong baru
dan banyak kepala RA yang kurang menguasai teknologi informasi maka tugas pengawas
bina memberi dukungan. Dukungan ini untuk membantu kepala RA yang kesulitan membuat
folder pada drive madrasah, dan menempel link pada spreadsheet. Selain itu juga
untuk menjalin hubungan yang harmonis antara pengawas dengan kepala RA. Pengawas
bina akan mencermati file dengan teliti.
Melihat kesesuaian bukti fisik yang harus disiapkan dengan dokumen yang
dimiliki madrasah.
Pada kondisi ini perlu dukungan yang
diberikan pengawas madrasah dalam menciptakan budaya kerjasama dengan madrasah,
budaya kerja sama kepala RA dengan guru-gurunya. Guru membatu menyiapkan data
yang terkait dengan tugas sehari-hari di madrasah, misalnya: (1) perangkat pembelajaran,
(2) buku kerja guru, (3) jurnal mengajar guru, (4) data siswa, (5) data buku
pegangan siswa, (6) instrumen penilaian; (7) kisi-kisi soal; (8) kumpulan nakah
soal; (9) analisis butir soal; (10) dokumen analisis hasil belajar siswa; (11)
laporan hasil belajar siswa; (12) tindak lanjut hasil penilaian; (13) dokumen
pelaksanaan PAS; dan (14) dokumen pelaksanaan PAT, dan lain-lain.
Pengawas madrasah memberi dukungan agar
kepala madrasah tertib administrasi juga berupaya menjalin hubungan yang
harmonis agar pimpinan madrasah dan warganya terus mengembangkan program
pembelajaran yang berpusat pada siswa. Juga berkenan menciptakan lingkungan
belajar yang aman, nyaman dan inklusif serta membangun budaya refleksi dalam pengembangan
warga madrasah dan pengelolaan program madrasah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar