Selasa, 10 September 2024

Catatan September

 

Hari Senin tanggal 9 September 2024 menghadiri undangan pembukaan Workshop Tari Kreasi Duta Birama bagi guru RA yang diselenggarakan Pimpinan Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (PD-IGRA) Kabupaten Trenggalek. Kegiatan ini mendatangkan guru tari dari Sanggar Tari Bancar Mili Trenggalek, pimpinan Kakak Emy Nurlaily Nisa, S.Pd. Workshop tari tersebut diikuti oleh guru RA sekabupaten Trenggalek. Sejatinya workshop diselenggarakan dalam rangka Harlah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) ke-22 dan Hari Amal Bakti Kemenag ke-79. Tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi antar Pimpinan Cabang IGRA dan memperkuat loyalitas anggota terhadap Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA).


Setelah para guru mahir menari kreasi duta birama, Insya Allah akan diadakan: Pertama, Gebyar Senam Tari Kreasi Guru RA se Kabupaten Trenggalek. Dalam Gebyar ini setiap lembaga RA mengirimkan 1 guru dengan memakai kostum tari bebas. Kedua, Lomba Tari Kreasi, lomba ini merupakan tari hasil workshop yang yang diadakan pada tanggal 9 September 2024. Peserta dari lomba ini perwakilan dari Pimpinan Cabang IGRA yang terdiri dari 5 guru RA/BA/TA. Kriteria penilaiannya adalah wirogo, wiroso, wiromo, pola lantai, kostum dan properti.

Biasanya kami mendampingi acara workshop IGRA sampai selesai untuk memotivasi guru agar tampil dengan baik. Namun kami harus segera pamit untuk melakukan kegiatan Foccus Group Discussion yang akan dipimpin oleh ketua Pokjawas. FGD dilaksanakan di Kantor Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Trenggalek. Dengan tujuan dekat dengan lokasi kegiatan tadi dan ketua Pokjawasmad Trenggalek yang sekarang ini aktivis pramuka.  Kegiatan ini diadakan untuk membahas persiapan pendampingan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM). Untuk PKG rencananya akan dilaksanakan pada bulan September sedangkan PKKM akan dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2024.

Bukti Fisik yang perlu dipersiapkan dalam  PKG terkait dengan kompetensi guru yakni kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan professional. Untuk kompetensi paedagogik yang perlu disiapkan adalah dokumen modul ajar intra dan P5, kondisi kelas dan aransi, catatan refleksi pembelajaran, buku KKG, Kombel, foto kegiatan, Narsum di forum KKG, materi kegiatan KKG, ATP, jurnal PBM, hasil observasi pembelajaran, hasil observasi P5, dokumen IHT, catatan KKG. Selain itu juga pengalaman menjadi narsum,  buku asesmen formatif dan sumatif.

Sedangkan untuk menunjukkan kemampuan pada asesmen kepribadian maka bukti fisik yang perlu disiapkan adalah surat keputusan kepanitiaan kegiatan keagamaan, melakukan wawancara, observasi dan foto kegiatan keagamaan, buku asesmen formatif, sumatif  tertuang dalam modul ajar, catatan refleksi pembelajaran buku catatan KKG/IHT, SK Fasilitator P5.Untuk kompetensi sosial bukti fisik yang diperlukan buku notulen rapat dewan guru, buku tutor sebaya, narsum pada kegiatan KKG, buku kunjungan ke orang tua, buku tamu orang tua, sertifikat diklat, bimtek dan kegiatan PGRI. Keikutsertaan dalam WA group profesi, instagram, facebook. Sedangkan untuk kompetensi professional bukti yang perlu disiapkan adalah buku rancangan asesmen, buku refleksi pembelajaran, buku bimbingan konseling, pengamatan dalam penggunaan IT dalam pembelajaran, dokumen menjadi narasumber  atau berbagi praktik baik  dalam kelompok belajar, In House Training dan workshop terkait asesmen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar